Bukan Hanya Lancarkan ASI, Ini Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan

Daun katuk bisa membantu menyembuhkan luka secara cepat nih, Ma

14 Januari 2021

Bukan Ha Lancarkan ASI, Ini Manfaat Daun Katuk Kesehatan
Pinterest/Fitriani gozel

Daun katuk merupakan salah satu jenis tumbuhan yang terkenal dengan manfaatnya sebagai memperlancar ASI bagi ibu menyusui. Daun katuk atau nama latinnya sauropus androgynous berbentuk kecil, daunnya berwarna hijau gelap, dan memiliki corak di bagian tengah daunnya.

Pada umumnya daun katuk diolah menjadi berbagai menu masakan, tetapi banyak juga yang mengonsumsi secara langsung dengan membuatnya sebagai lalapan untuk makan.

Daun katuk memiliki banyak kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh, yaitu protein, serat, vitamin C, kalium, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B kompleks, dan antioksidan.

Tak hanya kandungannya yang banyak, daun ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini Popmama.com telah merangkum manfaat dari daun katuk.

1. Mencegah obesitas tubuh

1. Mencegah obesitas tubuh
Freepik/subinpumsom

Obesitas atau kelebihan berat badan terjadi karena adanya penumpukan lemak di dalam tubuh. Daun katuk dipercaya dapat menurunkan berat badan.

Namun, belum ada penelitian yang mengatakan bahwa daun ini dapat dijadikan obat herbal sebagai penurun berat badan.

Mama dapat mengonsumsi daun katuk mencegah terkenanya obesitas pada tubuh. Tetapi, harus diimbangi dengan menjaga pola makan yang benar dan mengurangi berbagai makanan yang membuat berat badan meningkat.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

2. Meningkatkan daya tahan tubuh
Freepik/benzoix

Kandungan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan pada daun katuk dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan tersebut tak hanya untuk daya tahan tubuh, namun bisa juga membentuk kolagen, mengatur tingkat kolesterol, dan meningkatkan fungsi otak.

Memiliki daya tahan tubuh yang baik akan membuat tubuh menjadi lebih kuat untuk menolak penyakit yang akan masuk ke dalam tubuh.

Editors' Picks

3. Mencegah penyakit osteoporosis

3. Mencegah penyakit osteoporosis
Freepik/pokpak05

Osteoporosis dikenal sebagai tulang keropos dan mudah patah yang disebabkan oleh berkurangnya kepadatan pada tulang. Daun katuk mengandung senyawa isoflavonoid yang berfungsi sebagai mencegah terkenanya osteoporosis.  

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari pengeroposan tulang, yaitu mengonsumsi daun katuk secara teratur dengan cara dimasak terlebih dahulu.

4. Menjaga kesehatan mata

4. Menjaga kesehatan mata
Freepik/master1305

Daun katuk memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Kandungan ini dapat meningkatkan pertumbuhan sel, menjaga kesehatan kulit, dan mencegah penyakit mata. Daun ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Bagi Mama yang mempunyai masalah pada mata, bisa mencoba untuk mengonsumsi daun katuk secara teratur dengan cara dimasak ya.

5. Mempercepat penyembuhan luka di tubuh

5. Mempercepat penyembuhan luka tubuh
Freepik/bilanol

Daun katuk mengandung antioksidan, antiradang, dan antibakteri yang dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka di tubuh. Ekstrak daun katuk juga dapat digunakan sebagai penutup luka.

Penggunaan daun katuk pada luka sangat mudah dilakukan, yaitu haluskan beberapa lembar daun dan dicampur dengan sedikit air.

Setelah halus, oleskan pada bagian yang luka dan biarkan hingga kering. Ganti secara berkala untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Mengatasi penyakit anemia

6. Mengatasi penyakit anemia
Freepik/katemangostar

Anemia merupakan suatu penyakit yang dimana penderitanya kekurangan sel darah merah di dalam tubuh. Hal ini akan mengakibatkan penderita akan merasakan pusing, sulit untuk berkonsentrasi, dan tubuh menjadi mudah lelah.

Ekstrak daun katuk memiliki peran penting dalam meningkatkan efisiensi aborsi saluran pencernaan yang bagus untuk menghambat penyakit pembuluh darah.

Bagi Mama atau anggota keluarga ada yang terkena anemia dapat diatasi dengan mengonsumsi daun katuk secara teratur.

7. Mengatasi masalah peradangan

7. Mengatasi masalah peradangan
Freepik/sompong_tom

Pada umumnya peradangan terjadi karena adanya infeksi atau cedera pada tubuh. Peradangan yang tidak segera diatasi dapat terjadi dalam jangka waktu yang lama.

Daun katuk mengandung antiradang yang berfungsi mengatasi masalah peradangan pada tubuh. Oleh karena itu, daun katuk dapat dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan infeksi atau cidera. Namun, jika peradangan tidak kunjung membaik, sebaiknya Mama segera konsultasi ke dokter untuk diperiksa dan diberi obat pereda.

Itulah beberapa manfaat dari daun katuk yang baik untuk kesehatan tubuh. Daun katuk memang sangat bermanfaat untuk tubuh, namun mengonsumsi secara berlebihan sangat tidak dianjurkan dan dapat berbahaya bagi kesehatan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.