10 Makanan yang Dapat Tingkatkan Imunitas Tubuh Dalam Mencegah Corona

Tingkatkan sistem kekebalan tubuh Mama dan keluarga, yuk!

7 April 2020

10 Makanan Dapat Tingkatkan Imunitas Tubuh Dalam Mencegah Corona
restaurantbusinessonline.com

Penyebaran virus corona atau COVID-19 yang semakin cepat membuat pasien virusini setiap harinya terus bertambah, termasuk di Indonesia. Oleh karena itu, dalam upaya pencegahan pemerintah meminta masyarakat untuk melakukan social distancing di rumah.

Meski hanya berdiam diri di rumah, tubuh juga membutuhkan sistem kekebalan yang kuat. Masyarakat diimbau untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh di tengah wabah virus corona.

Tak hanya jeruk yang terkenal kaya akan vitamin C, berikut Popmama.com berikan tips makanan yang ampuh tingkatkan imunitas tubuh. Yuk, disimak untuk kesehatan keluarga Mama.

1. Bawang putih

1. Bawang putih
Freepik/Racool_studio

Bawang putih mungkin menjadi salah satu bahan makanan yang banyak ditemui di hampir semua masakan Nusantara. Selain wanginya yang khas, bawang putih ternyata dikenal ampuh dalam memerangi berbagai infeksi.

Menurut National Center for Complementary and Integrative HealthTrusted Source, bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pembuluh darah. Dalam bawang putih terdapat kandungan senyawa belerang dan allicin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga, lho.

2. Bayam

2. Bayam
Pixabay/Showmeyourflowers

Bayam juga menjadi jenis sayuran yang kaya akan vitamin C lho!. Tak hanya itu, bayam juga mengandung banyak antioksidan dan beta karoten yang dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi sistem kekebalan tubuh kita.

3. Brokoli

3. Brokoli
Pixabay/ExplorerBob

Brokoli merupakan jenis sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral. Dalam brokoli, terdapat kadndungan vitamin A, C, dan E, serta banyak antioksidan dan serat lainnya. Oleh karena itu, brokoli menjadi sayur yang wajib ada di meja makan untuk dikonsumsi secara rutin. 

Baca juga:

5 Cara Awet Menyimpan Daging di Kulkas agar Kualitas Tetap terjaga

4. Biji bunga matahari

4. Biji bunga matahari
Freepik/welcomia

Biji bunga matahari juga dikenal kaya akan nutrisi, termasuk fosfor, magnesium, dan vitamin B-6. Biji bunga matahari juga sangat tinggi vitamin E, salah satu antioksidan kuat.

Vitamin E sendiri penting dalam mengatur dan memelihara fungsi sistem kekebalan tubuh. Bahkan kandungan fitosterol dalam biji bunga matahari berpotensi mengurangi risiko kanker usus besar. Kecil-kecil penuh manfaat, bukan?

Editors' Picks

5. Kacang almond

5. Kacang almond
Freepik/Topntp26

Meski vitamin E dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, vitamin E merupakan vitamin yang larut dalam lemak, artinya vitamin ini membutuhkan kehadiran lemak untuk diserap dengan benar.

Kacang-kacangan seperti almond, dikemas dengan vitamin dan juga memiliki lemak sehat. Apabila kamu mengonsumsi 46 kacang almond utuh yang dikupas, maka hampir 100 persen dari jumlah vitamin E harian yang disarankan akan terpenuhi.

6. Kerang

6. Kerang
Freepik/Valeria_Aksakova

Makanan laut satu ini mungkin tak terlintas dibenak banyak orang sebagai makanan yang mampu meingkatkan sistem kekebalan tubuh, padahal beberapa jenis kerang mengandung seng yang bermanfaat untuk tubuh.

Seng memang tidak mendapatkan perhatian sebanyak vitamin dan mineral lainnya, tetapi tubuh kita membutuhkan seng agar sel-sel kekebalan tubuh kita dapat berfungsi dengan baik. Varietas kerang lain yang tinggi seng adalah kepiting, remis, dan lobster.

7. Kiwi

7. Kiwi
Freepik

Buah kiwi secara alami kaya akan nutrisi penting, termasuk folat, potasium, vitamin K, dan vitamin C. Vitamin C ampuh dalam meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi, sementara nutrisi kiwi lainnya menjaga agar seluruh tubuh kita dapat berfungsi dengan baik.

8. Pepaya

8. Pepaya
Freepik

Sama dengan buah kiwi, buah berwarna oranye ini juga menjadi salah satu buah yang kaya nutrisi. Dalam satu pepaya, terdapat 224 persen dari jumlah vitamin C harian yang disarankan. Enzim pencernaan atau papain yang terkandung di dalam pepaya memiliki efek anti-inflamasi.

Tak hanya itu, pepaya juga memiliki jumlah kandungan kalium, vitamin B, dan folat yang cukup. Semua kandungan tersebut tentunya bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Jadi, pastikan kamu mengonsumsi pepaya secara rutin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

9. Paprika merah

9. Paprika merah
Freepik/Topntp26

Selain buah jeruk, paprika merah ternyata memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih banyak dari buah jeruk lho! Selain baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C dalam paprika merah juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Tak hanya vitamin C, paprika merah juga mengandung beta karoten yang mampu menjaga kesehatan mata dan kulit kita juga.

10. Yogurt

10. Yogurt
Freepik/Topntp26

Yogurt sudah terbukti baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tetapi sebaiknya memilih yogurt tawar daripada yang bervarian rasa, hal ini karena sarat dengan gula. Kamu bisa menambahkan buah-buahan alami dan madu sebagai rasa manis yogurt tawarmu.

Yogurt juga diperkaya vitamin D yang baik untuk membantu mengatur sistem kekebalan tubuh serta meingkatkan pertahanan alami tubuh kita terhadap penyakit. Cocok sekali dalam menjaga wabah virus corona seperti saat ini, bukan?

Nah itu dia 10 jenis makanan yang dapat Mama dan keluarga konsumsi dalam meningkatkan imunitas tubuh. Meski dalam masa karantina, tetap perhatikan nutrisi tubuh ya, Ma. Tetap semangat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.