Menkes: Suntik Vaksin untuk Masyarakat Umum setelah Tenaga Kesehatan

Pemberian vaksinasi pada masyarakat umum dimulai pada bulan April atau Mei 2021

14 Januari 2021

Menkes Suntik Vaksin Masyarakat Umum setelah Tenaga Kesehatan
Freepik

Pemberian vaksinasi yang pertama sudah dilakukan kepada Presiden RI Joko Widodo pada Rabu, (13/01/2021) di Istana Negara.

Setelah Presiden RI, suntik vaksin Covid-19 di Indonesia diberikan kepada orang yang memiliki risiko tinggi tertularnya virus ini, yaitu tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik.

Tahapan selanjutnya akan diperluas kepada seluruh masyarakat umum di Indonesia. Tentunya masyarakat menunggu jadwal untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum terkait jadwal pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat umum.

1. Tahapan penerima vaksin Covid-19

1. Tahapan penerima vaksin Covid-19
Freepik

Adanya vaksinasi ini diharapkan dapat mengurangi penyebaran dan penularan Covid-19. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberitahukan bahwa pemberian vaksin Covid-19 di Indonesia akan dibagi menjadi 4 tahapan prioritas. Berikut tahapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19:

  • Tahap 1. Pada tahap ini pemerintah mengutamakan masyarakat yang berisiko tinggi terkena Covid-19, yaitu tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang, dan mahasiswa pendidikan profesi kedokteran yang sedang bekerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.
  • Tahap 2. Selanjutnya pada tahap ini ditujukan kepada masyarakat yang bertugas menjadi pelayanan publik, seperti Tentara Nasional Indonesia atau Kepolisian Negara Republik Indonesia, aparat hukum, dan petugas di bandara, pelabuhan, stasiun, terminal. Tak hanya itu, para pekerja di perbankan, perusahaan listrik negara, perusahaan daerah air minum, dan petugas lain yang terlibat langsung oleh masyarakat juga akan menerima vaksinasi pada tahap ini. Masyarakat usia lanjut yang berusia 60 tahun ke atas akan menerima vaksin pada tahap 2.
  • Tahap 3. Di tahap ini yang menjadi sasaran pemberian vaksin Covid-19, yaitu masyarakat rentan dari sisi geospasial, sosial, dan ekonomi.
  • Tahap 4. Pada tahapan terakhir dari skala prioritas ini vaksin akan diberikan kepada masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan klaster, namun juga dilihat dari ketersediaan vaksin.

Editors' Picks

2. Jadwal vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum

2. Jadwal vaksinasi Covid-19 masyarakat umum
Freepik/zenstock

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa kelompok masyarakat umum akan diberikan setelah pemberian vaksin Covid-19 kepada tenaga kesehatan telah selesai. Proses pemberian vaksinasi ini akan dimulai pada bulan April atau Mei 2021.

“Kita akan mulai untuk petugas publik dan itu sekitar bulan Maret April kalau misalnya selesai diharapkan akhir April atau awal Mei kita bisa melakukan untuk seluruh masyarakat tahapannya kira-kira seperti itu,” ungkap Budi Gunadi, Selasa (12/1/2021).

3. Jumlah orang yang akan diberikan vaksin Covid-19

3. Jumlah orang akan diberikan vaksin Covid-19
Freepik

Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah membagi menjadi 2 gelombang saat memberikan vaksin Covid-19.

Pada gelombang pertama yang dilaksanakan bulan Januari hingga April 2021 akan diberikan kepada kelompok prioritas, yaitu petugas kesehatan sebanyak 1,48 juta orang, petugas publik sebanyak 16,4 juta orang, dan masyarakat yang berusia di atas 60 tahun sebanyak 21,5 juta orang.

Selanjutnya, pada gelombang kedua akan dilaksanakan pada bulan April 2021 hingga Maret 2022 vaksin Covid-19 akan diberikan pada masyarakat yang rentan sebanyak 63,9 juta orang dan masyarakat lainnya sebanyak 84,72 juta orang.

4. Vaksin Covid-19 tidak bisa diberikan pada semua umur

4. Vaksin Covid-19 tidak bisa diberikan semua umur
Freepik

Pemberian vaksinasi ini memang diharapkan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 yang semakin luas. Namun, perlu Mama ketahui bahwa vaksin tidak dapat diberi kepada semua umur. Dalam pemberian vaksin ini ada berbagai persyaratan, salah satunya adalah umur dari masyarakat di Indonesia.

Budi Gunadi memberitahu bahwa vaksin Covid-19 pada tahap ini yang merupakan vaksin Sinovac hanya dapat diberikan kepada masyarakat dengan umur 18 hingga 59 tahun.

“Memang vaksin yang ada sekarang yang Sinovac itu uji klinisnya baru sampai usia 59 tahun, kita harapkan dengan adanya Pfizer dan Astrazeneca datang di bulan April itu adalah vaksin yang memang sudah uji klinisnya digunakan untuk di atas 60 tahun,” jelas Budi Gunadi.

Itulah informasi mengenai jadwal vaksinasi untuk masyarakat umum. Semoga dengan adanya vaksinasi, pandemi Covid-19 segera berakhir ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.