7 Makanan Indonesia yang Mendunia

Soto Betawi terbang ke Tokyo!

21 Desember 2019

7 Makanan Indonesia Mendunia
Ksmtour.com

Memiliki citra rasa kuliner yang terkenal dengan keaslian dan bagaimana identitas bangsa ditunjukkan, banyak makanan khas Indonesia saat ini sudah tak asing lagi di berbagai belahan dunia.

Memiliki rasa yang kaya akan rempah, tak heran jika masyarakat Internasional juga menyukai makanan khas asal Indonesia. Seperti beberapa makanan asal Indonesia yang sudah mendunia karena rasanya yang dapat memikiat masyarakat dari berbagai belahan dunia.

Kira-kira makanan apa saja yang namanya sudah mencapai pasar Internasional? Yuk, simak jawaban lengkapnya di bawah ini!

1. Tempe

1. Tempe
Freepik/endriq007

Salah satu makanan yang sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia adalah Tempe. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang bisa digabungkan atau disajikan dengan berbagai macam cara yang bervariatif ini ternyata juga sudah mendunia lho!

Seperti masyarakat Jepang yang membuat tempe sebagai salah satu menu makanan hidangan favorit mereka. Hal ini berawal dari seseorang yang menjual tempe dalam sebuah bazar kuliner Jepang. Sekali mencoba, siapa sangka mereka langsung menyukainya!

2. Rendang

2. Rendang
Seriouseats.com

Salah satu menu makanan yang selalu digemari masyarakat Indonesia ini juga tersohor hingga penjuru dunia. Rendang, makanan khas asal Sumatera Barat yang kaya akan rasa rempah lokal ini berada di posisi pertama dalam jajaran 50 makanan dunia terenak versi CNN yang diadakan di Jerman beberapa waktu lalu.

Rasanya yang khas dan daging yang empuk menjadi faktor penentu utama dari rendang itu sendiri. Tak jarang jika rendang menjadi salah satu makanan Indonesia yang dengan mudah mendapat hati dari masyarakat di belahan dunia.

Editors' Picks

3. Gado-gado

3. Gado-gado
Goodfood.com.au

Jika biasanya kebanyakan salad sayur dipadukan dengan lumuran mayonaise, Indonesia juga memiliki salad sayur yang tak kalah nikmat. Gado-gado, makanan khas Jawa yang biasa disebut sebagai "saladnya" Indonesia juga cukup terkenal di luar negeri, terutama di Napoli, Italia.

Hal ini dikarenakan gado-gado pernah diikutsertakan dalam kompetisi yang bersaing dengan hidangan dari negara-negara lainnya dan meraih juara pertama.

Terhitung dari nilai estetika yang dimiliki, keunikan bahan yang digunakan, serta cita rasa yang dinilai sangat tinggi. Bosan dengan salad sayur yang dipadukan dengan mayonaise, saatnya mencoba salad asal Indonesia yang dilumuri dengan bumbu kacang yang nikmat!

4. Sop buntut sapi

4. Sop buntut sapi
Epicurious.com

Selain digemari oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia, sop buntut sapi ternyata juga disukai oleh masyarakat Spanyol lho!

Mereka menyukai makanan ini sejak pertama kali kedutaan Indonesia di Italia memperkenalkan keberagaman makan khas kita, masyrakat Spanyol ternyata banyak menyukai hidangan sapi dengan adanya sop buntut ini.

5. Sate

5. Sate
Asianfoodchannel.com

Makanan asal Indonesia yang terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi, kemudia disajikan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate memang masih menjadi primadona siapa saja.

Tak hanya menjadi primadona di negeri sendiri, sate padang dan sate madura menjadi varian sate yang paling dikenal sekaligus favorit banyak orang tak terkecuali masyarakat Internasional.

Belakangan, tidak hanya wisatawan asing yang mencari dan ingin mencoba sate, tetapi sejumlah restoran internasional telah memasukkan sate dalam menunya. Seperti di kota New York, terdapat sebuah restoran bernama Satay Junction yang menyediakan sate ayam sebagai hidangan andalannya.

6. Gudeg

6. Gudeg
Flickr.com/irenewong

Jika pergi ke Yogyakarta, tidak afdol jika tidak memakan makanan khas daerah khas kota pelajar itu. Salah satu makanan khas mereka adalah gudeg.

Makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengasantan ini telah menarik perhatian masyarakat Indonesia, bahkan di kalangan internasional. Pasalnya, banyak negara yang ingin mengimpornya dalam bentuk kalengan.

Menariknya lagi, di Melbourne, Australia, terdapat satu restoran yang telah menyajikan gudeg asli dari Indonesia, tepatnya di Clayton Road. Mantap sekali kan!

7. Soto Betawi

7. Soto Betawi
Popmama.com/Novy Agrina

Tak hanya sate yang memiliki berbagai varian, soto juga memiliki berbagai varian yang tersebar di berbagai wilayah, antara lain Soto Betawi, Coto Makassar, soto ayam, soto sapi, dan soto babat.

Aktor sekaligus Komisaris Codafood yang merupakan perusahaan rintisan atau startup yang fokus memasarkan kuliner khas Indonesia di pasar internasional, Herjunot Ali, memiliki misi dan visi untuk memasarkan sekaligus memperkenalkan kuliner Indonesia ke luar negeri. Misi tersebut berawal dari hobinya yang suka mencicipi makanan khas Indonesia, salah satunya Soto Betawi.

Junot mengatakan, salah satu tempat makan soto betawi ternama di Indonesia yaitu Soto Betawi Bang Rojak nantinya di Jepang namanya akan diubah jadi Soto Betawi Miyamoto yang rencananya akan buka pada kuartal pertama 2020.

"Jadi awal tahun udah ada outlet di sana untuk memancing turis mancanegara untuk cobain soto kami. Untuk pemilihan tempat, kami pilih yang strategis area yakni tempat yang trafiknya paling banyak,” kata Junot yang ditemui pada konferensi pers Codafood, di Restoran Bale Lombok, Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Junot bekerjasama dengan beberapa partner untuk mengembangkan usahanya. Ia memiliki mimpi besar agar makanan enak asal Indonesia bisa mendunia.

"Saya berharap di luar negeri bukan hanya ada Korean Town saja, tapi mungkin ke depannya ada Indonesian Town," kata Junot.

Wah, keren nih semakin banyak kuliner Indonesia yang akan go international! Tentu saja sebagai warga negara Indonesia kita juga semakin bangga dong! Dari 7 makanan yang mendunia asal Indonesia tersebut, kalau kamu sendiri paling suka yang mana nih?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk