Jarang Diketahui, Inilah 9 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Baik sebagai penangkal kanker, lho!

10 Agustus 2019

Jarang Diketahui, Inilah 9 Manfaat Daun Binahong Kesehatan
Steemit.com

Sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin masih asing dengan nama tanaman obat satu ini. Padahal, selain memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, daun yang memiliki bentuk seperti hati ini juga sangat mudah ditemui di perkarangan rumah ataupun di penjual tanaman.

Manfaat daun binahong memang terkenal dalam dunia obat herbal di berbagai negara Asia, termasuk Indonesia. Banyak orang menggunakan daun ini dalam pengobatan herbal berbagai masalah kesehatan.

Berkhasiat untuk berbagai kesehatan, daun binahong memiliki kandungan sumber zat besi, kalsium, Vitamin C dan Vitamin A, protein tinggi, sumber fosfor dan kalium, serta kaya akan antiokidan seperti lutein dan betakaroten. Khasiat daun binahong didapat dari cara mengonsumsinya dengan cara direbus atau diminum ekstraknya.

Untuk mendapatkan khasiat dari daun ini sudah cukup mudah dan praktis. Kini banyak produk berbahan dasar daun binahong mulai dari teh herbal hingga kapsul.

Dari banyaknya kandungan pada daun binahong, berikut Popmama.com telah merangkum apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari daun berbentuk hati ini. Disimak baik-baik ya!

1. Mengobati batuk

1. Mengobati batuk
Freepik

Dengan meminum air rebusan daun binahong ternyata dapat mengobati batuk. Sebab dalam ramuan daun ini terdapat senyawa antibakterial yang bisa membunuh kuman atau bakteri penyebab batuk. Baik batuk berdahak ataupun tidak berdahak, kamu bisa mengatasinya dengan meminum rebusan daun binahong.

2. Mengobati maag

2. Mengobati maag
Freepik/katemangostar

Daun binahong terkenal dengan manfaat yang baik untuk sistem pencernaan, salah satunya untuk mengobati sakit maag.

Penyakit yang terjadi karena asam lambung yang berlebih ini bisa kamu sembuhkan dengan mengonsumsi daun binahong. Selain akan mengembalikan asam lambung menjadi normal kembali, daun ini juga  memiliki antioksidan yang efektif menangkal radikal bebas pada tubuh.

Dengan kandungan antioksidan, maka akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit yang berbahaya.

3. Mengatasi kolesterol

3. Mengatasi kolesterol
Freepik/katemangostar

Daun binahong dipercaya dapat mengatasi kolesterol jahat pada tubuh. Daun ini akan menetralisir kandungan kolesterol jahat yang terdapat pada pembuluh darah.

Dengan meminum air rebusan daun binahong secara rutin, kolesterol jahat yang ada pada tubuh kamu akan hilang dengan sendirinya. Sudah coba?

4. Mencegah diabetes

4. Mencegah diabetes
Freepik/Chatchawan39

Walaupun bukan termasuk kategori penyakit ganas, penyakit diabetes tetap saja membahayakan penderitanya. Belum ada obat yang dapat menyembuhkan diabetes secara total. Kamu hanya bisa mengendalikan kadar gula darah agar tidak menimbulkan komplikasi.

Mengandung senyawa alkaloid yang bersifat hipoglikemik, daun binahong dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara optimal. Selain menurunkan kandungan alkaloid, gula darah juga bisa tetap stabil pada penderita diabetes mellitus.

Editors' Picks

5. Penangkal kanker

5. Penangkal kanker
Freepik

Kanker memang menjadi salah satu penyakit paling mengerikan karena sifat dan jenisnya yang berbeda-beda. Ini terjadi karena tekanan stres oksidatif yang mempengaruhi produksi radikal bebas yang akan merusak sel-sel sehat dan menjadikannya sel kanker.

Kaya akan antioksidanpigmen karotenoid esensial seperti betakaroten, zeaxanthin, dan lutein, antioksidan, daun binahong dipercaya dapat menetralkan radikal bebas berbahaya yang bisa dijadikan sebagai obat penangkal kanker.

Selain kaya akan antioksidan, vitamin A yang terkandung dalam binahong juga memberi manfaat dalam pencegahan kanker.

6. Memperkuat ingatan

6. Memperkuat ingatan
Freepik

Kandungan daun binahong yang kaya akan folat dan vitamin B-kompleks lainnya dipercaya dapat mendukung fungsi mental dan membuat otak tetap tajam

Tiamin, biotin, asam folat, dan vitamin B lainnya memainkan peran penting dalam kesehatan mental. Kekurangan vitamin B-12, telah dikaitkan dengan risiko depresi, kelelahan, anemia, dan paranoia yang lebih tinggi.

Dengan rutin mengonsumsi daun binahong, maka akan membantu untuk memperkuat ingatanmu. Yuk, buktikan sendiri!

7. Memelihara kesehatan mata

7. Memelihara kesehatan mata
Freepik/Wavebreakmedia

Radikal bebas yang berbahaya juga bisa merusak retina mata yang menyebabkan katarak bahkan kehilangan penglihatan. Antioksidan seperti vitamin A, Vitamin C, betakaroten, zeaxanthin dan lutein memberikan perlindungan ekstra dari radikal bebas.

Daun binahong dapat kamu jadikan salah satu obat herbal yang berguna untuk memelihara kesehatan mata dari radikal bebas. Selain daunnya yang kaya akan vitamin A, batangnya ternyata juga sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

8.Mengatasi permasalahan haid

8.Mengatasi permasalahan haid
Freepik

Bagi para perempuan yang mengalami permasalahan haid, kamu bisa menjadikan daun binahong sebagai obat herbal yang berkhasiat baik untuk mengatasi berbagai permasalahan haid.

Jika kamu sering mengalami terlambat datangnya haid, cobalah konsumsi ramuan obat binahong secara rutin. Kandungan zat besi dan mineral lainnya ternyata sangat efektif dalam melancarkan haid.

9. Mempercepat proses penyembuhan luka

9. Mempercepat proses penyembuhan luka
Freepik/rawpixel

Selain kaya akan antioksidan, daun binahong juga memiliki kandungan antiseptik yang ampuh mempercepat proses penyembuhan luka.

Cukup dengan menumbuk daun binahong yang masih segar, kemudian tempelkan pada luka, maka kandungan tersebut akan mempercepat proses penyembuhan luka yang kamu alami.

Selain penyembuhan luka, daun binahong juga memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan memar memerah atau bahkan bengkak.

Itulah manfaat daun binahong yang masih jarang diketahui masyarakat Indonesia. Mulai dari penyakit ringan, hingga penyakit yang mengerikan sekalipun ternyata bisa diobati secara herbal dengan daun berbentuk hati ini.

Selain kaya akan manfaat, daun ini juga mudah ditemui. Yuk, coba dan buktikan sendiri manfaat daun binahong!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;