Eksklusif: Tetap Berkarier, Niken Anjani Ingin Mengajarkan pada Anaia Peran Mama dan Perempuan Karier

Besar di dunia entertain, Niken tetap ingin berkarier sekaligus menjalani peran sebagai Mama

21 Juni 2021

Eksklusif Tetap Berkarier, Niken Anjani Ingin Mengajarkan Anaia Peran Mama Perempuan Karier
Popmama.com/Michael Andrew
Seluruh kegiatan photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Sebagai seorang perempuan yang memiliki jiwa aktif dalam berbagai kesempatan, karier Niken Anjani dalam dunia entertain terbilang cukup cemerlang. Perempuan kelahiran 1987 ini sudah memulai kariernya sejak 11 tahun silam, tepatnya pada 2008. 

Besar di dunia entertain selama belasan tahun, ini yang membuat Niken mulai merindukan perannya sebagai seorang selebriti Tanah Air. 

Menurutnya, "Karena at the end of the day, sebelum menjadi Mama, saya sudahmenjadi seorang perempuan karier dan saya nggak mau ninggalin itu."

Meski sudah menjadi seorang mama, ia akan melanjutkan kariernya di dunia akting, namun tetap tidak melupakan kewajibannya sebagai seorang mama baru yang harus merawat dan membesarkan Anaia.

Tak hanya itu, Millennial Mama of The Month Juni 2021 ini juga menyebutkan akan mengajarkan kepada putri pertamanya bahwa sang Mama adalah seorang perempuan karier. Sehingga nantinya, baby Anaia diharapkan dapat mengikuti jejak sang Mama dengan tetap bekerja dan menjalani peran sebagai ibu rumah tangga.

Lantas, bagaimana perjalanan karier Niken Anjani hingga menjadi seorang mama? 

Berikut Popmama.com rangkum cerita lengkap dan eksklusif dari Niken Anjani!

1. Ingin mengajarkan kepada Anaia perihal perempuan berkarier

1. Ingin mengajarkan kepada Anaia perihal perempuan berkarier
Popmama.com/Michael Andrew
Seluruh kegiatan photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Belum genap berusia 2 bulan, saat ini Niken masih menikmati momen bersama buah hatinya sekaligus memberikan ASI eksklusif untuk baby Anaia.

Meski demikian, ketika ditanya perihal kembalinya Niken ke dunia akting, ia menyebutkan bahwa untuk saat ini akan mempertimbangkan terlebih dahulu.

Sebab menurutnya, "Kalau selama menyusui, mungkin untuk ambil job itu akan menjadi pertimbangan khusus, karena saya ingin tetap menyusui, tapi juga tetap bisa beraktifitas."

Namun saat usia baby Anaia sudah melewati tahap pemberian ASI eksklusif, hal ini menurutnya tidak menuntup kemungkinan untuk tetap berkarier dan menjalani perannya sebagai seorang mama.

Tak hanya itu, Niken juga ingin mengajarkan kepada buah hatinya bahwa sang Mama bisa menjalani peran sebagai perempuan karier sekaligus ibu rumah tangga.

"Jadi saya mau ngasih contoh seperti itu. Mungkin suatu saat Anaia juga mau jadi perempuan karier atau apapun itu terserah, tetapi ya ternyata jadi perempuan bekerja tuh bisa juga kok menjalani peran sebagai mama," jelasnya.

Editors' Picks

2. Tetap menjadi Niken yang dahulu sebelum menjadi seorang mama

2. Tetap menjadi Niken dahulu sebelum menjadi seorang mama
Popmama.com/Michael Andrew
Seluruh kegiatan photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Sering memerankan sosok mama di berbagai film, inilah yang mungkin menjadikan Niken merasa dirinya tetaplah Niken yang dahulu. Sebab ia sudah terbiasa dan mulai memahami bagaimana peran seorang mama.

Menurutnya, "Dalam hal karier, saya tetap merasa orang yang sama seperti dulu. Pokoknya tetap menjadi Niken yang dulu, baik sebelum punya anak dan semenjak punya anak."

Niken menyebutkan, menjadi seorang mama tidak membuatnya patah semangat, bahkan meninggalkan dunia entertain yang telah membesarkan namanya. Namun, hal yang membedakan dari perannya sebagai seorang selebriti dan seorang mama adalah tanggung jawab. 

"Mungkin berubahnya adalah lebih ke tanggung jawab aja. Tanggung jawab menjadi seorang mama untuk anak, dan tanggung jawab untuk pekerjaan."

3. Dukungan dari suami untuk tetap berkarier

3. Dukungan dari suami tetap berkarier
Popmama.com/Michael Andrew
Seluruh kegiatan photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Setelah sempat vakum karena proses melahirkan dan merawat sang buah hati, Niken juga menyebutkan bahwa ia merindukan kegiatannya sebagai seorang selebriti.

Untungnya, ia memiliki suami yang dapat memberikan dukungan sepenuhnya untuk kembali ke dunia entertain. Niken mengaku, ia pernah membicarakan perihal kariernya bersama sang suami, Adimaz Pramono.

Seperti yang diketahui bersama, Adimaz merupakan anak dari Dewi Motik Pramono, seorang pengusaha perempuan yang namanya sudah banyak dikenal lantaran keaktifannya dalam berbagai kegiatan usaha, pendidikan, dan kemasyarakatan. 

Dibesarkan oleh seorang perempuan karier, inilah yang membuat Adimaz turut memberikan dukungan untuk sang istri dan tidak membatasi Niken dalam menjalankan perannya sebagai seorang selebriti.

"Jadi punya anak ya punya anak, tetapi karir juga tetap berjalan. Selama masih cocok (dengan pekerjaan yang ditawarkan), selama masih bisa, kenapa nggak?"

4. Cara Niken membagi waktunya antara berkarir dan seorang mama

4. Cara Niken membagi waktu antara berkarir seorang mama
Popmama.com/Michael Andrew
Seluruh kegiatan photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Sebagai seorang mama baru, tentu Niken memiliki kebiasaan baru pula yang digunakan dalam membagi waktu untuk diri sendiri, pekerjaan, dan merawat sang buah hati.

Ketika dirinya mendapat pekerjaan dalam satu waktu, Niken mengaku akan mempersiapkan segala keperluannya sehari sebelum bekerja, dan akan bangun lebih awal untuk menghabiskan waktu dengan dirinya sebelum sang anak bangun.

"Pokoknya saya itu sekarang jadinya bangun duluan, ini bedanya dari waktu belum punya anak. Kalau dulu mungkin bisa bangun lebih siang, sedangkan pas ada Anaia, kalau lagi ada kerjaan itu jadi bangun lebih pagi untuk metime sebelum Anaia bangun," ujar Niken.

Jadi, hal yang dilakukan Niken dalam membagi waktunya untuk pekerjaan dan mengurus anak adalah dengan bangun lebih awal, serta mempersiapkan segala kebutuhannya sehari sebelum bekerja.

5. Me time berkurang, Niken tidak mempermasalahkan

5. Me time berkurang, Niken tidak mempermasalahkan
Popmama.com/Michael Andrew
Seluruh kegiatan photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Ketika memilih untuk terus berkarier dan menjalankan tugasnya sebagai seorang istri dan mama baru, Niken mengaku bahwa waktu untuk dirinya sendirilah yang menjadi berkurang.

Meski demikian, Niken merasa hal ini bukanlah masalah. Ia menyebutkan, "Karena saya suka dan cinta pekerjaan saya. Jadi itu bisa dibilang me time yang bikin saya senang juga."

Sebagai seorang perempuan karier yang sudah terbiasa dengan pekerjaan, Mama dari baby Anaia ini justru mengaku merasa bingung jika harus berdiam diri di rumah.

Inilah yang pada akhirnya membuat seorang Niken Anjani memantapkan hati untuk kembali meneruskan kariernya pada dunia hiburan Tanah Air.

"Saya cinta pekerjaan saya. Tinggal bagaimana caranya bisa mengatur waktu antara pekerjaan dengan Anaia. Saya nggak mungkin melakukan itu semua tanpa support system yang baik. Ingin sukses karier dan keluarga kuncinya adalah support system," ujar Niken Anjani.

#MillennialMama of the Month Edisi Juni 2021 – Niken Anjani

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Photographer - Michael Andrew
Stylist - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter – Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Erdiyanti
Design - Aristika Medinasari & Hilyatul Auliya Habib
Wardrobe - MORAL x Starry (Niken) & Mothercare (Anaia)

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Niken Anjani
Millennial Mama

Niken Anjani

"Apapun yang berkaitan dengan hak Anaia, akan saya lakukan."

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.