Membanggakan! Ini 7 Film Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri

Kamu sudah menonton deretan film terkenal berikut?

26 September 2021

Membanggakan Ini 7 Film Indonesia Terkenal Luar Negeri
Freepik/yanalya

Bagi kamu pecinta dunia perfilman, tentu deretan film Tanah Air berikut ini sudah tak asing lagi kamu dengar. Film-film yang terkenal di Indonesia ini, ternyata juga meramaikan kancah internasional lho!

Dunia perfilman Indonesia saat ini memang sudah alami kemajuan yang begitu pesat. Mulai dari pengambilan gambar, serta alur cerita yang penuh makna.

Hasilnya, beberapa film karya anak bangsa pun berhasil tembus festival internasional dan terkenal diberbagai belah dunia. Patut diapresiasi, berikut Popmama.com telah merangkum 5 film Indonesia yang terkenal di luar negeri.

Kamu sudah nonton kelimanya?

1. Laskar Pelangi

Siapa tidak mengetahui film legendaris sepanjang masa, Laskar Pelangi. Film satu ini berhasil meraih berbagai apresiasi baik dari festival nasional maupun internasional, salah satunya adalah International Festival of Film for Children and Young Adults di Hamedan, Iran sebagai The Golden International Film. 

Film yang disutradarai Riri Riza ini sukses meramaikan kancah internasional dengan alur cerita yang penuh makna, serta sisi pengambilan gambar yang berlatar di Belitung dan menjadi destinasi yang wajib dikunjungi.

2. Kucumbu Tubuh Indahku

Mengangkat isu LGBT, film yang disutradari Garin Nugroho pada tahun 2018 ini ternyata sempat menimbulkan kontroversi nih.

Namun dari kontroversi tersebut, siapa sangka bahwa film Kucumbu Tubuh Indahku justru berhasil membawa pulang penghargaan bergengsi pada Asia Pasific Screen 2018, International Cinephille Society Awards 2019, dan Guadalajara International Film Festival 2019.

Memang keren banget deh alur ceritanya! Kamu sudah nonton?

Editors' Picks

3. Gundala

Di tahun 2019 lalu, film karya anak bangsa Gundala berhasil bersaing dengan film Hollywood seperti Joker, Knives Out, dan Radioactive dalam penghargaan People’s Choice’s Award. Film karya sutradara Joko Anwar ini diangkat dari komik buatan Harya Suraminata dan berhasil tayang di Toronto International Film Festival 2019. 

4. Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak

Film karya anak bangsa lainnya yang terkenal di kancah internasional adalah Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak. Film yang diperankan aktris bertalenta Marsha Timothy ini berhasil meraih 10 dari 15 kategori di Festival Film Indonesia tahun 2018.

Dalam sejarahnya, film ini berhasil masuk dalam penghargaan internasional FIFFS Maroko edisi ke 11, Catalonian International Film Festival tahun 2017, Tokyo FilmEx 2017, dan film terbaik dalam Asian Next West Wave the Qcinema Film Festival Filipina. Keren, patut diapresiasi nih!

5. Sekala Niskala

Film karya Kamila Andini juga menjadi film Tanah Air yang turut berjaya di luar negeri. Sekala Niskala berhasil meraih penghargaan Film Terbaik dalam Berlinale International Film Festival tahun 2018 di Berlin.

Tak hanya itu saja, film Sekala Niskala yang tayang pada tahun 2017 silam juga berhasil meraih penghargaan lainnya seperti Film Terbaik Festival Film Asia Netpac Jogja (JAFF), Film Terbaik Tokyo FilmEx, dan Film Remaja Terbaik di Asian Pasific Screen Award. Luar biasa!

6. Pengabdi Setan

Satu lagi karya Joko Anwar yang sukses meraih rekor dalam dunia perfilman. Film Pengabdi Setan yang tayang pada tahun 2017 silam ini berhasil menambahkan warna baru dalam film horor Tanah Air.

Dengan total sekitar 4.206.103 penonton, film Pengabdi Setan menjadi film terlaris pertama di tahun 2017.

Tak hanya sukes di Tanah Air, film tersebut pun tayang di 42 negara dan masuk ke dalam 40 festival film internasional dan mendapat piala kategori “Film Horor Terbaik” di ajang Toronto After Dark Film Festival, Overlook Film Festival, dan Popcorn Frights Film Festival.

7. Turah

Meski tak menggunakan bahasa Indonesia yang formal, film Turah yang menggunakan bahasa Tegal ini justru melaju cukup pesat pada kancah internasional.

Film karya Wicaksono Wisnu Legowo ini berhasil meraih penghargaan mulai dari Singapore International Film Festival 2016, Bengaluru International Film Festival 2017, sampai Asean International Film Festival and Award 2017.

Mantap banget deh film-film Tanah Air, makin bangga! Semoga film lainnya juga bisa menyusul meramaikan kancah perfilman internasional. Jangan lupa untuk selalu mendukung perfilman Indonesia agar lebih maju ya!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.