Keunggulan dan Manfaat Susu Organik bagi Tubuh

Apa sih susu organtik itu?

11 Oktober 2020

Keunggulan Manfaat Susu Organik bagi Tubuh
Freepik

Banyak orang mulai memilih gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang organik, hal ini karena produk olahan dari organik dinilai lebih sehat untuk tubuh.

Organik sendiri merupakan makanan atau minuman tersebut terbebas dari bahan kimia yang ada. Produk dari olahan organik pun kini mulai meluas, mulai dari makanan yang didapat dari pertanian, hingga susu yang bisa diminum siapa saja.

Tetapi berbeda dari susu pada umumnya, apa itu susu organik? Di bawah ini Popmama.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai informasi lengkap dari susu organik.

Yuk, disimak!

Editors' Picks

1. Apa itu susu organik?

1. Apa itu susu organik
Pexels/Pixabay

Sebelum mengetahui apa itu susu organik, yang perlu diketahui pertama apa itu susu?

Susu adalah cairan berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia, bukan hasil dari tumbuhan.

Penjelasan susu organik

Susu organik adalah susu yang melalui proses organik merupakan susu segar yang diolah dengan pasteurisasi. Hal ini karena proses tersebut memerhatikan bagaimana makanan dan minuman yang sehat untuk sapi hingga menjaga kualitas udara atau lingkungan area peternakan.

Susu organik dan susu pada umumnya sebenarnya jika dilihat dari sisi nutrisi yang dihasilkan tidak jauh berbeda. Hanya saja pada susu organik tidak adanya kandungan bahan kimia.

Itulah mengapa sapi ternak yang menghasilkan susu organik harus diberi makanan yang bebas pupuk kimia atau pestisida serta bukan berasal dari benih yang direkayasa secara genetik. 

2. Keunggulan susu organik

2. Keunggulan susu organik
Freepik/ pressfoto

Proses produksi yang berbeda dari susu pada umumnya ternyata membuat susu organik memiliki beberapa keunggulan, keunggulan tersebut ialah:

  • Bebas antibiotik dan hormon tambahan

Susu pada umumnya berasal dari sapi yang telah disuntikan antibiotik untuk mencegah terjadinya mastitis atau infeksi pada jaringan kelenjar susu. Sementara penyuntikan hormon dilakukan agar produksi susu dari sapi menjadi lebih banyak.

Sementara susu organik biasanya berasal dari sapi ternak yang tidak disuntikan antibiotik dan telah dilakukan pengamatan pada hwan ternaknya apakah layak untuk menghasilkan susu organik atau tidak.

Penggunaan antibiotik pada sapi bisa menimbulkan adanya residu antibiotik pada susu. Menurut studi yang diterbitkan Journal of Clinical and Diagnostic Research, residu antibiotik pada susu dapat menimbulkan masalah kesehatan, yang bisa memicu munculnya reaksi alergi.

  • Mengandung asam lemak sehat yang seimbang

Sebuah studi yang yang diterbitkan pada British Journal of Nutrition menyebutkan adanya perbedaan kandungan gizi antara susu pada umumnya dengan susu organik. Susu organik diyakini memiliki kandungan 56% lebih banyak asam lemak omega 3, 69% lebih banyak asam alfa-linoleat, serta perbandingan asam lemak omega 3 dan omega 6 yang seimbang.

Asam lemak tersebut saling bekerja sama untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga dipercaya dapat mencegah risiko penyakit jantung, lupus, stroke, eksim, dan rheumatoid arthritis (rematik).

  • Rasanya lebih enak dari susu pada umumnya

Dalam studi yag dikeluarga pada jurnal Biological Agricultural and Horticulture, peserta penelitian tersebut mengatakan bahwa susu organik memiliki rasa yang lebih kental dan alami. Sehingga rasa dari susu organik dikatakan lebih enak dan khas dari susu pada umumnya. 

3. Manfaatnya bagi kesehatan tubuh

3. Manfaat bagi kesehatan tubuh
Freepik

Dari ketiga keunggulan diatas, berikut adalah beragam manfaat yang didapat dari susu organik:

  • Meningkatkan perkembangan kognitif

Susu organik dipercaya memiliki omega-3 yang lebih banyak dari susu pada umumnya, ini tentu saja membantu perkembangan otak yang akan membuat kecerdasan serta keterampilan sosial seseorang menjadi lebih baik.

Mencukupi asupan omega-3 dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, serta koordinasi antara mata dengan tangan yang lebih baik.

  • Mendukung pertumbuhan tulang dan gigi sehat

Susu organik diperkaya vitamin D dan vitamin K. Dari vitamin D seseorang bisa mendapatkan penyerapan kalsium yang diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi. Sementar dari vitamin K yang dihasilkan juga baik dalam pembentukan tulang dan gigi.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Masalah saluran pencernaan seringkali dialami banyak orang, itulah mengapa seseorang harus menjaga saluran pencernaan mereka agar daya tahan tubuh jauh lebih kuat. Salah satunya bisa didapat dari susu organik.

Susu organik mengandung frukto-oligosakarida (FOS) dan galakto-oligosakarida (GOS) yang mampu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Kedua nutrisi ini merupakan prebiotik yang dapat meningkatkan dan menjaga jumlah bakteri baik di dalam usus. Sebab jika saluran pencernaan baik, maka daya tahan tubuh pun akan jauh lebih kuat.

  • Mendukung pola hidup yang sehat

Seperti paparan sebelumnya bahwa susu organik dihasilkan dari sapi perah yang dikembangbiakkan tanpa obat-obatan maupun hormon pertumbuhan, hal ini tentu saja mendukung gaya hidup sehat yang berkelanjutan.

Itulah informasi mengenai susu organik yang perlu kamu ketahui, sudah mencoba dan merasakan manfaatnya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.