Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ciptakan Bumi Lebih Hijau

Lakukan aksi demi bumi yang lebih hijau

11 Juni 2021

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ciptakan Bumi Lebih Hijau
Pexels/Julius Silver

Tepatnya Sabtu, 5 Juni 2021 memperingati hari lingkungan hidup sedunia atau hari bumi sedunia. Dengan begitu, SIG mengajak masyarakat Indonesia untuk turut melestarikan alam melalui program Way Beyond Good dengan persiapan hari lingkungan hidup sedunia.

“SIG adalah penyedia layanan dari kemasan aseptik yang sudah berdiri sekitar 80 tahun. Bekerja sama dengan beberapa customer untuk menyediakan produk makanan yang sehat, aman, dan bisa terjangkau,” ungkap Noer Wellington selaku Head of Market Indonesia, Malaysia, and Philippines, SIG Combibloc melalui zoom pada Jumat (04/05/2021).

Way Beyond Good sendiri merupakan salah satu program dari SIG yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar semakin sadar untuk mengambil tindakan yang tepat bagi bumi. 

Kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk menciptakan bumi lebih hijau, Ma. Berikut Popmama.com rangkum beberapa fakta menarik dari SIG untuk mempersiapkan hari lingkungan hidup sedunia. Simak yuk, Ma! 

1. SIG membuat program Way Beyond Good untuk melestarikan lingkungan

1. SIG membuat program Way Beyond Good melestarikan lingkungan
Popmama.com/Natalia Adinda
Para pembicara dari kampanye SIG "Way Beyond Good" via zoom, Jumat (04/05/21).

Apa itu program Way Beyond Good? Program ini merupakan suatu roadmap dari SIG yang memiliki keinginan menjadi perusahaan yang net positif.

“SIG memiliki rencana untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan. Tidak terdiam disitu saja, tetapi bisa kembali ke lingkungan alam dengan target 2 kali jumlahnya lebih besar dari sekarang,” jelas Noer Wellington.

Berawal dari paradigma SIG yang “mengembalikan”. Ketika memproduksi suatu barang dengan mengambil sesuatu dari alam, ia juga harus bisa mengembalikannya kepada alam sehingga tidak hanya mengambil saja. 

Caranya, SIG beraktivitas dan berinisiatif untuk memproduksi barang yang ramah akan lingkungan dan sejalan dengan gerakan Way Beyond God yang net positif. 

Editors' Picks

2. SIG bekerja sama dengan Ultrajaya ‘Thanks to Nature’ Green School Project

2. SIG bekerja sama Ultrajaya ‘Thanks to Nature’ Green School Project
Popmama.com/Natalia Adinda
Konferensi pers virtual kampanye SIG "Way Beyond Good" via zoom, Jumat (04/05/21).

Beberapa kegiatan sudah SIG lakukan untuk mewujudkan komitmen Way Beyond Good. Salah satunya yaitu mendaur ulang karton minuman bekas. 

“Bekerja sama dengan Ultrajaya yakni kegiatan Thanks to Nature Green School Project dengan campaign ke sekolah-sekolah untuk mengumpulkan dan mendaur ulang sampah,” ucap Noer Wellington.

Nantinya akan ada edukasi, aksi, dan hasilnya yang terlihat dari kegiatan tersebut. Tidak hanya itu, Noer menambahkan ada pula pengumpulan karton-karton bekas dari bank sampah yang bisa dikemas untuk sesuatu produk baru. 

Hal ini menjadi sebuah inovatif yang baik untuk mengurangi sampah di kemudian hari ya, Ma.

3. Adanya Pandemi Covid-19 yang membuat perubahan dari kegiatan SIG

3. Ada Pandemi Covid-19 membuat perubahan dari kegiatan SIG
Popmama.com/Natalia Adinda
Konferensi pers virtual kampanye SIG "Way Beyond Good" via zoom, Jumat (04/05/21).

Akibat adanya pandemi Covid-19, SIG mendapatkan tantangan baru sehingga harus mencari alternatif lain dalam mewujudkan komitmen Way Beyond Good. 

“Mengubah titik pengumpulan karton kemasan bekas ke daerah perumahan dengan tujuan agar pengumpulan karton lebih mudah dan aman bagi masyarakat. Untungnya hasil yang positif dari masyarakat, ” Ujar Noer Wellington. 

Adanya pandemi tidak membuat SIG menyerah bahkan semakin bersemangat seperti bekerja sama dengan Frisian Flag Indonesia untuk mengumpulkan  karton kemasan bekas di supermarket. 

Mama bisa mengikutinya sebagai aksi dari kegiatan menciptakan bumi yang lebih hijau.

4. Untuk menciptakan bumi yang lebih hijau, SIG bekerja sama dengan Sambu Group

4. menciptakan bumi lebih hijau, SIG bekerja sama Sambu Group
Popmama.com/Natalia Adinda
Penunjukkan kemasan daur ulang menjadi produk baru oleh Arnold Abdi.

Karton kemasan bekas yang sudah terkumpul, akan langsung didaur ulang oleh pabrik miliki Sambu Group. 

“Sambu Group sendiri memiliki 3 pabrik di provinsi Riau yang dikenal dengan perusahaan yang mengolah produk kelapa yaitu Kara. Segala sesuatu yang berhubungan dengan keberlangsungan lingkungan, akan kami dukung dan kami upayakan demi keberlangsungan bersama,” jelas Dwianto Arif, Corporate Communication Manager, Sambu Group. 

Ditambahkan pula oleh Arnold Abdi selaku Managing Director PT Armada Kemasan Nusantara bahwa sebagai perusahan peduli lingkungan, Armada mendukung sekaligus mendaur ulang menjadi bahan baku kertas, notebook, hingga plat bangunan yang ramah akan lingkungan.

Berikut beberapa fakta menarik dari SIG untuk mempersiapkan hari lingkungan hidup sedunia yang telah Popmama.com rangkum untuk Mama. 

Dengan adanya aksi yang SIG lakukan melalui komitmen Way Beyond Good, bisa mengurangi separuh dampak lingkungan dengan aksi positif pada masyarakat di tahun 2023 yang akan mendatang.

Mama juga bisa berpartisipasi untuk melaksanakan aksi dari Way Beyond Good demi menciptakan bumi yang lebih hijau. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.