Meditasi Jadi Jawaban untuk Kamu yang Sering Overthinking

Agar hidup lebih tenang dan bebas stres lakukan meditasi yuk

18 April 2021

Meditasi Jadi Jawaban Kamu Sering Overthinking
freepik.com
Lakukan meditasi untuk menghindari stres

Khawatir dan terlalu banyak berpikir adalah bagian dalam hidup manusia. Apakah kamu juga pernah merasakannya?

Namun jika dibiarkan pikiran berlebihan atau overthinking akan membuat hidup kamu terganggu. Salah satunya, menyerang kesehatan mental.

Bayangkan jika saat kamu menjalankan kegiatan, kamu terus dipenuhi oleh pikiran dan khawatir berlebihan. Untuk mengatasinya,Popmama.com menyarankan kamu untuk bermeditasi.

Saat bermeditasi, kamu bisa mengalihkan pikiran dari overthinking. Lalu, meditasi seperti apa yang harus dilakukan bagi si overthinker?

1. Buat jadwal yang konsisten

1. Buat jadwal konsisten
Freepik

Seperti halnya kebiasaan baik lainnya, latihan meditasi akan makin sempurna ketika kamu berhasil menenangkan pikiran, diwartakan Healthline. 

Memilih waktu reguler hari adalah langkah sederhana untuk melatih otak kamu. Dengan meditasi, otak kamu jadi bisa lebih bersantai.

"Praktik harian yang konsisten adalah cara untuk meningkatkan manfaat kesehatan mental dari meditasi," kata psikoterapis Haley Neidich, LCSW.

2. Buat ruang meditasi

2. Buat ruang meditasi
Pexels/Gabby K

Tidak mudah untuk jatuh ke dalam kondisi meditatif ketika dikelilingi oleh pekerjaan sehari-hari. Atau kamu melihat anak-anak tak jauh dari kamu.

Lingkungan fisik kamu sangat penting, terutama pada tahap awal latihan meditasi. Disarankan untuk menghindari gangguan.

Pertimbangkan untuk memilih ruang khusus di rumah kamu untuk meditasi. Tak terlalu besar, cukup pojok ruangan yang membuat kamu merasa nyaman.

Editors' Picks

3. Bermeditasi dengan orang lain

3. Bermeditasi orang lain
Pexels/Gustavo Fring

Meditasi mungkin terasa seperti tindakan yang sangat pribadi, tetapi ada kekuatan yang mengejutkan jika dilakukan bersama dengan orang lain.

"Energi kolektif adalah hal yang kuat, dan tidak ada keraguan bermeditasi dengan pasangan untuk memperkuat pengalaman kamu," kata instruktur meditasi Candice Fairoth.

Meditasi bersama orang lain tidak hanya membantu kamu melepaskan diri dari loop pemikiran sendiri, juga memberikan akuntabilitas. Hal penting lainnya yaitu saling menguatkan dan dukungan.
 

4. Bisa dilakukan secara virtual

4. Bisa dilakukan secara virtual
Freepik/yanalya

Meditasi secara virtual berarti memasukkan teknologi imersif ke dalam latihan kamu. Gunakan headset realitas virtual, membuat kamu lebih tenang.

Kamu bisa memilih visual menenangkan, seperti hutan atau pantai. Cara ini sangat efektif menghilangkan semua gangguan eksternal, memungkinkan kamu untuk benar-benar menenangkan pikiran.

Jika kamu tidak memiliki headset VR, kamu bisa menggunakan YouTube. Kamu bisa memilih pemandangan alam favorit kamu. Bayangkan kamu dikelilingi oleh keindahan di layar Anda.

5. Dengarkan panduan dengan menghayatinya

5. Dengarkan panduan menghayatinya
Freepik/yanalya

Untuk membuat kamu lebih menghayati, kamu bisa mendengarkan panduan saat bermeditasi. 
Mendengarkan suara panduan memberi otak menjadi lebih fokus.

Ini termasuk aktivasi sistem saraf simpatik, kecemasan yang menenangkan, hingga meningkatkan mood. Juga bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi denyut jantung, dan mengurangi respons stres.

"Meditasi yang dipandu sangat kuat untuk mencapai semua manfaat dalam meditasi," kata Fairoth.
 

6. Lakukan yoga terlebih dahulu

6. Lakukan yoga terlebih dahulu
Pexels/ Alexy Almond

Ada alasan yoga dan meditasi berjalan seiring. Mengkoordinasikan pernapasan kamu dengan gerakan fisik. Hal itu bisa memberikan efek terukur pada fokus mental kamu.

Sebuah studi 2018 menemukan bahwa yoga yang berfokus pada gerakan dan terfokus pada napas mengurangi parameter stres. Yoga pun membuat kamu jadi makin cepat dalam kondisi `hening` saat bermeditasi.

"Banyak orang merasa terlalu sulit untuk duduk dengan pikiran kosong. Mengikat dalam gerakan dengan hal-hal seperti Yoga bisa menjadi jawaban," tambah Fairoth.

Jika kamu mulai overthinking, ambil sedikit waktu untuk bermeditasi. Dan menenangkan diri.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.