Es Krim di China Terkonfirmasi Positif Covid-19, Kok Bisa?

Sebanyak 4.836 kotak es krim di China terkontaminasi virus corona

18 Januari 2021

Es Krim China Terkonfirmasi Positif Covid-19, Kok Bisa
Freepik/Racool_studio

Kasus Covid-19 di China sempat mereda. Namun, di awal tahun 2021 terjadi peningkatan hampir dua kali lipat. Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini berada di Provinsi Hebei, China.

Setelah kasus tersebut, China kembali mengabarkan bahwa sebanyak 3 sampel es krim terkena Covid-19. Toko yang memproduksi es krim ini berada di Tianjin, China utara dengan nama Perusahaan Makanan Tianjin Daqiaodao.

Setelah adanya tiga sampel yang telah diteliti bahwa positif Covid-19, maka semua produk dari perusahaan tersebut akan disegel. Tak hanya itu, orang-orang yang mengonsumsi es krim tersebut akan dicari untuk diperiksa kesehatannya.

Jika Mama ingin mengetahui lebih lanjut mengenai es krim yang terkonfirmasi positif Covid-19, berikut ini Popmama.com telah merangkumnya.

Editors' Picks

1. Penyebab es krim terkena Covid-19

1. Penyebab es krim terkena Covid-19
Freepik/Racool_studio

Perusahaan makanan ini memproduksi es krim yang dibuat dengan menggunakan bahan mentah, salah satunya yaitu susu bubuk. Bahan susu bubuk ini diimpor dari Selandia Baru dan bubuk whey juga diimpor dari Ukraina.

Ahli Virus berbasis Universitas Leeds Dr Stephen Griffin menganalisis bahwa ada kemungkinan es krim terkena dari seseorang pelayan toko atau pengunjung. Namun, dapat juga akibat dari pabrik produksi yang tidak menjaga kebersihan.

Ia juga menjelaskan bahwa suhu dingin yang ada ditempat penyimpanan es krim dan kandungan lemak yang di es krim dapat mempengaruhi virus corona dapat bertahan hidup.

2. Ahli virus ini mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik

2. Ahli virus ini mengimbau kepada masyarakat tidak panik
Freepik/pvproductions

Dengan adanya penemuan yang baru ini, Griffin mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu panik dan cemas. Ia juga menjelaskan tidak semua gigitan dari es krim telah terkena Covid-19.

Untuk mengatasi kepanikan dari masyarakat, pemerintah telah menutup perusahaan yang memproduksi es krim ini.

Tak hanya itu, sebanyak 1.662 karyawan telah dikarantina dan menjalankan pengecekkan kesehatan, serta tes asam nukleat yang sesuai dengan Prosedur Pengendalian Tianjin.

3. Produk es krim yang terkontaminasi Covid-19 telah disegel

3. Produk es krim terkontaminasi Covid-19 telah disegel
Freepik/Racool_studio

Perusahaan makanan ini telah memproduksi es krim sebanyak 4.836 kotak yang sudah terkena Covid-19. Penyimpanan es krim ini juga telah disegel dengan jumlah 2.089 kotak.

Es krim tersebut ada yang masuk pasar dengan berjumlah 2.747 kotak. Dari jumlah tersebut, sebanyak 935 berada di Tianjin dan 65 kotak dijual ke pasar.

Pemerintah mengatakan bahwa masyarakat yang telah membeli produk es krim ini diharuskan untuk melapor kondisi kesehatan setelah mengonsumsinya. Pemerintah juga telah menyemprotkan disinfektan di pabrik perusahaan tersebut.

Itulah beberapa informasi mengenai es krim di China yang telah terkontaminasi Covid-19. Semoga masalah ini cepat selesai dan pandemi Covid-19 segera berakhir ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.