TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Lindungi Pegawai, Alfamart Tunjuk Hotman Paris Jadi Kuasa Hukum

Pihak Alfamart akan mendukung dan melindungi pegawainya yang merasa terancam

15 Agustus 2022

Lindungi Pegawai, Alfamart Tunjuk Hotman Paris Jadi Kuasa Hukum
Instagram.com/hotmanparisofficial

Media sosial sempat dihebohkan dengan pencurian cokelat oleh seorang perempuan di salah satu gerai Alfamart Cisauk, Tangerang Selatan pada Sabtu (13/8/2022).

Aksi tak terpuji itu direkam oleh pegawai Alfamart justru berakhir dengan pelaporan oleh pelaku yang mengancam pegawai tersebut dengan UU ITE. Pada akhirnya, peristiwa itu memancing amarah netizen lainnya yang melihat video tersebut.

Kabar baiknya, pihak manajemen Alfamart akan terus melakukan investigasi terkait video pencurian yang sempat viral itu. Bahkan, pengacara kondang Hotman Paris dikabarkan bersedia memberikan bantuan hukum untuk Alfamart dan pegawai yang terancam.

Nah, berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa fakta mengenai langkah selanjutnya yang akan ditempuh oleh Alfamart terhadap perempuan yang melaporkan pegawainya itu.

1. Pihak manajemen akan mendukung pegawainya

1. Pihak manajemen akan mendukung pegawainya
Twitter.com/Alfamart

Pihak manajemen menanggapi video pencurian yang yang terjadi di salah satu gerai Alfamart. Melalui akun Instagram, Corporate Affair Director PT. Sumber Alfa Trijaya Tbk., Solihin, akan mendukung pegawainya yang telah melakukan investigasi sesuai prosedur.

"Saya mewakili manajemen Alfamart menyatakan dan menegaskan bahwa perusahaan sepenuhnya mendukung karyawan kami yang berdasarkan investigasi awal menjalankan tugasnya sesuai dengan prosedur," ucapnya.

“Kami menolak tindakan intimidasi yang dilakukan terhadap karyawan yang telah berupaya menjalankan tugasnya dengan baik,” sambungnya.

Editors' Picks

2. Meminta bantuan hukum kepada Hotman Paris

2. Meminta bantuan hukum kepada Hotman Paris
Instagram.com/hotmanparisofficial

Terkait dengan perlindungan pegawainya, Alfamart akan berupaya meminta bantuan hukum kepada Hotman Paris, mengingat sang pengacara telah menyatakan bersedia untuk memberikan bantuan kepada salah satu pegawai Alfamart.

“Alfamart telah menunjuk kantor hukum Hotman Paris Hutapea sebagai kuasa hukum kami,” ujar Solihin.

3. Ada produk lain yang dicuri selain cokelat

3. Ada produk lain dicuri selain cokelat
Pexels/Anna Shvets

Melalui keterangan resmi yang diunggah di Twitter @alfamart, pegawainya melihat dan menyelidiki barang yang dicuri oleh pelaku. Diketahui pencuri mengambil barang lain selain cokelat.

"Karyawan kami menyaksikan kejadian konsumen yang telah mengambil barang tanpa membayar, setelah dimintai pertanggungjawaban, konsumen baru membayar produk cokelat yang diambilnya. Dari investigasi karyawan pun menemukan produk lain yang diambil selain cokelat," tulis Alfamart dalam unggahan tersebut.

4. Arief Muhammad ikut geram dengan peristiwa pencurian tersebut

4. Arief Muhammad ikut geram peristiwa pencurian tersebut
Instagram/Ariefmuhammad

YouTuber Arief Muhammad juga menanggapi unggahan pencurian yang viral di media sosial itu. Dirinya merasa geram karena pelaku berani melaporkan pegawai Alfamart.

“Geram sekali ngeliat postingan ini. Bener-bener abuse of power. Ada ibu-ibu (diduga) nyolong cokelat di Alfamart, divideoin sama pegawai Alfamart, video viral, ibunya nggak terima dan nuntut balik si pegawai pakai UU ITE,” tulis Arief di akun Instagram pribadinya.

Melihat pegawai Alfamart yang terancam, Arief tak segan untuk memberikan bantuan hukum kepada sang pegawai.

“Ini kalau kira-kira pihak Alfamart nggak mau belain harkat dan martabat pegawainya, saya siap memberi bantuan hukum untuk mbaknya dalam bentuk ap apun,” jelasnya.

5. Pegawai Alfamart dipaksa memberikan klarifikasi kepada publik

5. Pegawai Alfamart dipaksa memberikan klarifikasi kepada publik
TikTok.com/NHKLM

Sebelumnya, media sosial sempat dihebohkan dengan video pencurian cokelat oleh seorang perempuan. Salah seorang pegawai Alfamart merekam peristiwa tersebut dan mengunggah di media sosial hingga menjadi viral.

Namun, bukannya merasa bersalah, perempuan yang mencuri itu justru mengancam kepada pegawai yang merekamnya dan dituntut untuk memberikan klarifikasi. Perempuan tersebut didampingi oleh seorang laki-laki yang diketahui merupakan pengacaranya.

"Saya karyawan Alfamart ingin mengklarifikasi video yang tersebar di media sosial. Sudah ada kesalahpahaman di antara kita berdua dan telah merugikan ibu Mariana dan saya meminta maaf kepada ibu Mariana atas video yang tersebar kemarin," ucap salah satu pegawai Alfamart.

Sontak saja video tersebut membuat netizen geram dan mengecam tindakan perempuan tersebut yang merasa tidak bersalah.

“Bisa beli mobil, tetapi ngggak bisa beli cokelat gimana sih buk,” ucap salah satu netizen.

“Ngutil cokelat bisa sampai buat beli mercy,” tulis netizen lainnya.

“Kadang itu mungkin penyakit klepto, kalau penyakit GT kan susah walau punya uang,” ujar netizen lain.

Itulah beberapa informasi mengenai langkah selanjutnya yang akan ditempuh oleh pihak Alfamart. Semoga kasus ini mendapat keadilan hukum, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk