Anti Bosan! Tips Laksanakan Puasa yang Menyenangkan di Rumah

Meski masih belum bisa berkumpul, coba lakukan ini bersama keluarga di rumah yuk!

16 April 2021

Anti Bosan Tips Laksanakan Puasa Menyenangkan Rumah
Pexels/Gabby K

Sebagai umat Muslim, menjalankan ibadah puasa menjadi suatu kewajiban yang perlu dilakukan selama bulan Ramadan. Di bulan yang suci ini juga umat Muslim diminta berlomba mencari kebaikan salah satunya dengan saling berbagi dan berkumpul dengan orang sekitar.

Namun, masih mewabahnya pandemi Covid-19 di Indonesia membuat masyarakat kembali diminta untuk menjalankan ibadah puasa dari rumah dan mengurangi adanya perkumpulan.

Meski demikian, puasa di rumah saja juga bisa menyenangkan dan bermakna kok! Kamu bisa melakukan berbagai macam kegiatan bersama keluarga di rumah guna memaknai ibadah puasa tahun ini.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan? Yuk, simak informasi yang sudah Popmama.com rangkum guna menjalankan ibadah puasa yang menyenangkan dari rumah.

1. Ajak keluarga untuk melakukan ibadah bersama

1. Ajak keluarga melakukan ibadah bersama
Popmama.com/Novy Agrina

Kamu bisa memanfaatkan waktu di rumah saja dengan memperbanyak ibadah. Terlebih di bulan yang penuh kebaikan ini, segala amalan ibadahmu akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Jika umumnya masyarakat melakasanakan ibadah salat tarawih berjamaah di masjid atau mushala terdekat, namun sebaiknya kamu melakukannya secara berjamaah bersama keluarga di rumah guna menghindari terjadinya penyebaran virus Covid-19.

Melakukan ibadah salat tarawih berjamaah di rumah akan membantumu memupuk semangat persatuan selama menjalani ibadah puasa Ramadan di rumah saja.

Editors' Picks

2. Memanfaatkan teknologi yang ada

2. Memanfaatkan teknologi ada
Pixabay/antonbe

Saat ini kita hidup di era teknologi, jadi meski kegiatan saat ini masih dibatasi, kamu tetap bisa memanfaatkan teknologi agar tidak bosan selama berpuasa di rumah saja.

Kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk melakukan panggilan video bersama keluarga atau teman. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan ponsel yang biasa kamu gunakan sebagai hiburan dikala menunggu waktu berbuka puasa.

Salah satunya menggunakan aplikasi video yang saat ini viral dikalangan masyarakat yakni TikTok. Aplikasi tersebut kini meramaikan bulan Ramadan dengan mengusung program bertajuk #SamaSamaBerbagi. Program ini bertujuan untuk menghadirkan pengalaman Ramadan yang penuh kebahagiaan dan kebersamaan bagi komunitas TikTok dengan format video singkat.

Melalui konferensi perf virtual yang dilakukan pada Kamis (15/04), Angga Anugrah Putra, Head of Content and User Operations TikTok Indonesia menyebutkan, "Ramadan identik dengan kemeriahan, dimana kita biasanya berbagi kegembiraan di momen-momen bersama keluarga dan orang-orang terdekat.TikTok ingin membawa kemeriahan tersebut ke dalam aplikasi melalui berbagai virtual booth, agar masyarakat bersama komunitas global TikTok bisa sama-sama berbagi dengan cara menyenangkan."

Terdapat tiga program pada aplikasi video singkat tersebut, diantaranya adalah:

  1. Inspirasi Ramadan dalam bentuk konten video yang beragam, mulai dari #KulinerRamadan untuk kategori kuliner, #InspirasiRamadan untuk kategori edukasi, #GayaRamadan untuk kategori fesyen, dan masih banyak lagi. Pengguna juga bisa menyaksikan Ramadan TikTok Live dengan topik-topik inspiratif dari pemerintah hingga selebriti.
  2. Sticker dan music spesial Ramadan yang mendukung pengguna untuk mengekspresikan kreativitas dan berkumpul untuk menikmati momen Ramadan dengan unik, seperti mudik online.
  3. Ramadan Live Sales Sessions yang memberikan platfrom bagi brand dan UKM untuk bisa menyampaikan promosi menarik bagi pengguna TikTok. Didukung dengan ekosistem TikTok yang unik dan dilengkapi dengan layanan livestream, para pelaku bisnis dari berbagai kategori bisa berinteraksi sekaligus memenuhi kebutuhan pengguna saat Puasa dan Lebaran dengan cara menyenangkan.

3. Menghias atau merapikan rumah

3. Menghias atau merapikan rumah
Huffpost.com

Bagi kamu yang suka 'mendandani' rumah, kegiatan satu ini juga bisa kamu lakukan agar puasa kamu dan keluarga di rumah menjadi lebih menyenangkan. Sebagaimana yang diketahui, mendandani rumah memang menjadi identik bagi masyarakat ketika menjelang Ramadan dan Idul Fitri.

Kegiatan ini bisa kamu manfaatkan selain untuk merapikan rumah, juga mengisi waktu luang agar kegiatan berpuasa di rumah tidak membosankan. Yuk, ajak pasangan atau anggota keluarga lain untuk menghias rumah agar lebih ciamik.

4. Melibatkan anak dalam mempersiapkan menu buka puasa

4. Melibatkan anak dalam mempersiapkan menu buka puasa
Freepik/Diana.grytsku

Agar tidak merasa lelah dan bosan dengan kegiatan masak yang begitu saja, kamu juga bisa melibatkan anak-anak dalam mempersiapkan menu buka puasa bagi keluarga di rumah.

Mengajak anak untuk berasma menyiapkan menu berbuka mungkin akan membuat waktu istirahatnya terganggu, namun kegiatan ini akan menjadi kenangan bagi mereka dalam meresapi momen Ramadan bersama keluarga.

Selain itu, kegiatan satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk membangun bonding time bersama anak lho! Jadi tak hanya dapat manfaat, tetapi juga merasakan kegiatan berpuasa di rumah lebih menyenangkan, bukan?

5. Berbagi kepada sesama dengan cara berbeda

5. Berbagi kepada sesama cara berbeda
Pexels/Budgeron Bach

Bulan Ramadan identik dengan kegiatan saling berbagi antar sesama untuk mendapat syafaat Allah SWT, sekaligus pahala berlipat ganda yang dijanjikan di bulan yang penuh berkah ini.

Namun, masih mewabahnya Covid-19 membuat masyarakat diharapkan melakukan berbagi dengan cara yang berbeda yakni memanfaatkan teknologi untuk berbagai secara online.

Saat ini ada banyak aplikasi terpercaya yang bisa kamu gunakan sebagai wadah berbagi kepada sesama. Tak hanya itu, kamu juga bisa berbagai dengan cara yang mudah seperyi memberi menu buka puasa kepada kurir online yang tetap harus bekerja untuk menghidupi keluarganya.

Melalui satu genggaman saja dan tanpa perlu keluar rumah, kamu pun bisa dengan mudah berbagi kepada sesama. Lebih menyenangkan, bukan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.