Eksklusif: Pandemi Tak Jadi Hambatan bagi Nyimas Bunga untuk Tetap Bermain Skatebord dan Mengukir Prestasi

Tetap produktif, Nyimas Bunga buktikan bahwa pandemi bukanlah hambatan untuk berhenti bermain skateboard

21 Juli 2021

Eksklusif Pandemi Tak Jadi Hambatan bagi Nyimas Bunga Tetap Bermain Skatebord Mengukir Prestasi
Dok. Nyimas Bunga

Adanya pandemi Covid-19 yang melanda hampir di seluruh dunia tentu membuat banyak sektor atau tenaga pekerjaan yang terdampak, salah satunya adalah para atlet di berbagai bidang olahraga.

Jika umumnya para atlet dapat dengan bebas berlatih dan berkompetisi, di tengah pandemi ini justru banyak kompetisi baik nasional maupun internasional yang terpaksa ditiadakan. 

Seperti yang dirasakan oleh atlet muda berbakat, Nyimas Bunga Cinta. Sebagai seseorang yang menekuni hobi skateboard, perempuan berusia 15 tahun ini terus melebarkan sayapnya dan semakin dikenal sebagai seorang atlet skateboard perempuan di usia muda.

Sebagai seorang skateboarder, adanya pandemi tentu membuat banyak perubahan bagi perempuan yang biasa disapa Bunga ini.

Melalui wawancara ekslusif dalam Popmama Little Star edisi sepsial Hari Anak Nasional, Bunga menyebutkan, “Waktu awal pandemi kayaknya aku jarang megang skate. Sedih juga karena banyak kompetisi yang aku lewati dan nggak bisa keluar juga.”

Meski sempat merasakan kesedihan karena tidak dapat berkompetisi, peraih medali pada ajang bergengsi Asian Games 2018 dan Sea Games 2019 ini menyebutkan bahwa kini pandemi bukanlah penghalang baginya untuk tetap mengasah bakatnya di olahraga yang cukup ekstrem tersebut.

Melalui wawancara eksklusif bersama Nyimas Bunga Cinta, berikut Popmama.com telah merangkum informasi selengkapnya.

1. Pandemi bukanlah hambatan untuk tetap berkarya

1. Pandemi bukanlah hambatan tetap berkarya
Instagram.com/nyimasbungacinta

Di tengah pandemi yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun lamanya, perempuan yang biasa disapa Bunga ini mengaku bahwa pandemi bukanlah hambatan baginya untuk tetap berlatih dan meraih mimpi.

Saat awal pandemi, Bunga mengaku sempat berhenti bermain skate untuk beberapa waktu. Ia juga bertanya-tanya kepada dirinya sendiri saat itu, "Kenapa harus ada virus (pandemi) ini?"

Pertanyaan tersebut terlontar karena banyak kompetisi yang harus tertunda dan membuatnya tidak bisa meneruskan impiannya untuk sementara waktu.

Meski sempat merasakan hal seperti itu, namun gadis kelahiran Jakarta ini mengaku bahwa kini ia sudah mulai terbiasa dan tetap berlatih dengan baik untuk meneruskan impiannya sebagai skateboarder yang dapat dikenal oleh banyak orang.

Editors' Picks

2. Hal yang dilakukan Bunga saat bermain skateboard di tengah pandemi

2. Hal dilakukan Bunga saat bermain skateboard tengah pandemi
Screenshot virtual interview bersama Popmama.com

Bunga mengaku dimasa awal pandemi kemarin, ia memang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Ia mengatakan, "Waktu awal 2020 pas pandemi itu kayaknya aku jarang megang skate karena aku sekolah."

Selain disibukan dengan sekolah daring, Bunga juga mengaku saat itu Indonesia tengah menerapkan PSBB yang membuatnya tidak dapat bermain skateboard seperti biasanya.

"Nah kalau sekarang justru udah sering main skate lagi, jadi aku lebih bersahabat sama skate dan pandemi sekarang. Soalnya kan masih sekolah online juga, jadi lebih banyak main skate," ujarnya.

Mulai lebih berani dan kembali beraktifitas di dunia skateboard, Bunga mengaku tidak ada persiapan khusus selama bermain skateboard di tengah pandemi. Namun, sebagai orangtua yang tetap memprioritaskan kesehatan sang anak, Pak Didiet selaku Papa dari Bunga menyebutkan:

“Aku ngelepas dia main skate ya pasti juga ada perkiraan kayak aku bawain masker dan hand sanitizer. Terus abis pulang itu alat-alatnya aku semprot disinfektan, baru aku suruh mandi. Ya prokes tetap lah, karena kan itu bukan anjuran dari pemerintah yang harus dipatuhi kalau aku melihatnya, tetapi kebutuhan pribadi sendiri unutuk kesehatan kita,” ujar Pak Didiet.

3. Rutin tes Covid-19 dan istirahat yang cukup sebelum bermain skateboard

3. Rutin tes Covid-19 istirahat cukup sebelum bermain skateboard
Dok. Nyimas Bunga

Tak hanya dibekali perlengkapan yang dianjurkan sebagai protokol kesehatan, Bunga juga mengaku bahwa ia rutin melakukan tes pemeriksaan Covid-19 dan selalu memerhatikan kondisi kesehatan tubuhnya.

Ketika ditanya apakah ia merasa cemas atau takut saat bermain skateboard di tengah pandemi, Bunga menjawab, "Takut sih nggak, kebetulan aku rutin PCR dan alhamdulillah aman. Mungkin kalau kondisi badan lagi nge-drop, aku istirahat dulu skate-nya."

4. Harapan Bunga jika pandemi berakhir

Sebagai generasi muda yang turut mengharumkan nama bangsa lewat cabang olahraga, Bunga merasa sedih ketika ia harus melewati banyak kompetisi lantaran adanya pandemi ini.

"Karena pandemi, banyak kompetisi yang aku lewati. Harusnya aku nyari ranking buat masuk olimpiade, tapi karena Indonesia waktu awal pandemi itu lagi marak banget (kasusnya), aku jadi nggak bisa ikut," cerita Bunga.

Mengetahui cerita tersebut, ketika ditanya apa harapan Nyimas Bunga jika pandemi Covid-19 ini berakhir?

Ia pun dengan semangat menjawab ingin mengeksplor lebih banyak terkait trik skateboard yang ia miliki, serta melakukan trip ke luar negeri untuk bertemu dan bermain bersama skateboarder lainnya.

"Aku pengin lebih eksplor (trik skateboard) lagi. Terus juga mungkin keliling skate park di seluruh Indonesia dan skate trip ke luar negeri, itu sih yang paling aku tunggu. Soalnya di Indonesia juga masih minim tempat buat mengeksplor trik baru. Kalau di Amerika gitu kan tempatnya tinggi-tinggi, enak buat terbang-terbangan. Nah, kalau di Indonesia mungkin harapannya nanti fasilitasnya bisa lebih banyak kayak gitu kali ya," harapnya.

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Popmama Little Star
Millennial Mama

Popmama Little Star

Anak Indonesia harus bahagia!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.