TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Total 17 Suspek Cacar Monyet Ditemukan Kemenkes di Indonesia

Kemenkes ungkap jumlah suspek cacar monyet atau monkeypox terus bertambah, kini total 17 suspek

11 Agustus 2022

Total 17 Suspek Cacar Monyet Ditemukan Kemenkes Indonesia
Freepik/freepik

Pandemi Covid-19 belum usai, kini masyarakat dunia kembali dibuat khawatir dengan penyakit cacar monyet. Apalagi sejak 23 Juni lalu, monkeypox ditetapkan sebagai darurat kesehatan global oleh WHO.

Penyebaran monkeypox yang semakin meluas membuat pemerintah di berbagai negara mulai menyelidiki keberadaan kasus tersebut, termasuk di Indonesia. Diketahui, Kemenkes telah menemukan suspek cacar monyet di Indonesia, lho.

Kali iniPopmama.com telah merangkum deretan informasi mengenai kasus suspek cacar monyet di Indonesia yang ditemukan Kemenkes.

Simak informasi selengkapnya di bawah ini yuk, Ma!

1. Mengenal penyakit cacar monyet atau monkeypox

1. Mengenal penyakit cacar monyet atau monkeypox
emergency-live.com

Sesuai namanya, cacar monyet merupakan virus zoonosis yang ditularkan dari hewan monyet ke manusia. Gejala dari cacar monyet muncul ruam dan bintil-bintil layaknya cacar, bedanya monkeypox dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening.

Cacar monyet dapat juga ditularkan dari manusia ke manusia melalui kontak langsung di luka, infeksi dan cairah tubuh pengidap. Sehingga, cacar monyet juga dapat menular melalui air liur meski potensi penularannya lebih besar lewat kontak fisik.

2. Suspek cacar monyet di Indonesia terus bertambah, kini ada 17 orang

2. Suspek cacar monyet Indonesia terus bertambah, kini ada 17 orang
Freepik/Kuprevich

Penemuan suspek cacar monyet di Indonesia pertama kali yaitu satu kasus di Jawa Tengah. Setelah penemuan satu orang suspek monkeypox di daerah Jawa Tengah, suspek cacar monyet semakin bertambah. 

Pada akhir Juni 2022, Kemenkes mengungkapkan total suspek cacar monyet bertambah menjadi 10 suspek. Rabu kemarin (10/8/2022), Kemenkes kembali mengumumkan penambahan jumlah suspek cacar monyet di Indonesia yang kini berjumlah 17 orang.

3. Seluruh suspek dinyatakan negatif cacar monyet

3. Seluruh suspek dinyatakan negatif cacar monyet
Freepik/stefamerpik

Tentunya, Kemenkes melakukan uji lebih lanjut untuk mengetahui apakah para suspek memang benar-benar terjangkit virus cacar monyet. Diketahui, seluruh suspek menjalani test swab dan PCR pada ruam-ruam cacar.

Pasca pemeriksaan, hasil test 17 suspek menunjukkan hasil yang negatif dan dinyatakan tidak mengidap penyakit monkeypox. Dapat dipastikan bahwa hingga saat ini belum ada kasus positif monkeypox di Indonesia.

Itulah deretan informasi terbaru mengenai kasus suspek cacar monyet di Indonesia yang ditemukan Kemenkes. Meski belum ada kasus positif cacar monyet di Indonesia, tetapi pastikan mama sekeluarga tetap waspada, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk