Waktu yang Tepat dan Tips Penting Minum Kopi saat Puasa

Amankah minum kopi di bulan puasa ini?

16 April 2021

Waktu Tepat Tips Penting Minum Kopi saat Puasa
Freepik/teksomolika

Kopi merupakan minuman yang sudah menjadi gaya hidup tersendiri bagi banyak orang. Jika pada hari biasa kopi bisa dinikmati kapan saja, namun berbeda ketika memasuki bulan Ramadan.

Meski menjalankan ibadah puasa, tentu ini bukanlah penghalang bagi para pecinta kopi untuk tetap bisa menikmati minuman dengan kandungan kafein tersebut. Terlebih bagi kamu penikmati kopi aktif, mungkin dampaknya akan merasakan pusing dan lelah jika sehari saja tidak meminumnya.

Minum kopi saat puasa sendiri sebenarnya tidak dilarang, hanya saja perlu diperhatikan aturannya agar tubuh tetap fit selama menjalani ibadah puasa. Jadi, kamu masih bisa kok menikmati kopi selama puasa, hanya waktunya saja yang berubah.

Lantas, kapan waktu yang tepat dan aturan apa saja yang perlu dipehatikan sebelum minum kopi saat berpuasa? Yuk, simak informasi yang sudah Popmama.com rangkum dari bebagai sumber berikut ini.

Editors' Picks

1. Amankah minum kopi saat puasa?

1. Amankah minum kopi saat puasa
Freepik/wayhomestudio

Meski tidak dilarang, namun masih banyak yang bertanya,  apakah minum kopi saat bulan Ramadan aman?

Para ahli gizi menyebutkan, minum kopi saat puasa aman dikonsumsi setelah makan besar. Hindari minum kopi ketika baru buka puasa atau saat perut kosong, sebab ini akan meningkatkan asam lambung dan berisiko bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit maag.

Untuk dosis aman kafein orang dewasa umumnya sebanyak 400 miligram per hari, atau setara dengan 2 sampai 3 cangkir kopi hitam. Namun di bulan Ramadan, dosisnya dikurangi hingga 200 miligram atau cukup 1 cangkir per hari.

2. Waktu yang tepat minum kopi saat puasa

2. Waktu tepat minum kopi saat puasa
Freepik/jcomp

Perlu diketahui bahwa kopi memiliki sifat stimulan dan diuretik, yang mana bisa sebabkan produksi urine meningkat sehingga berisiko terjadinya dehidrasi saat menjalani puasa. Itulah mengapa minum kopi sangat tidak dianjurkan saat waktu sahur.

Bagi kamu pecinta kopi yang ingin menikmati kopi saat puasa, kamu bisa menikmatinya satu jam setelah berbuka atau setelah makan berat.

Waktu ini dirasa paling tepat karena perut sudah dalam keadaan terisi, sehingga dinding perut tidak akan iritasi dan tidak akan meningkatkan asam lambung karena meminum kopi.

3. Tips penting sebelum minum kopi

3. Tips penting sebelum minum kopi
Freepik

Jika pada hari biasa kamu bisa dengan bebas meminum kopi sebanyak 2 hingga 3 gelas per hari, namun saat puasa jumlahnya pun perlu dikurangi menjadi 1 gelas per hari saja.

Tips yang bisa kamu lakukan sebelum menikmati kopi di bulan Ramadan adalah, selain memastikan perut tidak kosong, kamu juga perlu menghindari konsumsi kopi saat sahur.

Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa minum kopi saat sahur justru akan membuat tubuh lebih cepat dehidrasi. Jadi, manfaatkan waktu minum kopi satu jam setelah berbuka dan setelah perut terisi ya!

Menikmati kopi saat bulan Ramadan juga bisa kamu hindari di malam hari menjelang tidur, sebab kandungan kafein pada kopi bisa membuatmu terjaga hingga larut.

Selain itu, kamu juga perlu membarengi dengan air putih baik sebelum maupun sesudah minum kopi. Sebab air putih bermanfaat sebagai penetralisir efek kafein dan menahan efek dehidrasi yang disebabkan oleh kopi.

Jadi, kamu tetap bisa kok menikmati kopi saat bulan Ramadan. Pastikan kamu mengonsumsi kopi di waktu yang tepat dan tetap perhatikan kondisi tubuh agar selalu fit dalam menjalankan ibadah puasa.

Semoga informasinya bermanfaat ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.