Agar THR Tak Ludes Cuma-Cuma, Ini Tips Belanja Lebaran saat Pandemi

Yuk, ketahui tips belanja aman dan cermat a la Financial Planner

17 April 2021

Agar THR Tak Ludes Cuma-Cuma, Ini Tips Belanja Lebaran saat Pandemi
Pexels/Gustavo Fring

Membahas tunjangan hari raya atau THR rasanya memang nano-nano ya, Ma. Satu sisi merasa senang karena mendapat uang tambahan untuk persiapan hari raya, disisi lain juga dibuat pusing karena banyaknya pengeluaran yang dibutuhkan.

Ketika sudah menerima uang THR, banyak orang akan menggunakannya untuk dibelanjakan keperluan hari raya. Tetapi, jika tidak diperhatikan dengan baik, uang THR keluarga juga bisa habis tak terkendali.

Sebagai pemegang keuangan keluarga, Mama perlu lebih bijak dalam merencanakan belanja kebutuhan hari raya. Terlebih di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang tak kunjung usia ini, perlu lebih cermat dalam membahas keuangan keluarga, Ma.

Melalui Popmama Online Class dengan tema “Lebaran Hemat: THR Aman, Dompet Nyaman” pada Jumat (16/04), Rista Zwestika S.Sos, AWP, CFP selaku Co-Head Advisory Finansialku.com menyebutkan, "Di tengah kondisi seperti ini memang masih perlu hati-hati, harus lebih memperketat dalam menggunakan keuangan kita."

Untuk itu, agar keuangan keluarga tetap terjaga, Rista telah membagikan tips belanja yang tepat menjelang hari raya untuk Mama dan keluarga di rumah. Apa saja kira-kira? Yuk, simak rangkuman yang telah Popmama.com siapkan berikut ini.

1. Buat daftar belanja yang dibutuhkan

1. Buat daftar belanja dibutuhkan
Freepik/lookstudio

Kebanyakan orang masih sering lupa dengan kebutuhan yang mereka perlukan. Meski sudah dibuat daftar belanja yang dibutuhkan, tak sedikit yang masih kecolongan juga, Ma. Apakah Mama termasuk orang yang seperti ini?

Untuk itu, Rista menyebutkan bahwa membuat daftar barang atau jasa yang dibutuhkan sangatlah penting. Jangan sampai Mama membeli barang yang tidak sesuai kebutuhan keluarga dengan akhir penyesalan karena uang yang terpakai untuk barang tersebut.

Jadi, tips pertama yang bisa Mama lakukan adalah, yuk buat daftar apa saja sih yang dibutuhkan keluarga di rumah menjelang hari raya nanti. 

Editors' Picks

2. Perhatikan prioritas kebutuhan, bukan keinginan

2. Perhatikan prioritas kebutuhan, bukan keinginan
Freepik/snowing

Disaat kondisi tak menentu seperti sekarang ini, kebutuhan makanan dan kesehatan menjadi yang utama bagi seluruh anggota keluarga. Hal ini guna menunjang imun tubuh agar terhindar dari virus Covid-19 yang masih mewabah.

Itulah mengapa Rista menjelaskan, penting memerhatikan kebutuhan utama tersebut dibanding keinginan semata saja, Ma. Jadi, sisa uang yang tersisa bisa Mama manfaatkan untuk kebutuhan pos keuangan lainnya. Misalnya pos dana darurat, pos kesehatan, dan lain sebagainya.

Sebagaimana yang disebutkan Rista, "Ada pos-pos yang akan lebih besar daripada pos yang lain. Sedangkan pos-pos yang tidak perlu kita keluarkan, itu bisa kita alihkan ke pos keuangan yang lain."

3. Jangan sampai panic buying

3. Jangan sampai panic buying
Freepik/prostooleh

Ketakutan akibat pandemi Covid-19 ini membuat sebagian orang menjadi lebih impulsif dalam membeli kebutuhan keluarga. Tak heran jika banyak yang mengalami panic buying dengan membeli kebutuhan secara berlebihan.

Rista kembali menegaskan kepada para Mama agar tidak termakan emosional, Ma. Maksudnya di sini adalah, kita harus mengendalikan dengan akal sehat dalam membeli kebutuhan keluarga di rumah.

Sebab belanja juga membutuhkan akal sehat lho, Ma. Jika tidak menggunakan akal sehat, maka akan terjadi pembelian berlebihan yang berpengaruh pada keuangan keluarga.

4. Lihat promo yang ditawarkan

4. Lihat promo ditawarkan
Pexels/karolina-grabowska

Bagi para Mama, tentu akan tergiur dengan banyaknya promo menjelang hari raya yang ditawarkan. Bukan begitu, Ma? 

Ternyata melihat promo yang ada itu juga penting, Ma. Salah satunya berguna untuk memotong pengeluaran keluarga. Tetapi, Mama tetap perlu memerhatikan tujuan dan anggaran yang sudah ditentukan di awal ya! 

Selain itu, Rista juga menyebutkan bahwa penting melihat kualitas barang yang akan dibeli berdasarkan promo yang ditawarkan. Meski harga promo, jangan sampai jangka waktu penggunannya hanya sebentar dan berakhir membuat Mama membeli barang serupa lagi.

"Lihat jangka waktu penggunaannya. Walaupun ternyata mahal, tetapi jangka waktu dari quality yang akan digunakan dalam dua atau tiga tahun, maka beli lah yang lebih berkualitas (tidak mudah rusak)," jelas Rista.

Nah, itu dia tips yang bisa Mama lakukan sebelum belanja kebutuhan hari raya di tengah pandemi yang masih mewabah ini. Semoga informasinya bermanfaat dan bisa membantu Mama dalam mengelola uang THR nanti ya!

Selain itu, Mama juga bisa mengelola keuangan keluarga melalui aplikasi Finansialku yang bisa di download di Google Playstore (Android) atau App Store (Ios). Yuk, sama-sama jaga keuangan keluarga kita di tengah kondisi yang tak pasti ini, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.