Ampuh! 10 Makanan dan Minuman untuk Membersihkan Paru-Paru

Benarkah bisa bersihkan paru-paru yang kotor?

3 April 2020

Ampuh 10 Makanan Minuman Membersihkan Paru-Paru
Pixabay/rawpixel

Sudah bukan rahasia lagi jika rokok merupakan salah satu penyebab utama paru-paru menghitam, bahkan rusak. Bukan hanya rokok, udara yang kotor pun bisa membuat paru-paru menjadi kotor dan rusak.

Dikelilingi oleh perokok dan sering mengirup udara kotor tentu menjadi makanan sehari-hari kebanyakan orang, terlebih bagi mereka yang tinggal di kota besar dan memiliki gaya hidup yang kurang sehat.  Otomatis risiko masalah pernapasan seperti asma, bronkitis, hingga pneumonia pun meningkat.

Mulai menghentikan kebiasaan merokok mungkin bisa menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan paru-parumu. Tak hanya itu, menyeimbangi dengan makanan dan minuman yang mengandung antioksidan ternyata bisa untuk membersihkan paru-paru juga lho!

Berikut Popmama.com telah merangkum daftar 10 makanan dan minuman yang ampuh membantu membersihkan paru-paru, disimak yuk!

1. Brokoli

1. Brokoli
Freepik/Racool_studio

Sayuran hijau satu ini dipercaya emngandung vitamin C,karotenoid, folat, dan fitokimia yang bisa membantu mencegah kerusakan paru-paru. Tak hanya itu, brokoli juga disebut memiliki senyawa aktif bernama L-sulforaphane, yang bisa mengelabui sel pengaktif gen anti-inflamasi agar pernapasan menjadi sehat.

Baca juga: Lezat dan Penuh Gizi, Ini dia 7 Manfaat Brokoli untuk Anak

2. Bawang putih

2. Bawang putih
Pexels/Buenosia carol

Salah satu bahan makanan yang satu ini memang dikenal sebagai makanan pembersih paru-paru. Hal ini karena bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi. Kadar allicin dalam bawang putih bisa membantu melawan infeksi dan peradangan yang efektid meredakan gejala asma serta berpotensi mengurangi risiko paru-paru.

3. Jahe

3. Jahe
Pixabay/congerdesign

Selain bawang putih, jahe juga menjadi bahan makanan super yang dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit. Jahe juga masuk dalam daftar makanan pembersih paru-paru karena dipercaya bisa menghilangkan racun dari saluran pernapasan.

4. Kacang-kacangan

4. Kacang-kacangan
Freepik/azerbaijan_stockers

Paru-paru membutuhkan kadar hemoglobin yang sehat agar berfungsi dengan baik dalam menyebarkan oksigen. Makanan yang bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah salah satunya adalah kacang-kacangan. Makanan yang sering dijadikan sebagai camilan ini ternyata bisa untuk membantu menjaga kesehatan paru juga ya!

Editors' Picks

5. Yogurt

5. Yogurt
Freepik

Selain bawang putih, produk olahan susu yang banyak digunakan oleh orang-orang yang sedang dalam program diet ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Memiliki probiotik tinggi, yogurt bisa melindungi tubuh dengan melawan bakteri jahat dan memberikan asupan bakteri baik dalam tubuh. Mengonsumsi secara rutin tentunya bisa membantu menjaga kesehatan paru-parumu.

6. Teh hijau

6. Teh hijau
Freepik

Selain enak dan membuat rileks, minuman satu ini dipercaya mengandung banyak antioksiden yang berpotensi membersihkan segala peradangan dalam paru-paru. Teh hijau juga dirasa mampu menjaga jaringan paru-paru dari efek bahaya seperti asap rokok dan polusi.

7. Air putih

7. Air putih
Freepik/Rawpixel.com

Selain teh hijau, air putih juga bisa menjadi minuman pembersih paru-paru. Hal ini untuk menjaga paru-paru dari kekeringan karena paru-paru yang kering menjadi salah satu penyebab peradangan dan iritasi. Usahakan minum air putih minimal 8 gelas per harinya.

8. Campuran air hangat dan lemon

8. Campuran air hangat lemon
Pexels/Julia Zolotova

Campuran air putih hangat dan perasan lemon ternyata juga mempu membantu menjaga kesehatan paru-paru lho. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam air lemon, berguna untuk melindungi paru-paru dari zat-zat berbahaya. Kamu bisa rutin meminum air hangat dengan lemon di pagi hari untuk mendapat paru-paru yang lebih sehat.

9. Jus nanas

9. Jus nanas
Freepik/Lifeforstock

Jus dengan warna khas kuning ini ternyata sangat ebrguna membantu membersihkan racun dalam tubuh. Jus nana ini dipercaya mampu membersihkan berbagai jenis zat berbahaya yang ada pada organ paru-paru. Kamu bisa meminumnya di pagi hari sebagai pendamping sarapanmu.

10. Jus wortel

10. Jus wortel
Freepik

Selain jus nanas, jus wortel juga bisa menjadi alternatif yang bisa membuat darah dalam tubuh mendapatkan suntikan alkalin. Zat inilah yang akan membantu untuk membersihkan racun berbahaya dalam tubuh termasuk memebrsihkan rongga paru-paru.

Itu dia beberapa daftar makanan dan minuman yang bisa membantu bersihkan paru-paru. Yuk, mulai hidup sehat dengan membantu menjaga kebersihan paru-paru dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sudah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat dan sehat selalu, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.