TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Fakta Camilla Istri Pangeran Charles yang Bakal Jadi Queen Consort

Camilla Parker sempat menuai kontroversi dalam keluarga kerajaan

9 September 2022

7 Fakta Camilla Istri Pangeran Charles Bakal Jadi Queen Consort
Instagram.com/clarencehouse

Kabar meninggalnya Ratu Elizabeth II cukup menghebohkan dunia. Pemimpin tertinggi kerajaan Inggris itu meninggal pada Kamis (8/9/2022) pada usia 96 tahun.

Usai memimpin selama 70 tahun, perubahan besar terjadi dalam struktur pewaris takhta kerajaan. Dikabarkan anak pertamanya, Pangeran Charles, akan meneruskan kepemimpinan Ratu Elizabeth II bergelar Raja Charles III.

Secara otomatis, Camilla Parker Bowles yang merupakan istri dari Charles akan mendapat gelar baru. Ratu Elizabeth II telah menyetujui gelar Queen Consort yang akan disandang oleh Camilla.

Nah, mengenai Camilla yang akan menyandang gelar Queen Consort pasca naiknya Charles menjadi Raja Inggris, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa fakta menarik lainnya.

1. Camilla lahir pada 17 Juli 1947

1. Camilla lahir 17 Juli 1947
Instagram.com/clarencehouse

Camilla merupakan perempuan asal Inggris yang lahir pada 17 Juli 1947. Camilla diketahui sebagai putri dari pasangan Bruce Shand dan Rosalind Cubitt.

Camilla memiliki dua saudara yang bernama Annabel Shand dan Mark Roland Shand. Camilla telah dibaptis pada 1 November 1947 di Gereja Firle, Sussex.

2. Sebelum menikah dengan Andrew Parker Bowles, Camilla jalin hubungan dengan Pangeran Charles

2. Sebelum menikah Andrew Parker Bowles, Camilla jalin hubungan Pangeran Charles
Instagram.com/clarencehouse

Camilla diketahui sempat berpacaran dengan Pangeran Charles pada tahun 1971. Tetapi, hubungan mereka tidak berlanjut sampai ke jenjang pelaminan dan disebut mengakhiri hubungan.

Seusai putus, Camilla menjalin hubungan dengan seorang anggota militer Inggris bernama Andrew Parker Bowles selama beberapa tahun. Camilla dan Andrew akhirnya resmi menikah pada 1973 silam.

Namun, pernikahan yang mereka bina tida bertahan lama. Camilla bercerai dengan Andrew pada 1995 dan dikarunia dua orang anak, yaitu Tom Parker Bowles dan Laura Parker Bowles.

Editors' Picks

3. Tuai kontroversi karena disebut sebagai orang ketiga dalam pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana

3. Tuai kontroversi karena disebut sebagai orang ketiga dalam pernikahan Pangeran Charles Putri Diana
Instagram.com/clarencehouse

Camilla Parker disebut menjadi penyebab perceraian Pangeran Charles dan Putri Diana. Pangeran Charles dan Diana menikah pada 29 Juli 1981 silam dan ternyata dihadiri oleh Camilla.

Diana ternyata mengetahui jika Charles dan Camilla masih menyimpan rahasia terkait hubungan spesialnya. Bahkan, banyak isu yang beredar jika Charles dan Camilla kembali berhubungan setelah putus pada 1973.

Perjalanan cinta Charles dan Diana kemudian berakhir pada 1992, setelah Charles menceraikan Diana karena adanya masalah rumah tangga. Tak hanya itu, Camilla juga turut menceraikan suaminya, Andrew Parker tiga tahun berselang.

4. Camilla resmi menikah dengan Pangeran Charles pada 2005

4. Camilla resmi menikah Pangeran Charles 2005
Instagram.com/clarencehouse

Hubungan Pangeran Charles dan Camilla Parker yang banyak menuai kontroversi akhirnya tak dihiraukan mereka. Mereka berdua tetap melangsungkan pernikahan pada 9 April 2005 di Windsor Guildhall, Berkshire.

Buntut dari pernikahan kontroversial itu, orangtua Pangeran Charles, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philips tidak hadir dalam momen sakral tersebut.

Hal ini karena Camilla dan Charles yang pernah bercerai dengan pasangannya masing-masing, serta Ratu Elizabeth II yang sangat menolak perceraian..

5. Meski kontroversial, Camilla mendapat gelar kehormatan The Duchess of Cornwall

5. Meski kontroversial, Camilla mendapat gelar kehormatan The Duchess of Cornwall
Instagram.com/clarencehouse

Setelah menikah dengan Pangeran Charles, Camilla mendapat gelar The Duchess of Cornwall sebagai tanda dirinya telah bergabung dalam keluarga kerajaan. Meski begitu, Camilla juga berhak menyandang gelar Princess of Wales, karena mengikuti gelar suaminya yaitu Prince of Wales.

Namun, Camilla tidak menggunakan gelar sekundernya itu karena gelar tersebut pernah disematkan kepada Putri Diana saat menikah dengan Charles. Dia tahu publik menyukai Diana, sehingga memutuskan tidak menggunakan gelar itu.

Walau begitu, Camilla tak terlalu memusingkan terkait gelar yang disandangnya itu. Dia cukup nyaman dengan gelar The Duchess of Cornwall sebagai anggota kerajaan.

6. Ratu Elizabeth merestui Camilla untuk menjadi permaisuri saat Pangeran Charles menjadi raja

6. Ratu Elizabeth merestui Camilla menjadi permaisuri saat Pangeran Charles menjadi raja
Instagram.com/clarencehouse

Pernikahan Camilla Parker dan Pangeran Charles kini sudah menginjak 17 tahun. Selama itu, Camilla setia mendampingi Charles bertugas dan aktif dalam kegiatannya sebagai The Duchess of Cornwall.

Dia banyak menunjukkan sifat rendah hati saat bertugas di acara resmi kerajaan Inggris. Sikapnya yang serba perhatian kepada masyarakat membuat citra Camilla selalu positif.

Melihat dedikasi serta kesetiaannya dalam mendampingi tugas Pangeran Charles, Ratu Elizabeth II telah memberi restu kepada Camilla sebagai Queen Consort.

7. Gelar Queen Consort diberikan kepada Camilla oleh Ratu Elizabeth II

7. Gelar Queen Consort diberikan kepada Camilla oleh Ratu Elizabeth II
Instagram.com/clarencehouse

Gelar tersebut diberikan kepada Camilla saat peringatan 70 tahun kenaikan takhta atau Platinum Jubilee pada Februari 2022 lalu.

“Harapan saya yang tulus adalah saat tiba waktunya nanti, Camilla akan dikenal sebagai Queen Consort saat ia melanjutkan tugasnya yang penuh loyalitas,” kata Ratu Elizabeth II dalam suratnya, seperti yang dilansir dari Reuters.

Terdapat perbedaan gelar Queen dan Queen Consort yang ada di dalam lingkungan kerajaan. Queen Consort yaitu gelar permaisuri yang diberikan kepada istri seorang Raja yang sedang berkuasa.

Sementara itu, Queen digunakan hanya untuk pemimpin perempuan yang menjadi ratu dan berkuasa melalui jalur suksesi, contohnya Ratu Elizabeth II.

Meski begitu, Camilla disebut hanya akan bergelar Princess Consort saat Pangeran Charles akan naik takhta menjadi raja. Status Camilla yang pernah bercerai dikabarkan menjadi salah satu alasan dirinya hanya menyandang Princess Consort.

Tetapi, setelah melihat dedikasinya, Ratu Elizabeth II mengubah aturan tersebut dan Camilla resmi menjadi permaisuri putri. Tidak menutup kemungkinan Camilla akan dipanggil menjadi Queen Camilla atau Ratu Camilla, sama seperti Queen Elizabeth, mama dari Ratu Elizabeth II.

Itulah beberapa fakta mengenai status Camilla yang akan menjadi Queen Consort setelah Pangeran Charles naik takhta dengan bergelar Raja Charles III.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk