Dampak yang Ditimbulkan Jika Kekurangan Karbohidrat

Kekurangan asupan karbohidrat dapat membahayakan kesehatan tubuh

12 Januari 2021

Dampak Ditimbulkan Jika Kekurangan Karbohidrat
Freepik/spukkato

Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi dan sumber energi pada tubuh. Namun, banyak orang yang melakukan pengurangan asupan karbohidrat untuk mengurangi berat badan.

Saat menjalankan diet, biasanya mengurangi asupan karbohidrat atau menghapus dari menu sehari-hari.

Cara ini memang cukup efektif bagi orang yang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi karbohidrat dengan jumlah banyak. Namun, kekurangan asupan karbohidrat dapat membahayakan kondisi tubuh.

Pada umumnya tubuh membutuhkan karbohidrat sebanyak 350 hingga 390 per hari bagi laki-laki, sedangkan perempuan sebanyak 300-320 per hari. Jika membatasi mengkonsumsi makanan mengandung karbohidrat per hari dapat membuat tubuh Mama kekurangan asupan karbo.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum tentang dampak yang ditimbulkan dari kekurangan karbohidrat.

1. Tubuh menjadi mudah lelah

1. Tubuh menjadi mudah lelah
Freepik/pressfoto

Salah satu peran karbohidrat adalah memberikan energi pada tubuh. Kurangnya karbohidrat di dalam tubuh akan mengakibatkan kurang energi dan badan merasa lelah.

Tubuh yang lemah juga dapat membuat Mama menjadi malas untuk melakukan olahraga dan kurang gerak. Hal ini tidak baik untuk pengeluaran kalori dalam tubuh dan laju metabolisme.

Jika Mama ingin diet dengan mengurangi karbohidrat, sebaiknya konsumsi nasi atau roti minimal sejam sebelum melakukan olahraga agar kalori dari karbo ini terbakar. 

2. Mengkonsumsi banyak lemak yang tidak baik bagi tubuh

2. Mengkonsumsi banyak lemak tidak baik bagi tubuh
Freepik/alex9500

Dengan mengurangi atau menghapus karbohidrat dari menu makanan sehari-hari membuat Mama menjadi meningkatkan konsumsi protein.

Protein ini didapatkan dari mengonsumsi produk hewani atau lemak jenuh. Terlalu banyak mengkonsumsi protein dapat menyebabkan tubuh terkena berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung.

Lemak memang diperlukan di tubuh, namun harus menjadikannya sebagai lemak sehat dengan mengkonsumsi dalam jumlah sedang.

Editors' Picks

3. Tubuh akan mengalami dehidrasi

3. Tubuh akan mengalami dehidrasi
Freepik

Kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Rasa haus dalam tubuh disebabkan oleh terlalu banyak mengkonsumsi protein dan lemak. Oleh karena itu, tubuh akan lebih mudah haus dan ingin minum lebih banyak dari biasanya.

4. Tubuh menjadi kekurangan serat

4. Tubuh menjadi kekurangan serat
Freepik/jcomp

Perlu diketahui bahwa serat berasal dari produk makanan nabi yang ada di karbohidrat. Maka, jika Mama mengurangi mengonsumsi karbohidrat akan membuat tubuh mendapatkan serat lebih sedikit.

Kekurangan serat tidak bagus untuk kesehatan tubuh karena akan meningkatkan risiko terganggunya saluran pencernaan yang mengakibatkan sulitnya buang air besar.

Untuk mencegah susahnya buang air besar, sebaiknya Mama mengkonsumsi makanan berserat yang cukup dalam setiap hari.

5. Tubuh akan kekurangan nutrisi

5. Tubuh akan kekurangan nutrisi
Freepik/bilahata

Nutrisi diperoleh dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang bagus untuk kesehatan tubuh, serta mencegah tubuh terkena kanker dan penyakit jantung.

Karbohidrat akan memberikan asupan nutrisi pada tubuh. Kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan nutrisi yang didapatkan oleh tubuh juga akan berkurang.

6. Memicu bau mulut

6. Memicu bau mulut
Freepik/diana.grytsku

Saat tubuh tidak mendapatkan energi dari karbohidrat, maka mencari sumber lain yaitu lemak. Tubuh akan membakar cadangan lemak dan protein sebagai energi yang disebut dengan ketosis.

Ketosis akan membuat mulut menjadi mengeluarkan bau kurang sedap. Selain itu juga, dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri, bahkan bisa terkena batu ginjal.

7. Berat badan menjadi tidak turun

7. Berat badan menjadi tidak turun
Freepik/spukkato

Pada umumnya menjalankan diet karbohidrat memiliki tujuan untuk mengurangi berat badan. Namun, perlu diketahui bahwa kekurangan karbohidrat dapat membuat berat badan sulit turun.

Hal ini dikarenakan organ pada hati akan memproduksi gula, sehingga kadar gula pada tubuh menjadi lebih meningkat. Naiknya kadar gula membuat tubuh menjadi mengikat lebih banyak lemak.

Menumpuknya lemak pada tubuh dapat menyebabkan berat badan menjadi sulit untuk turun.

Itulah beberapa informasi mengenai dampak yang diberikan jika tubuh kekurangan karbohidrat. Ketika Mama sedang menjalankan diet, sebaiknya jangan sampai tubuh kurang asupan karbohidrat ya. Semangat dan semoga dietnya berhasil, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.