Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Keuntungan Naik Mobil Listrik, Bisa Bebas Aturan Ganjil Genap

Penggunaan mobil listrik bebas peraturan ganjil genap

4 Desember 2022

5 Keuntungan Naik Mobil Listrik, Bisa Bebas Aturan Ganjil Genap
Pixabay/Andreas160578

Kendaraan konvensional membutuhkan bahan bakar minyak. Sedangkan kelangkaan dan kenaikan bahan bakar minyak (BBM) mulai terjadi. Penggantian dari kendaraan konvesional menuju kendaraan listrik salah satu solusi terbaik.

Saat ini, industri otomotif semakin berkembang. Dengan kehadiran kendaraan listrik dapat mengatasi masalah tersebut, terdapat banyak keuntungan menggunakan mobil listrik.

Pemerintah DKI Jakarta tengah mengupayakan masyarakat agar menggunakan mobil listrik. Penggunaan mobil listrik di Jakarta akan bebas dari peraturan ganjil genap dan leluasa untuk melintasi jalanan Ibu kota.

Berikut Popmama.com merangkum 5 keuntungan naik mobil listrik. Cari tahu, yuk, Ma!

1. Bebas peraturan ganjil genap

1. Bebas peraturan ganjil genap
Freepik/Frimufilms

Untuk mendukung penggunaan mobil listrik di Jakarta. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membebaskan mobil listrik pada peraturan ganjil genap di jalanan DKI Jakata.

Peraturan ini revisi dari Pergub 155/2018. Tertuang dalam Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019 mengenai Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap. Dari 13 kendaraan yang bebas peraturan ganjil genap, kendaraan listrik masuk ke dalam daftar tersebut.

Editors' Picks

2. Biaya pengoperasian lebih murah

2. Biaya pengoperasian lebih murah
Pixabay/Ssarwas0

Penggunaan mobil listrik di Indonesia lebih murah dibandingkan dengan kendaraan konvensional. Kamu bisa menghemat banyak uang untuk bahan bakar. Sebab, kendaraan listrik tidak menggunakan bensin atau solar sehingga biayanya lebih murah.

Selain itu, kendaraan konvensional memerlukan perawatan seperti oli, busi, radiator, dan sebagainya. Hal tersebut tak berlaku pada mobil listrik.

Kendaraan konvensional membutuhkan bahan bakar minyak (BBM) 1 liter untuk 10 km. Sama dengan 1 kwh pada 10 km mobil listrik. Jadi, 1 kwh penggunaan listrik hanya mememerlukan pengisian daya sampai Rp 1.444 per kwh.

3. Mobil listrik lebih ramah lingkungan

3. Mobil listrik lebih ramah lingkungan
Freepik/Frimufilms

Kendaraan listrik, atau bisa disebut kendaraan tanpa emisi ini dianggap sebagai teknologi masa depan. Karena memiliki keunggulan ramah lingkungan, ikut berkontribusi tidak menghasilkan residu emisi Co2 dan Co.

Mobil listrik tidak akan menghasilkan polusi. Karena menggunakan sumber energi terbarukan melalui pengisian daya baterai mobil. Satu mobil listrik bisa mengurangi pencemaran udara  sebanyak 4,6 metrik ton gas rumah kaca.

4. Suara mesin tidak berisik

4. Suara mesin tidak berisik
Pixabay/Free-Photos

Keunikan mobil listrik adalah rendah polusi suara karena menggunakan mesin listrik. Tentunya akan menambah kenyamanan bagi pengguna mobil listrik.

Didesain dengan istimewa dan teknologi canggih menyebabkan mobil listrik sama sekali tidak mengeluarkan suara.  Selain itu, mobil listrik juga tak akan bergetar saat berjalan kencang.

5. Tingkat kemananan berkendara tinggi

5. Tingkat kemananan berkendara tinggi
mobil.wuling.id

Mobil listrik sudah melalui proses uji coba seperti uji tahan api, air, vibrasi, guncangan, dan ketahanan mobil. Hal tersebut sudah tidak dapat diragukan lagi keamanannya.

Sebab, perusahaan industri mobil listrik sangat menjunjung tinggi kenyamanan dan keselamatan para pengguna. Keuntungan lainnya, mobil listrik di Indonesia dibebaskan dari biaya Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM)

Nah, itu tadi pembahasan mengenai 5 keuntungan naik mobil listrik. Apakah kamu tertarik memiliki mobil listrik?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk