Vaksinasi Nasional Covid-19 untuk Guru, Siap Belajar Tatap Muka?

Mulai persiapkan diri, yuk!

25 Februari 2021

Vaksinasi Nasional Covid-19 Guru, Siap Belajar Tatap Muka
Pexels/Gustavo Fring

Vaksinasi nasional mulai dilakukan pemerintah untuk menekan angka virus corona atau Covid-19. Sebelumnya, tenaga kesehatan yang pertama kali divaksin.

Dengan alasan, tim medis merupakan garda terdepan, menjadi salah satu pihak yang paling sering berurusan dengan pasien Covid-19. Risko tertular pun jauh lebih besar.

Kini, gelombang kedua vaksinasi nasional mulai dilakukan. Satgas Covid-19 mengumumkan siapa saja penerima vaksin. Salah satunya, guru.

Popmama.com merangkum informasi mengenai vaksin Civid-19 untuk guru. Berikut penjelasannya:

Editors' Picks

Sasaran Vaksin Gelombang II

Sasaran Vaksin Gelombang II
Pexels/Max Fischer

Dari data yng dikumpulkan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), sasaran vaksin untuk gelombang II yaitu 38.313.466 orang. Untuk guru yaitu 5.057.582 orang.

Nama guru yang yang ada dalam daftar yang menjadi penerima vaksin. Biasanya dikumoulkan oleh pihak sekolah dengan tembusan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Guru Mulai Divaksin

Guru Mulai Divaksin
Pexels/Thirdman

Sejak diumumkan vaksin untuk guru, sejumlah pendidik sudah menyiapkan diri. Rabu, 24 Februari 2021 menjadi gelombang pertama vaksin untuk guru.

Lokasi vaksin di di SMAN 70 Jakarta di Bulungan, Jakarta Selatan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat meninjau pelaksaannya secara langsung.

"Vaksinasi untuk tenaga pendidik dan pendidikan telah dimulai. saya tadi menyaksikan semuanya berjalan lancar. Para guru, tenaga pendidik, semuanya telah yang di sini prosesnya telah dimulai," kata Jokowi dalam siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Alasan Guru Menjadi Prioritas

Alasan Guru Menjadi Prioritas
Freepik

Guru menjadi salah salah prioritas penerima vaksin agar kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah dapat kembali dilakukan. Rencananya, pemerintah akan membuka kembali sekolah dalam waktu dekat.

"Guru menjadi prioritas karena sekolah akan segera dibuka kembali pada semester dua nanti. Targetnya pada Juni 2021 nanti, 5 juta guru sudah divaksin. Saat ajaran baru pada Juli nanti, semua bisa berjalan normal," tambahnya.

Vaksin Covid-19 diharapkan bisa menekan angka Covid-19 di Indonesia. Persiapkan diri sebelum mendapatkan vaksin yah, ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.