Hindari Gadget, Drama Musikal Bisa Menjadi Pilihan Hiburan Keluarga

Pertunjukan drama musikal dijamin bikin anak nggak ngerasa bosan!

19 Agustus 2019

Hindari Gadget, Drama Musikal Bisa Menjadi Pilihan Hiburan Keluarga
Popmama.com/Ninda Anisya

Berada di era milenial, saat ini anak sudah tidak terlepas dari adanya penggunaan gadget. Peran orangtua sangatlah penting dalam membantu mengurangi penggunaan gadget pada anak.

Banyak cara yang bisa kamu lakuan untuk menghindari penggunaan gadget, selain pergi berlibur untuk memiliki quaility time bersama, kamu juga bisa mengajak anak menyaksikan pertunjukan teater untuk mengenalkan dunia seni padanya.

Jika mengajak nonton bioskop sudah biasa dilakukan para orangtua, mengajak mereka menonton pertunjukan teater yang lengkap dengan dekorasi panggung dan kostum para pemain yang unik. 

Apakah sudah pernah? 

Dengan mengajak anak menonton pertunjukan teater, kamu juga bisa memupuk rasa percaya dirinya dan kembali memperkenalkan budaya yang banyak di tunjukkan pada teater.

Agar tidak melulu termakan zaman dengan maraknya gadget, mengenalkan budaya Indonesia melalui pertunjukan teater bisa lebih menyenangkan, bukan?

Jadi ada baiknya kamu mulai mengenalkan pementasan seni teater pada anak sejak dini.

Selain menghindari penggunaan gadget, dengan menonton teater memiliki banyak keuntungan untuk tumbuh kembangnya.

Yuk, disimak laporan Popmama.com yang berikut ini ya!

1. Meningkatkan rasa cinta pada dunia seni

1. Meningkatkan rasa cinta dunia seni
Popmama.com/Ninda Anisya

Jika anak kamu memiliki kegemaran pada pementasan seni, kamu bisa memulainya dengan mengajak mereka nonton pertunjukan teater drama musikal yang menjadikan anak-anak sebagai pemeran utamanya.

Seperti drama musikal broadway "Into the Woods JR" yang memiliki cerita menarik tentang bagaimana sebuah harapan dan impian di dalam benak setiap karakter dan bagaimana cara mewujudkannya.

Pertunjukan drama musikal ini mengajak anak-anak berbakat yang pada dasarnya sudah memiliki kemampuan dalam bernyanyi.

Kemampuan mereka akan diasah kembali untuk bernyanyi, menari, sekaligus akting diatas sebuah panggung.

Ditemui pada Press Conference Into The Woods JR a Broadway Musical, pada Kamis (15/8/19) di Sugar and Spice Coffee Corner, Jakarta, Pricillya Carla selaku Producer & Vocal Instructor mengatakan, “Kita pengen memperkenalkan anak-anak sebuah panggung yang berbeda, gimana sih sebuah pementasan drama musikal itu.”

Dengan mengajak anak menonton atau bahkan mengikutsertakan mereka dalam pementasan seni, hal ini bisa meningkatkan rasa cinta mereka pada dunia seni dan serta menjadi cara lain untuk mengurangi penggunaan gadget.

Bagaimana? Tertarik mengikutsertakan anakmu dalam seni pementasan?

2. Bisa membuat hubungan anak dan orangtua lebih dekat

2. Bisa membuat hubungan anak orangtua lebih dekat
Freepik/maria_sbytova

Kamu tahu nggak sih? Dengan menonton pertunjukan teater bersama bisa meningkatkan bonding antara anak dan orangtua lho.

Kamu bisa menjelaskan pada anak apa pesan positif yang bisa diambil dari pertunjukan tersebut.

Saat ini sudah banyak teater drama musikal yang diselenggarakan di Indonesia. 

Salah satunya pementasan drama musikal "Into the Woods JR" yang akan diadakan akhir pekan tanggal 25 Agustus 2019 di Usmar Ismail, Jakarta.

Jika kamu ingin mengurangi penggunaan gadget pada anakmu, kamu bisa mengisi liburan akhir pekan keluargamu dengan mengajaknya menonton drama musikal tersebut.

Dijamin anak tidak akan merasa bosan! Sebab tidak hanya akting saja yang diperlihatkan, akan ada tarian dan nyanyian yang dimainkan oleh para pemeran drama musikal tersebut.

Selain itu, kostum yang unik dan pencahayaan panggung akan membuat pertunjukan semakin menarik. Yuk, sudah pesan tiketnya?

Editors' Picks

3. Sarana mengenalkan adat dan budaya

3. Sarana mengenalkan adat budaya
Freepik/chokniti

Semakin maraknya penggunaan gadget, membuat kecintaan anak akan sejarah semakin berkurang. Dengan mengajak mereka menyaksikan pertunjukan teater, kamu bisa mengenalkan sejarah pada mereka dengan cara yang sangat menyenangkan.

Meski tidak semua pertunjukan teater mengandung unsur sejarah yang menampilkan adat dan budaya, tetapi hampir sebagian besar pertunjukan memiliki unsur tersebut didalamnya.

Dimulai dari jalan cerita, bahasa, kostum, hingga dekorasi panggung yang dipertunjukan.

Selesai pertunjukan kamu juga bisa berdiskusi mengenai hal menarik apa yang bisa kamu perbincangkan dengan anak. Selain itu, kamu bisa membuat anak berpikir kritis lho. Dengan menonton pertunjukan teater, anak diajak untuk bisa menangkap isi cerita yang mereka saksikan.

4. Meningkatkan rasa percaya diri

4. Meningkatkan rasa percaya diri
Freepik/teksomolika

Anak yang terlalu aktif bermain gadget biasanya akan membuat mereka menjadi lebih banyak berdiam di rumah dan sosialisasi mereka pada dunia luar pun berkurang. Jika sudah begitu, anak akan memiliki rasa percaya diri yang buruk.

Terbukti jika adanya pertunjukan teater bisa melatih rasa kepercayaan dalam diri anak dan meningkatkan kemampuan mereka dalam bersosialisasi.

Mengajak mereka menonton pertunjukan seni ternyata bisa melatih rasa kepercayaan dirinya juga nih. Jika biasanya mereka masih malu-malu di sekolah, setelah menonton pertunjukan maka kemungkinan besar mereka akan tertarik dengan bermain peran di sekolah.

5. Belajar meningkatkan rasa empati dan toleransi

5. Belajar meningkatkan rasa empati toleransi
Freepik/pressfoto

Pementasan seni teater juga bisa menjadi saran dalam menyampaikan pesan moral. Menyaksikan pertunjukan teater bisa membangun toleransi dan empati penontonnya.

Tidak hanya penonton dewasa, anak-anak pun bisa mengambil pesan dari pola pikir dan emosi yang diperagakan oleh pemain dalam pertunjukan. Sebab dalam teater biasanya akan menampilkan tokoh baik dan jahat serta bagaimana mereka akan menyelesaikan permasalahan dalam cerita tersebut.

Nah, dengan beginilah anakmu akan belajar memiliki rasa empati dan toleransi tinggi melalui pertunjukan teater yang mereka saksikan. Sangat bermanfaat, bukan?

Selain bisa menjadi alternatif dalam mengurangi penggunaan gadget, ternyata manfaat menonton pertunjukan teater secara langsung memiliki pengaruh begitu besar dalam membentuk karakter anak.

Jadi, tunggu apa lagi? Jika kamu bingung ingin menghabiskan akhir pekan kemana, yuk mulai cek jadwal pertunjukan apa saja yang akan tayang pada minggu ini. Jangan melulu mengajaknya ke bioskop, menonton pertunjukan seni teater bisa menjadi hal baru yang menyenangkan, bukan?

Eits! Tapi ingat ya, pastikan untuk memilih pertunjukan yang sesuai dengan kategori usia anakmu. Semoga akhir pekanmu dan keluarga menyenangkan, ya!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;