TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Viral! Rekam Pencurian Cokelat, Pegawai Alfamart Diancam UU ITE

Hotman Paris ikut membela pegawai Alfamart yang diancam oleh pelaku dengan UU ITE

15 Agustus 2022

Viral Rekam Pencurian Cokelat, Pegawai Alfamart Diancam UU ITE
TikTok.com/NHKLM

Sebuah video pencurian viral di media sosial. Seorang perempuan tertangkap basah mencuri sebuah cokelat di salah satu gerai Alfamart.

Peristiwa itu terekam oleh salah seorang pegawai Alfamart hingga mobil perempuan tersebut. Namun, si perekam yang diketahui merupakan salah satu pegawai justru diancam oleh perempuan yang mencuri cokelat tersebut dengan UU ITE.

Tak sendiri, perempuan tersebut didampingi oleh pengacaranya dan meminta klarifikasi dari pegawai yang merekam peristiwa itu.

Terkait dengan video viral seorang pegawai yang diancam UU ITE oleh perempuan yang mencuri cokelat, berikut ini Popmama.com telah merangkum fakta lainnya.

1. Pertama kali viral melalui akun TikTok

1. Pertama kali viral melalui akun TikTok
Freepik

Aksi pencurian ini viral melalui video yang diunggah oleh akun TikTok @NHKLM. Seorang pegawai mengejar dan mencegat perempuan tersebut hingga ke mobilnya.

“Nggak boleh gitu, Bu,” tegur salah satu pegawai.

“Kenapa ibu nggak jujur?” ucap pegawai lainnya.

Dengan nada emosi, perempuan tersebut kembali ke dalam gerai dan membayar cokelat yang dicurinya. Pegawai pun telah mengaku melihat peristiwa tersebut melalui CCTV.

"Gimana sih, ngambil cokelat. Saya lihat, Bu," kata kasir tersebut.

Editors' Picks

2. Sang pegawai justru diancam UU ITE

2. Sang pegawai justru diancam UU ITE
TikTok.com/NHKLM

Seusai merekam pencurian tersebut dan viral di media sosial, sang pegawai justru diancam oleh perempuan yang mencuri itu. Masih dalam akun TikTok yang sama, sang pegawai memberikan klarifikasi mengenai perekaman tersebut.

"Saya karyawan Alfamart ingin mengklarifikasi video yang tersebar di media sosial. Sudah ada kesalahpahaman di antara kita berdua dan telah merugikan ibu Mariana dan saya meminta maaf kepada ibu Mariana atas video yang tersebar kemarin," ujar salah pegawai yang merekam pencurian tersebut.

Perempuan yang mencuri itu didampingi oleh seorang laki-laki yang diketahui adalah pengacaranya. Mereka mengancam pegawai tersebut dengan UU ITE karena telah merekam video dan mengunggahnya di media sosial.

3. Aksi pencurian mendapatkan respons negatif dari netizen

3. Aksi pencurian mendapatkan respons negatif dari netizen
Pexels/Samson Katt

Video yang telah ditonton oleh ribuan orang itu mendapat kecaman dari netizen. Kebanyakan dari mereka geram dan kesal terhadap perempuan yang mencuri cokelat, namun melaporkan pegawai Alfamart yang merekamnya.

“Bisa beli mobil, tetapi ngggak bisa beli cokelat gimana sih buk,” ucap salah satu netizen.

“Ngutil cokelat bisa sampai buat beli mercy,” tulis netizen lainnya.

“Kadang itu mungkin penyakit klepto, kalau penyakit GT kan susah walau punya uang,” ujar netizen lain.

4. Video tersebut dibenarkan oleh pihak Alfamart

4. Video tersebut dibenarkan oleh pihak Alfamart
Twitter.com/Alfamart

Usai video tersebut viral, pihak Alfamart memberikan penjelasan. Peristiwa yang terjadi di Cisauk, Tangerang Selatan pada Sabtu (13/8/2022) merupakan benar adanya.

"Terkait dengan pemberitaan seorang karyawan Alfamart yang diancam UU ITE oleh seorang konsumen adalah benar," tulis manajemen Alfamart dalam akun Twitter @alfamart, Senin (15/8/2022).

Pihak Alfamart akan melakukan penelusuran lebih lanjut terkait pencurian barang lainnya oleh perempuan tersebut. Alfamart juga menyesalkan konsumen yang mencuri dan melaporkan pegawainya hingga tertekan.

"Alfamart berkomitmen menjalankan standar pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Termasuk di dalamnya, Alfamart memberikan perlindungan kerja penuh pada karyawannya," terang manajemen Alfamart.

5. Hotman Paris siap memberikan perlindungan kepada pegawai Alfamart

5. Hotman Paris siap memberikan perlindungan kepada pegawai Alfamart
Instagram.com/hotmanparisofficial

Menanggapi pemberitaan yang viral di media sosial, pengacara kondang Hotman Paris siap memberikan perlindungan kepada pegawai Alfamart yang diancam UU ITE oleh si pencuri. Tak hanya itu, Hotman siap menjadi pengacara si pegawai secara gratis.

"Halo pegawai Alfamart, kamu hubungi saya. Jangan takut, saya siap membela kamu secara gratis. Hubungi saya melalui DM, jangan minta maaf kalau kamu tidak merasa bersalah," ujar Hotman melalui akun Instagram pribadinya @hotmanparisofficial, Senin (15/8/2022).

Itulah beberapa fakta mengenai pencurian cokelat di Alfamart yang berujung dilaporkannya pegawai oleh si pencuri. Semoga pegawai yang terancam mendapat keadilan dan dibebaskan dari tuduhan, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk