Daftar Bantuan yang Diperlukan untuk Korban Bencana di Sulawesi Barat

WVI sudah memberikan 188 paket bantuan pada korban gempa

19 Januari 2021

Daftar Bantuan Diperlukan Korban Bencana Sulawesi Barat
IDN Times/Dini Suciatiningrum

Tahun 2021 yang masih awal ini negara Indonesia mengalami bencana alam di berbagai daerah dan peristiwa duka. Bencana alam mulai dari banjir, gempa bumi, longsor, hingga gunung meletus yang merenggut banyak korban.

Gempa bumi yang telah mengguncang wilayah Majene, Sulawesi Barat merenggut banyak korban, Jumat (15/1/2021). Gempa ini bermula pada Kamis, (14/1/2021) dengan berkekuatan 5,9 SR.

Humanitarian and Emergency Affairs Director Wahana Visi Indonesia (WVI) Margarettha Siregar mengatakan bahwa saat ini para korban gempa bumi ini membutuhkan sembako, makanan siap saji, selimut, tikar, tenda pengungsi dan terpal untuk berjaga jarak dengan lainnya, alat komunikasi, pelayanan medis, obat dan vitamin, alat pelindung diri (APD), air bersih, perlengkapan bayi dan perempuan, dan alat berat atau ekskavator.

Jika Mama ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kebutuhan dan gempa di Majene, berikut ini Popmama.com telah merangkumnya.

1. Pihak respon bencana WVI melakukan kolaborasi untuk merespon gempa di Majene

1. Pihak respon bencana WVI melakukan kolaborasi merespon gempa Majene
Freepik/ipopba

Gempa bumi yang mengguncang Majene, Sulawesi Barat dengan magnitudo 6,2, Jumat (15/2/2021) dini hari telah direspon oleh Wahana Visi Indonesia (WVI).

Wahana Visi Indonesia (WVI) merespon bencana gempa ini dengan berkolaborasi bersama NGO lokal, yayasan karampung, dan sigap kerlip.

Adanya kolaborasi ini, mereka menyediakan dan memberikan sebanyak 188 paket perlengkapan tenda pengungsi dan perlengkapan bayi untuk anak, serta masyarakat yang menjadi korban dari bencana gempa bumi di wilayah Majene dan Mamuju.

Editors' Picks

2. Tim WVI melakukan penggalangan dana

2. Tim WVI melakukan penggalangan dana
Freepik/user2122532

WVI melakukan penggalangan dana untuk membantu anak dan masyarakat yang terkena bencana gempa kepada masyarakat umum. Penggalangan dana ini dibuka melalui https://kitabisa.com/campaign/bantuanakterdampakgempa.

Dengan adanya penggalangan dana ini, diharapkan masyarakat umum dapat dimudahkan untuk membantu para korban yang terkena bencana gempa bumi di Majene dan Mamuju.

3. WVI mengutamakan keselamatan para staff

3. WVI mengutamakan keselamatan para staff
Freepik/almope

Seperti yang Mama telah ketahui bahwa masa pandemi Covid-19 di Indonesia belum berakhir, bahkan mengalami peningkatan. Oleh karena itu, WVI sangat mengutamakan keselamatan para staff untuk membantu korban bencana gempa bumi ini.

Setiap staff yang akan bertugas untuk melakukan respon bencana akan diadakan rapid antigen dan PCR dengan tujuan memastikan kondisinya dalam keadaan sehat, sedang tidak menjalankan karantina, dan tidak memiliki keluarga yang rentan terkena Covid-19. WVI juga selalu mengimbau kepada para staff untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

4. Total korban bencana gempa bumi di Majene dan Mamuju

4. Total korban bencana gempa bumi Majene Mamuju
Freepik/yliv

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penganggulangan Bencana (BNPB) per Senin, (18/1/2021), total korban yang meninggal dunia akibat gempa ini sebanyak 81 orang. Tak hanya itu, korban lainnya mengalami luka berat dengan jumlah 253 orang, luka ringan 679 orang, dan 19 ribu orang mengungsi untuk mengamankan diri.

BNPB mengatakan bahwa korban yang meninggal dunia terbanyak di Kabupaten Mamuju. Rinciannya yaitu sebanyak 70 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan 11 orang lainnya yang meninggal dunia berasal dari Kabupaten Majene.

5. Gempa susulan masih dapat terjadi

5. Gempa susulan masih dapat terjadi
Freepik/intararit

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa gempa bumi yang terjadi di Majene kemungkinan akan terjadi gempa susulan.

Adanya kemungkinan di pihak BMKG, maka BNPB mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak panik dan tetap tenang, serta selalu waspada dengan gempa susulan yang belum tau kapan terjadi.

Itulah beberapa informasi terkait bantuan dan kondisi gempa di Sulawesi Barat. Semoga kondisi di Sulawesi Barat segera membaik dan para korban selalu diberi kesehatan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.