Kematian Akibat Covid-19 Meningkat, TPU Srengseng Sawah Segera Penuh

TPU Srengseng Sawah hanya menampung 542 jenazah

20 Januari 2021

Kematian Akibat Covid-19 Meningkat, TPU Srengseng Sawah Segera Penuh
Pexels/ Brett Sayles

Pandemi Covid-19 belum juga usai. Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 semakin meningkat setiap harinya. Tak hanya itu, masyarakat yang meninggal dunia akibat virus ini juga bertambah banyak.

Kapasitas dari lahan pemakaman di TPU Srengseng Sawah, Jakarta Selatan akan segera penuh. Kepala Satuan Pelaksana Zona 15 TPU Srengseng Sawah, Sutandyo mengatakan bahwa lahan yang tersedia bagi pasien Covid-19 hanya 5.000 meter persegi.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum terkait pemakaman TPU Srengseng Sawah yang akan penuh.

1. TPU Srengseng Sawah menjadi alternatif pemakaman untuk pasien Covid-19

1. TPU Srengseng Sawah menjadi alternatif pemakaman pasien Covid-19
Freepik/chaiyapruek2520

TPU Pondok Ranggon dan Tegal Alur menjadi tempat pemakaman jenazah yang terkena Covid-19. Namun, kedua TPU tersebut telah penuh dan memberlakukan sistem tumpang tindih.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan bahwa lahan di TPU Srengseng Sawah disediakan untuk menampung jenazah yang terkena Covid-19 ketika pemakaman di Pondok Ranggon dan Tegal Luhur penuh.

Editors' Picks

2. Pihak pemakaman sudah membuat sebanyak 400 petak

2. Pihak pemakaman sudah membuat sebanyak 400 petak
Freepik/serdjophoto

Sutandyo mengatakan bahwa sejak 12 Januari hingga 19 Januari 2021, pihak pemakaman sudah membuat sebanyak 400 petak makam untuk pasien Covid-19. Ia juga menjelaskan bahwa lahan yang berada di TPU Srengseng Sawah hanya dapat menampung sebanyak 542 makam.

Di TPU tersebut ada lahan yang tidak dipakai karena berada dipinggir sungai dan rentan untuk terkena longsor. Sehingga, kapasitasnya hanya sedikit dan saat ini hampir penuh.

3. Jumlah jenazah Covid-19 setiap harinya

3. Jumlah jenazah Covid-19 setiap harinya
IDN Times/Lia Hutasoit

Jenazah Covid-19 yang dimakamkan di TPU Srengseng Sawah bisa mencapai sekitar 50 hingga 60 pasien per harinya.

Kepala Satuan Pelaksana Zona 15 TPU Srengseng Sawah, Sutandyo mengatakan jika setiap harinya jumlah jenazah yang akan dimakamkan sebanyak itu, maka dalam jangka waktu 2 hingga 3 hari ke depan tempat pemakaman ini akan penuh.

4. Lokasi baru untuk jenazah Covid-19 sedang dipersiapkan

4. Lokasi baru jenazah Covid-19 sedang dipersiapkan
Freepik/demanna

Pemprov DKI Jakarta sedang mempersiapkan lokasi yang baru untuk menampung jenazah Covid-19 di TPU Rorotan, Jakarta Utara.

Di pemakaman tersebut akan disiapkan sebanyak 8.000 meter persegi yang akan menampung 1.500 jenazah.

Pada tahap pertama, pemerintah akan menyiapkan sebanyak dua hektar lahan dari keseluruhan luas TPU Rorotan yang dapat mencapai 25 hektar. Dua hektar lahan di pemakaman tersebut dapat digunakan untuk jenazah Covid-19 hingga 5.000 makam.

Itulah beberapa informasi mengenai TPU Srengseng Sawah yang akan penuh. Semoga pandemi ini segera berakhir dan masyarakat yang meninggal dunia karena Covid-19 semakin berkurang.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.