Sedih, Anak Kassady Bingham Meninggal Setelah Melawan Leukimia

Belum genap 2 tahun, ia sudah pergi setelah berjuang melawan leukimia. Ia harus pergi lebih dulu

27 Februari 2020

Sedih, Anak Kassady Bingham Meninggal Setelah Melawan Leukimia
baylorfrisco.com

Instagram influencer asal Amerika, Kassady Bingham harus mengalami kesedihan mendalam atas kepergian anak keduanya, Milo, yang diakibatkan penyakit leukimia.

Influencer yang namanya telah dikenal dunia itu seringkali membagikan potret manis kehidupan keluarganya melalui akun instagram miliknya. Namun pada Senin (24/02) lalu, Bingham mengunggah foto Milo yang kini sudah tiada karena penyakit leuikimia yang dideritanya.

Milo telah berjuang selama 18 bulan. Ia masih amat kecil untuk menanggung rasa sakit yang dideritanya.

Instagram pun telah berdedikasi untuk menggunakan pengaruh Bingham dalam menarik perhatian dan kepedulian banyak orang terhadap leukemia infantil.

Hal ini karena Bingham telah mengalami perjalanan panjang dalam memerangi penyakit tersebut pada sang anak, sehingga diharapkan orangtua diluar sana lebih bisa mendeteksi sejak dini pada anak-anak mereka.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Popmama.com telah merangkum informasinya dilengkapi dengan kemungkinan faktor yang menyebabkan leukimia. 

Sedih, Anak Kassady Bingham Meninggal Setelah Melawan Leukimia
Instagram.com/KassadyBingham

"Milo pulang menghadap Yesus pagi ini," tulisnya sambil berbagi foto dirinya menggendong putranya di ranjang rumah sakit.

"Dia tidak kalah dalam pertarungannya, dia mendapatkan hadiah terbesar; penyembuhan surgawi. Saya tidak pernah merasakan sakit seperti ini. Saya terlalu sedih untuk mengatakan hal lain. Terima kasih semua atas cinta dan dukungan kalian."

1. Menunggah kepergiaan sang anak melalui Instagram

1. Menunggah kepergiaan sang anak melalui Instagram
Instagram.com/kassadybingham

Pada Senin (24/02) lalu, Bingham membagikan sebuah unggahan tentang kepergian Milo. Dalam unggahan foto Milo yang dibagikannya, ia menulis caption mengharukan seperti ini, "Milo pulang ke rumah Yesus pagi ini. Dia tidak kalah dalam pertempuran, dia mendapatkan hadiah terbesar; penyembuhan di surga. Saya tidak pernah merasakan sakit seperti ini.”

Ia juga menuliskan bahwa sang anak terlihat lebih damai dari sebelumnya, Milo kini sudah tidur dengan damai di surga. Tak lupa kata terakhir yang membuat netizen ikut dalam perasaan sedih Bingham dan keluarga, ia menuliskan, "Tubuhnya mungkin hilang, tetapi dia masih di sini."

Editors' Picks

2. Menjadikan Instagram miliknya untuk mengedukasi leukimia

2. Menjadikan Instagram milik mengedukasi leukimia
Instagram.com/kassadybingham

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Parents, saat Milo didiagnosis leukimia, Bingham diberitahu hanya 35 hingga 50 bayi di AS yang didiagnosis mengalaminya per tahun. Tentu saja itu membuat hatinya hancur mengetahui buah hati yang baru usia 2 bulan harus mengalami sakit yang berbahaya itu.

Penuh perjuangan dalam merawat Milo, Bingham juga ditunjuk Instagram untuk memberikan edukasi mengenai penyakit yang membahayakan tersebut kepada para pengikutnya. Hal ini bertujuan agar banyak masyarakat luas lebih sadar dengan kesehatan keluarga mereka.

3. Penyebab terjadinya leukimia pada anak

3. Penyebab terjadi leukimia anak
Freepik/prostooleh

Leukemia adalah kondisi dimana kanker sel darah mengalami peningkatan jumlah sel darah putih di tubuh. Leukimia mengeluarkan sel darah merah dan trombosit yang dibutuhkan tubuh agar sehat. Semua sel darah putih ekstra itu tidak berfungsi dengan baik, dan itu menyebabkan masalah kesehatan.

Penyakit yang berbahaya ini ternyata tak kenal umur, ada banyak anak kecil yang harus berjuang melawan penyakit ini. Seperti Milo, bayi yang baru berusia 2 bulan kini harus mengakhiri hidupnya karena leukimia yang dideritanya.

Sebagai pencegahan sejak dini, orangtua harus mengetahui kemungkinan penyebab dari leukimia pada anak. Diantaranya ialah:

  1. Asap rokok: Mulailah dengan menghindari si Kecil dari paparan asap rokok dan orangtua di rumah juga sebaiknya mengurangi rokok agar tidak mengganggu kesehatan keluarga. Sebab paparan asap rokok juga dimungkinkan berisiko mengalami Acute Myeloid Leukemia (AML)
  2. Adanya racun di lingkungan sekitar: Enviro Health Policy menyebutkan, terdapat 48 studi epidemiologi yang menyimpulkan bahwa paparan bahan kimia berbahaya seperti benzena bisa menyumbang potensi anak-anak terserang leukimia.
  3. Terinfeksi virus: Ada berberapa virus yang bisa mengganggu metabolisme si Kecil, diantaranya retrovirus (kelompok virus yang membawa karakteristik khusus, biasanya terdapat pada orangutan atau kera) dan virus leukemia feline (retrovirus yang menginfeksi kucing). 
  4. Kebiasaan minum kopi saat mengandung: Jika Mama sedang mengandung, usahakan tidak mengonsumsi kopi berlebihan. Ternyata minum kopi berlebih saat hamil juga dikaitkan sebagai salah satu penyebab anak alami berbagai masalah kesehatan, salah satunya leukimia. French ESCALE pada tahun 2013 mengatakan bahwa penyakit leukimia dapat dipicu dari terlalu banyak meminum kopi. 
  5. Adanya kelainan genetik: Faktor keturunan atau genetik menjadi penyebab terbesar untuk anak-anak terkena penyakit leukimia. Untuk itu, berhati-hatilah bila di dalam keluarga ada yang memiliki riwayat leukimia karena risikonya lebih besar. 

Itulah kemungkinan penyebab yang membuat anak terkena penyakit leukimia. Agar tidak membahayakan nyawanya, ketahui sejak dini sebagai langkah pencegahan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.