9 Manfaat Talas Untuk Kesehatan

Bisa membantu menjaga berat badan, lho!

30 Maret 2020

9 Manfaat Talas Kesehatan
Amazon.com

Talas merupakan jenis umbi-umbian yang ternyata kaya akan nutrisi yang mampu memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh secara keseluruhan.

Di dalam talas sendiri mengandung banyak senyawa organik, mineral, serta tingkat tinggi vitamin A , C, E, vitamin B6 , dan folat, menurut USDA Nutrient database Nasional. Tidak hanya itu, talas juga terdapat magnesium, zat besi, seng, fosfor, kalium, mangan, dan tembaga di dalamnya.

Di Indonesia, tumbuhan yang bernama latin Colocasia esculenta ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang dapat di kreasikan menjadi beraneka ragam makanan bercita rasa lezat. Mulai dari makanan utama pengganti nasi, sup, puding, bolu, dan lain sebagainya.

Dari kandungan yang sudah disebutkan, berikut ini 9 manfaat talas untuk kesehatan yang telah Popmama.com rangkum. Yuk, cari tahu dibawah ini!

1. Mengatasi masalah pencernaan

1. Mengatasi masalah pencernaan
Freepik/Jcomp

Memiliki bentuk yang kecil, ternyata talas dapat berperan penting dalam menjaga kesehatan lambung dan usus lho. Talas dapat membuat makanan yang dicerna dan diserap lambung dan usus menjadi lebih lancar. Tidak hanya itu, talas juga dapat mengurangi masalah pencernaan, seperti kembung, diare, produksi gas berlebih, dan kram perut.

2. Merawat kesehatan kulit dan rambut

2. Merawat kesehatan kulit rambut
Freepik

Memiliki kandungan vitamin A, E dan B6, talas ternyata dapat membantu memperbaiki sel kulit. Tak hanya itu, antioksidan yang terkandung di dalamnya mampu mencegah penuan dini. Kandungan-kandungan tersebut ternyata dapat merawat kesehatan kulit dan rambut kita lho.

Dengan mengkonsumsi talas secara rutin, kulit akan lebih bersinar serta noda hitam juga akan menghilang secara alami. Untuk kulit kepala yang kering, vitamin E dalam talas dapat memberikan kelembapan pada rambut juga.

3. Membantu masalah penglihatan

3. Membantu masalah penglihatan
Freepik

Jika bosan hanya mengonsumsi wortel untuk mendapatkan vitamin, A, talas juga memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk membantu penglihatan lebih jernih.

Selain itu, talas juga mengandung antioksidan, yang terdiri dari beta-carotene dan cryptoxanthin. kandungan tersebut dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya katarak. 

Editors' Picks

4. Mengatasi masalah darah tinggi

4. Mengatasi masalah darah tinggi
Freepik/Katemangostar

Dalam tumbuhan talas ternyata juga mengandung potassium, yang mana mampu mengurangi tekanan darah pada pembuluh darah. Oleh karena itu jenis tumbuhan satu ini ternyata juga baik untuk dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Selain rasanya lezat, bisa sebagai obat juga, bukan?
 

5. Baik bagi penderita diabetes

5. Baik bagi penderita diabetes
Freepik/Sosiukin

Selain kandungan-kandungan yang sudah disebutkan, talas ternyata juga mampu mengatur kadar insulin dan glukosa dalam butuh, yang merupakan faktor penting untuk mencegah perkembangan penyakit diabetes.

Jika kamu mengonsumsi talas secara rutin dengan diiringi diet yang sehat, itu akan membantu mengurunkan risiko terhadap penyakit diabetes karena talas termasuk ke dalam serat yang baik untuk dikonsumsi.

6. Penguat sistem kekebalan tubuh dan aliran darah

6. Penguat sistem kekebalan tubuh aliran darah
Freepik/Yanalya

Talas mengandung vitamin B6 dan vitamin C yang dapat membantu produksi sel darah merah dan sel darah putih, yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Dalam vitamin C juga mengandung antioksidan yang bisa jadi pertahanan dari kanker dan mengurangi risiko penyakit jantung.


Selain membantu menurunkan tekanan darah tinggi, talas yang memiliki kandungan zat besi juga dapat membantu proses pembentukan sel darah merah sekaligus membantu melancarkan sirkulasi darah, memperlancar metabolisme, dan membentuk sel baru dalam tubuh.

7. Membantu menjaga berat badan

7. Membantu menjaga berat badan
Freepik/tirachardz

Talas memiliki kandungan serat dan karbohidrat yang memiliki waktu lebih lambat untuk dicerna, hal ini dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Oleh karena itu, talas dianggap memiliki manfaat untuk membantu menjaga berat badan.

Namun tetap harus diiringi dengan pola makan yang sehat serta olahraga yang rutin ya. Dengan begitu, berat badan kamu akan tetap ideal seperti yang kamu harapkan.

8. Mencegah penyakit jantung dan kanker

8. Mencegah penyakit jantung kanker
Freepik/jcomp

Dalam talas terdapat kandungan serat tak hanya baik untuk menjaga kadar gula darah, tetapi juga baik untuk memelihara kesehatan jantung. Selain serat, talas juga memiliki kadar antioksidan tinggi yang baik untuk mencegah risiko penyakit kanker.

Antioksidan baik untuk menangkal radikal bebas. Sebab jika tubuh terpapar radikan bebas, hal ini tidak hanya mengganggu berbagai fungsi organ tubuh, tetapi dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

Oleh karena itu antioksidan dalam talas bisa membantu mencegah risiko terjadinya penyakit kanker. Beberapa jenis antioksidan yang terdapat dalam talas adalah polifenol, vitamin C, dan vitamin E.

9. Meningkatkan kekuatan tulang

9. Meningkatkan kekuatan tulang
Freepik/katemangostar

Talas ternyata juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi lho. Hal ini sangat bagus dikonsumsi untuk meningkatkan kekuatan tulang. Ketika kamu rutin mengonsumsi talas dalam jumlah yang cukup, maka tulangmu akan menjadi lebih padat dan kuat. Dengan begitu, otomatis kamu sudah menjaga tulangmu untuk terhindar dari pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Nah, itu dia 9 manfaat talas yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Meskipun baik untuk kesehatan, pastikan kamu sudah mencuci talas dengan bersih sebelum dimasak hingga benar-benar matang. Satu hal lagi yang perlu diingat, konsumsilah talas dalam batas wajar.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.