Kurban di Idul Adha Sampai 40 Ekor, Raffi Ahmad Berbagi dengan Nakes

Raffi Ahmad memberikan sapi dengan berat hampir 1 ton ke tenaga kesehatan di Bandung

21 Juli 2021

Kurban Idul Adha Sampai 40 Ekor, Raffi Ahmad Berbagi Nakes
Instagram.com/raffinagita1717

Ibadah kurban hukumnya sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan). Bagi orang yang mampu melakukannya lalu ia meninggalkan hal itu, maka ia dihukumi makruh.

Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim bahwa Nabi Muhammad SAW pernah berkurban dengan dua kambing kibasy yang sama-sama berwarna putih kehitam-hitaman dan bertanduk. Beliau sendiri yang menyembelih kurban tersebut, dan membacakan nama Allah serta bertakbir (waktu memotongnya).

Dari Ummu Salamah ra, Nabi saw bersabda, “Dan jika kalian telah melihat hilal (tanggal) masuknya bulan Dzul Hijjah, dan salah seorang di antara kamu ingin berkurban, maka hendaklah ia membiarkan rambut dan kukunya.” HR Muslim

Arti sabda Nabi saw, ” ingin berkorban” adalah dalil bahwa ibadah kurban ini sunnah, bukan wajib.

Melihat pentingnya berkurban, Raffi Ahmad pun mengeluarkan sebagian pendapatannya untuk membeli hewan kurban. Tak tanggung-tanggung, suami Nagita Slavina ini berkurban hingga puluhan ekor. Popmama.commerangkum informasinya hanya untuk kamu!

1. Kurban hingga 40 ekor

1. Kurban hingga 40 ekor
Pexels/pixabay

Binatang yang boleh untuk kurban adalah onta, sapi (kerbau) dan kambing. Untuk selain yang tiga jenis ini tidak diperbolehkan. Allah SWT berfirman, “supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah dianugerahkan Allah kepada mereka.” (Al-Hajj: 34).

Berdasarkan dalili tersebut, Raffi Ahmad berkurban sapi dan kambing. Dari unggahan Instagram miliknya, Raffi Ahmad menyebutkan total kurban sekitar 20 sapi dan 20 kambing.

Editors' Picks

2. Hewan kurban disebar

2. Hewan kurban disebar
Hewan kurban/freepik @freepik

Kurban sapi dan kambing dari Raffi Ahmad itu tak dilakukan di Jakarta saja, sebagai tempat tinggalnya, tapi juga ke wilayah lain. Ada sapi dan kambing yang dikirim oleh Raffi Ahmad ke sebuah masjid di Bandung. 

Bahkan, Raffi Ahmad juga memberikan sapi dengan berat hampir 1 ton ke tenaga kesehatan di Bandung. Jadi, hasil hewan kurban tersebut bisa dirasakan oleh nakes yang saat ini menjadi garda terdepat Covid-19. Salut!

3. Berkurban atas nama keluarga

3. Berkurban atas nama keluarga
Instagram.com/raffinagita1717

Raffi Ahmad berkurban untuk seluruh anggota keluarganya. Dalam sebuah wawancara, Raffi Ahmad menjelaskan, kurban sapi dan kambing itu disebutkan atas nama masing-masing anggota keluarga.

Salah satu hewan kurban ada yang dikirimkan ke kediaman mertuanya. Lalu, ada juga yang atas nama ibudan Raffi Ahmad.

Tentu saja, tak ketinggalan kurban atas nama sang istri Nagita Slavina, dan anaknya, Rafathar.

4. Foto dengan sapi sebagai kenang-kenangan

4. Foto sapi sebagai kenang-kenangan
Instagram.com/raffinagita1717

Raffi Ahmad, dalam sebuah wawancara dengan media, mengaku sangat bahagia bisa berkurban. Di beberapa unggahan Instagramnya, dia pun terlihat berfoto dengan hewan kurbannya.

Bahkan, dia juga terlihat menaiki salah satu sapi yang akan dibelinya sebagai hewan kurban. Raffi pun juga sempat menamakan hewan kurban tersebut.

Raffi Ahmad juga sempat mengucapkan selamat tinggal kepada hewan kurbannya yang akan disembelih. 

Dengan berkurban, menunjukkan kita juga ikut peduli dengan sesama. Meski tak sebanyak Raffi Ahmad, berkurban untuk mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.