Psst, 5 Buku Ini Menjadi Favorit Bill Gates di Tahun 2018

Kira-kira buku apa saja ya?

26 Desember 2018

Psst, 5 Buku Ini Menjadi Favorit Bill Gates Tahun 2018
amp.timeinc.net

Membaca merupakan jendela dunia, dimana setiap informasi dan ilmu pengetahuan bisa kita jelajahi. Lewat membaca pula pengetahuan dan wawasan kita bertambah luas, selain itu baik juga untuk menstimulasi otak agar lebih sehat dan tetap berfungsi maksimal.

Banyak orang-orang sukses yang menjadikan membaca sebagai hobinya, salah satunya adalah Bill Gates. Pendiri Microsoft dan salah satu orang terkaya di dunia ini, sangat gemar membaca.

Tak heran bila dirinya tidak sama dengan miliarder lainnya, yang memilih hobi mahal seperti mengoleksi mobil-mobil mewah atau main golf. Bill Gates sendiri, tetap setia pada buku.

Dilansir dari Timeinc.net, seperti tahun-tahun sebelumnya Bill Gates kembali merekomendasikan lima buku favoritnya di tahun 2018 ini untuk dibaca oleh masyarakat luas.

Penasaran buku-buku apa saja yang menjadi favorit Bill Gates tahun ini? Kita simak yuk Ma!

1. Bad Blood: Secret and Lies in a Silicon Valley Startup, John Carreyrou

1. Bad Blood Secret and Lies in a Silicon Valley Startup, John Carreyrou
amazon.com

Menurut Bill Gates, setiap halaman buku ini sangat menarik, sehingga dia tidak bisa berpaling. Buku ini bercerita tentang Bad Blood menyelidiki keruntuhan Theranos, perusahaan yang mengklaim bisa mengambil sampel kecil dari darah pelanggan dan menguji gambaran keseluruhan kesehatan.Tetapi, teknologi di balik tes itu tidak pernah benar-benar bekerja.

"Cerita di buku ini bahkan lebih gila dari yang saya duga, dan saya menemukan diri saya tidak dapat meletakkannya begitu saya mulai," tulis Gates.

"Buku ini memiliki segalanya: penipuan yang rumit, intrik perusahaan, cerita sampul majalah, hubungan keluarga yang hancur, dan kematian perusahaan yang pernah bernilai hampir $ 10 miliar."

2. Army of None: Autonomous Weapons and the Future of War, Paul Scharre

2. Army of None Autonomous Weapons and the Future of War, Paul Scharre
cnas.org

Buku ini bercerita tentang Scharre, seorang mantan army ranger yang menguraikan ruang lingkup senjata otonom dan kekuatan teknologi seperti kecerdasan buatan.

"Membaca buku tentang senjata otonom tidak benar-benar masuk akal bagi sebagian besar orang yang sedang berlibur, tetapi pandangan yang mencengangkan ini pada A.I. dalam peperangan sulit untuk dijatuhkan," tulis Gates. 

"Ini adalah topik yang sangat rumit, tetapi Scharre menawarkan penjelasan  yang jelas dan menyajikan baik pro dan kontra dari perang yang digerakkan oleh mesin."

Editors' Picks

3. 21 Lessons for the 21st Century, Yuval Noah Harari

3. 21 Lessons for the 21st Century, Yuval Noah Harari
amazon.co.uk

Jika kegelisahan di tahun 2018 semakin menghampiri kamu, sejarawan Yuval Noah Harari dalam bukunya ini menawarkan kelegaan: Kita seharusnya tidak mengkhawatirkan sama sekali, kita hanya perlu khawatir dengan cara yang lebih terorganisir.

"Ini untuk mengetahui hal-hal yang perlu dikhawatirkan, dan seberapa banyak yang perlu dikhawatirkan," tulis Gates.

Sang penulis telah membuka percakapan global yang penting tentang bagaimana menghadapi masalah abad ke-21.

4. Educated: A Memoir, Tara Westover

4. Educated A Memoir, Tara Westover
religionnews.com

Buku ini mengisahkan tentang Tara Westover tumbuh dengan orang tua yang bertahan hidup yang membuatnya benar-benar terisolasi dari dunia luar - dia tidak bersekolah sampai dia berusia 17 tahun.

Tetapi akhirnya dia belajar sendiri semua yang perlu dia ketahui untuk kuliah, akhirnya mendapatkan gelar Ph.D. dari Universitas Cambridge.

Satu-satunya riwayat hidup dalam daftar Gates, buku ini menyoroti pentingnya reinvention diri, tetapi tidak perlu mengorbankan masa kecil Westover.

"Tara tidak pernah kejam, bahkan ketika dia menulis tentang beberapa keyakinan tentang ayahnya," tulis Gates.

"Jelas bahwa seluruh keluarganya, termasuk ibu dan ayahnya, energik dan berbakat. Apapun ide mereka, itulah yang mereka kejar."

5. The Headspace Guide to Meditation & Mindfulness Andy Puddicombe

5. The Headspace Guide to Meditation & Mindfulness Andy Puddicombe
kobo.com

Awalnya Gates bercanda pada dirinya yang berusia 25 tahun akan "mengejek" pada pilihannya tentang buku meditasi, tetapi Gates sekarang melihat bahwa "meditasi hanyalah latihan untuk pikiran, mirip dengan cara kita melatih otot kita ketika berolahraga.

Gates berkata seringnya ia menemukan buku tentang meditasi yang mengintimidasi, tetapi Puddicombe membuat penghalang untuk masuk cukup rendah.

Andy adalah pendongeng yang cerdas dan menawarkan banyak metafora yang berguna untuk menjelaskan konsep yang berpotensi rumit, namun dibuku ini ditulis dengan mudah dan enak dibaca, tulis Gates.

Gates pun dan istrinya Melinda Gates berlatih meditasi dan mengundang Puddicombe untuk berjalan dengan keluarga mereka melalui latihan.

Menurut Gates dan keluarga, penulis sangat hangat, rendah hati, dan nyata seperti kita bayangkan saat membaca bukunya.

Itulah beberapa buku yang direkomendasikan oleh Bill Gates untuk mengisi waktu libur Mama dan keluarga. Happy hunting, Ma!