Selain Jakarta, Virus Corona Varian Delta sudah Masuk Jawa Tengah

Tetap Waspada Ma! Lakukan ini agar terhindar dari virus corona varian delta.

23 Juni 2021

Selain Jakarta, Virus Corona Varian Delta sudah Masuk Jawa Tengah
Unsplash/Anna Shvets

Di tengah pandemi, semakin banyak virus varian baru hasil mutasi dari Covid-19 yang bermunculan. Salah satu variannya yakni virus varian Delta yang dianggap paling ganas. Gawatnya adalah selain Jakarta, virus corona varian ini sudah masuk ke Jawa Tengah. 

“Varian delta telah masuk ke Jawa Tengah, saudaraku. Itu adalah jenis virus corona paling ganas. Tidak ada alasan lagi bagi kita untuk menyepelekan protokol kesehatan. Mari saling mengingatkan dan menjaga,” ungkap Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah melalui caption postingan di akun Instagramnya pada Selasa (15/06/2021).

Virus corona B.1.617.2 atau yang sering dikenal dengan varian Delta merupakan virus yang ditemukan pertama kali di India pada Oktober 2020. 

Nah, penting untuk Mama mengetahui keberadaan virus varian baru ini karena tidak menutup kemungkinan akan semakin menyebar luas jika tidak melakukan upaya pencegahan.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, yuk simak rangkuman yang telahPopmama.comrangkum mengenai varian delta yang sudah masuk ke Indonesia.

Editors' Picks

1. Varian Delta memakan banyak korban di kudus, Jawa Tengah

1. Varian Delta memakan banyak korban kudus, Jawa Tengah
Instagram.com/ganjar_pranowo
Saat Ganjar menghimbau warga untuk waspada Covid-19 varian delta di akun Instagramnya

Selain di jakarta, virus corona varian Delta sudah memakan beberapa korban di Jawa Tengah khususnya di kabupaten kudus yang sedang masuk ke dalam zona merah. 

“Virus Corona varian delta telah menyerang kabupaten kudus. Sampai 14 juni 2021, Varian yang berasal dari india ini sudah terdeteksi menjangkiti 62 saudara kita yang ada di kudus,” ungkap Ganjar melalui video yang diunggah melalui akun Instagramnya pada Selasa (15/06/2021).

Namun, virus corona varian delta ini sudah semakin menyebar. Dibuktikan dari data  Balitbangkes Kemenkes melalui litbang.kemkes.go.id bahwa sampai Rabu (23/06/2021), virus corona varian delta sudah menjangkiti 80 kasus yang ada di Jawa Tengah. 

Dengan ini Ganjar menghimbau kepada warga Jawa Tengah untuk terus mematuhi protokol kesehatan karena pandemi Covid-19 yang semakin ganas akibat adanya varian baru delta.

Jadi, lakukan protokol kesehatan dengan ketat agar tercegah dari virus corona varian delta ya, Ma!

2. Tidak hanya Jawa Tengah saja, Ini data sebaran varian Delta di beberapa provinsi lainnya

2. Tidak ha Jawa Tengah saja, Ini data sebaran varian Delta beberapa provinsi lainnya
litbang.kemenkes.go.id
Data jumlah persebaran kasus aplha, beta, dan delta dari Litbang Kemkes.

Virus corona varian delta sudah semakin merajalela di berbagai provinsi. Tidak hanya di Jawa Tengah dan Jakarta saja yang sudah lebih dahulu. Ada pula penambahan beberapa provinsi. 

Berdasarkan data dari Balitbangkes kemenkes melalui litbang.kemkes.go.id, berikut update virus corona varian delta pada Rabu (23/06/2021) selain daerah Jawa Tengah yang tertinggi dengan 80 kasus dan DKI Jakarta kedua tertinggi dengan 57 kasus:

  • Jawa timur yang menjadi ketiga tertinggi dengan 10 kasus 

  • Kalimantan Tengah dengan 3 kasus

  • Kalimantan Timur dengan 3 kasus

  • Sumatera Selatan dengan 3 kasus

  • Banten dengan 2 kasus

  • Jawa Barat dengan 1 kasus

  • Gorontalo dengan 1 kasus

Namun, besar kemungkinan bahwa masih banyak yang belum terdeteksi dan sudah menyebar luas. Maka dari itu, Mama harus tetap waspada dengan virus corona varian baru delta ini ya, Ma!
 

3. Jangan Panik! Lakukan Ini untuk mencegah virus corona varian delta

3. Jangan Panik Lakukan Ini mencegah virus corona varian delta
Pexels/Cottonbro

Dengan penjabaran mengenai kasus tadi, Mama tidak perlu panik karena semua ini bisa dicegah dengan melakukan ini: 

  • Pastikan Mama selalu menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah. Sebaiknya Mama menggunakan masker medis atau bedah agar lebih terlindungi. Jika Mama menggunakan masker kain, Mama bisa menggunakan dua lapis.

  • Mama bisa membatasi adanya kegiatan yang memerlukan interaksi satu sama lain. Apalagi beraktivitas yang mengharuskan adanya kerumunan. Lebih baik mengurangi adanya pertemuan agar tidak terkena dari virus corona varian delta. 

  • Selalu ingat untuk mencuci tangan menggunakan sabun karena penyebaran bisa dari apa yang Mama sentuh. Tidak lupa juga untuk menggunakan hand sanitizer yang beralkohol 60 persen.

  • Terakhir, Mama bisa melakukan vaksinasi sesuai anjuran dari Ganjar pada video yang diunggah di akun instagramnya.  

Maka dari itu, banyak upaya yang bisa Mama lakukan demi mencegah terpaparnya virus corona varian delta. 

Itulah beberapa rangkuman yang telah Popmama.com rangkum mengenai varian delta yang sudah masuk ke Indonesia.

Semoga dengan ini, Mama jadi semakin berhati-hati dan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.