Doa agar Diberikan Kesembuhan saat Sakit untuk Diri Sendiri

Dapat juga dipanjatkan untuk mendoakan orang lain yang sedang sakit agar diberi kesembuhan

23 September 2021

Doa agar Diberikan Kesembuhan saat Sakit Diri Sendiri
Pexels/Hebert Santos

Tidak ada seorang pun yang ingin jatuh sakit. Setiap orang tentu berharap selalu diberi kesehatan dan perlindungan, terlebih di tengah kondisi pandemi yang sampai saat ini masih terus meningkat.

Meski sudah berusaha menjaga kesehatan, namun sakit merupakan kondisi yang tidak bisa dihindari. Hal ini juga sudah menjadi ketentuan dari Allah SWT.

Ketika memberikan rasa sakit, maka Allah SWT jugalah yang maha memberikan kesembuhan bagi umatnya. Selain mengonsumsi obat sebagai cara menyembuhkan rasa sakit, memohon ampun dan berdoa kepada Allah SWT untuk diberi kesembuhan adalah langkah yang bisa dilakukan.

Melalui kajian yang dibagikan oleh Ustadz Khalid Basalamah pada akun Youtube milik Dendy Irawan, Ustadz Khalid menganjurkan bacaan doa saat sakit untuk diri sendiri dan orang lain sebagaimana diriwayatkan sebelumnya melalui kajian Kitab Riyadhus Shalihin.

Berikut doa ketika sakit untuk diri sendiri dan orang lain yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini.

Editors' Picks

1. Doa yang dilafalkan ketika sakit

1. Doa dilafalkan ketika sakit
Pexels/Gabby K

Untuk dibacakan kepada diri sendiri, lafal doanya adalah sebagai berikut:

Bismillah Audzubillahi min syari ma'ajidu wa uhadziru.

Artinya: "Dengan nama Allah SWT aku berlindung Kepanda-Nya dari semua keburukan apa yang aku dapatkan (rasakan) dan aku berhati-hati darinya."

Adapun untuk orang atau anak laki-laki, doa yang bisa dilafalkan adalah sebagai berikut:

Bismillah Audzubillahi min syari ma'wajada wa hadhara.

Artinya: "Dengan nama Allah SWT aku berlindung Kepanda-Nya dari semua keburukan apa yang ia dapatkan (rasakan) dan ia berhati-hati dari itu."

Selanjutnya untuk orang atau anak perempuan sebagai berikut:

Bismillah Audzubillahi min syari ma'wajadat wa hadharat

Artinya: "Dengan nama Allah SWT aku berlindung Kepanda-Nya dari semua keburukan apa yang ia dapatkan (rasakan) dan ia berhati-hati dari itu."

2. Ketentuan membacakan doa ketika sakit

2. Ketentuan membacakan doa ketika sakit
Freepik/freepik

Lafal doa di atas bisa dibacakan untuk diri sendiri, maupun kepada anak maupun orangtua yang tidak bisa membaca doa tersebut sendiri. Lafal bacaan tersebut tinggal disesuaikan apakah untuk laki-laki atau perempuan.

Ustadz Khalid Basalamah juga menganjurkan pembacaan doa di atas dapat dibaca sebanyak 7 kali sambil memegang bagian tubuh yang sakit. Baik untuk tubuh sendiri, maupun untuk orang lain.

3. Cara yang dapat dilakukan agar cepat pulih dari sakit

3. Cara dapat dilakukan agar cepat pulih dari sakit
Freepik/jcomp

Cepat sembuh adalah hal yang diharapkan dari seseorang yang sedang jatuh sakit. Hal ini agar tubuh dapat kembali melakukan aktivitas seperti biasa.

Selain memanjatkan doa kepada Allah SWT, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar tubuh cepat pulih dari sakit. Berikut beberapa caranya:

1. Istirahat yang cukup

Agar tubuh cepat pulih dan dapat beraktifitas kembali seperti biasa, istirahat yang cukup adalah kuncinya. Hal ini agar tubuh mendapatkan kekuatan, sehingga sebisa mungkin jangan terlalu banyak melakukan aktivitas berat saat sedang sakit.

2. Mengonsumsi suplemen

Sebagai pemulihan, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen karena tubuh biasanya akan kekurangan vitamin setelah menderita penyakit yang cukup berat.

3. Mengonsumsi makanan yang memberikan energi

Agar tubuh tidak lemas saat sakit, kamu bisa mengonsumsi makanan yang memberikan energi seperti misalnya susu, telur, sup ayam, bubuk protein, biskuit berserat, dan makanan lain yang dapat meningkatkan kekuatan.

4. Jangan biarkan lesu menguasai tubuh

Meski harus memperbanyak istirahat, namun kamu sebaiknya tidak hanya tiduran saja di rumah terus menerus. Sebab hal ini justru akan membuat tubuh menjadi malas dan lesu.

Jadi, istirahat sebanyak yang diperlukan tetapi tetap melakukan hal-hal dasar seperti lakukan olahraga ringan, mandi secara rutin, dan lain sebagainya.

5. Memperbaiki sistem pencernaan

Saat sakit, sistem pencernaan tubuh umumnya juga ikut terhambat. Agar sistem pencernaan kembali normal, kamu bisa melakukan perbaikan dengan mengonsumsi makanan yang mudah dicerna dan dengan jarak waktu yang pendek.

Itulah doa dan cara yang bisa dilakukan ketika sakit, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Semoga informasinya bermanfaat dan dapat segera pulih dari rasa sakit ya.

Stay safe and healthy!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.