Penting! 5 Faktor yang Menyebabkan Lemak Badan Susah Hilang

Saat sudah melakukan diet. Mama perlu mengetahui faktor penyebabnya lemak tubuh nggak hilang ya

16 Januari 2021

Penting 5 Faktor Menyebabkan Lemak Badan Susah Hilang
freepik/racool_studio

Tubuh yang memiliki banyak lemak seperti paha dan pinggul memang membuat orang tidak percaya diri. Memiliki tubuh yang ideal dan tidak banyak lemak adalah impian semua orang.

Sebagian orang berusaha untuk memiliki tubuh yang ideal untuk kesehatan dan tentunya agar terlihat lebih menarik.

Namun, ketika melakukan diet dengan mengatur pola makan dan olahraga, sering kali mengalami kegagalan yang mengakibatkan berat badan tidak turun.

Jika Mama termasuk orang yang sedang melakukan diet tetapi selalu gagal, kali ini Popmama.com akan membahasnya.

Disimak ya Ma!

1. Olahraga yang belum benar

1. Olahraga belum benar
freepik/shurkin_son

Salah satu olahraga yang bisa untuk menurunkan berat badan maupun menghilangkan lemak pada tubuh yaitu olahraga aerobik.

Nah Ma, olahraga aerobik punya efek langsung pada penurunan berat badan, sedangkan olahraga anaerobik tidak secara langsung.

Olahraga aerobik juga dapat membentuk otot tubuh dan mengubah lemak badan menjadi otot tubuh. Tetapi otot tubuh lebih berat dari lemak yang mengakibatkan berat badan tidak turun.

Jika Mama ingin berhasil menurunkan berat badan, bisa mengkombinasikan olahraga aerobik dan anaerobik.

Editors' Picks

2. Masih mengonsumsi minuman manis

2. Masih mengonsumsi minuman manis
freepik/jcomp

Mengonsumsi minuman manis dapat menghambat penurunan berat badan, bahkan jika terlalu sering meminumnya dapat mempengaruhi bertambahnya berat badan dan lemak badan tidak menghilang.

Minuman manis tidak membuat rasa lapar meghilang dan tidak memberikan energi yang cukup bagi tubuh. Tidak hanya itu, minuman manis juga dapat membuat tubuh Mama terkena penyakit diabetes dan obesitas.

Kurangi mengonsumsi minuman manis ya, Ma.

3. Jam tidur yang kurang

3. Jam tidur kurang
freepik/yanaiya

Ideal nya jam tidur yang normal yaitu 7-9 jam perhari. Kurang tidur akan memengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan. Pada akhirnya, seseorang bisa menjadi lebih sering makan ketika tubuh nya kurang tidur.

Jika Mama memiliki pola tidur yang tidak teratur, mulai hari ini berusaha untuk tidur yang cukup ya, Ma.

4. Faktor genetika

4. Faktor genetika
freepik/kjpergeter

Faktor genetika dapat memengaruhi berat badan seseorang, tetapi sebagian besar berat badan meningkat diakibatkan oleh pola makan yang tidak sehat.

Jika Mama memiliki banyak lemak dibeberapa bagian karena faktor genetik, tidak perlu khawatir karena bisa melakukan upaya penurunan berat badan dengan mengubah pola makan dan gaya hidup.

5. Faktor usia

5. Faktor usia
freepik/shurkin_son

Pada sebagian orang, perubahan tubuhnya saat melakukan diet ada di bagian pinggang, paha, dan wajah. Hal ini akan berubah seiring bertambahnya usia.

Jika berat badan Mama pernah turun dan mengecilnya area tubuh, Mama akan mengetahui bagian mana yang akan turun ketika melakukan diet.

Itulah beberapa hal yang memengaruhi lemak badan sulit hilang. Semoga beberapa faktor di atas dapat membantu Mama untuk menghilangkan lemak pada badan ya, Ma.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.