Mengenal Kartu Kredit Syariah dan Tips Bijak Menggunakannya

Sama seperti kartu kredit pada umumnya, hanya saja lebih mengedepankan prinsip syariah

17 September 2021

Mengenal Kartu Kredit Syariah Tips Bijak Menggunakannya
Freepik/our-team

Kartu kredit saat ini sudah banyak dipergunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan harian. Namun, bagaimana dengan kartu kredit syariah? Kamu sudah mengetahuinya?

Sama seperti kartu kredit pada umumnya, kartu kredit syariah juga dipergunakan sebagai pembayaran yang akan memudahkan para nasabah dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Adapun yang membedakan kartu kredit syariah adalah hubungan hukum (berdasarkan sistem yang sudah ada) antara para pihak penerbit kartu (mushdir al-bithaqah), pemegang kartu (hamil al-bithaqah) dan penerima kartu (merchant, tajir, atau qabil al-bithaqah) berdasarkan prinsip syariah.

Definisi tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) Nomor 54/DSN-MUI/X/2006. Saat ini pun sudah beberapa bank yang mengeluarkan layanan kartu kredit syariah untuk lebih meningkatkan pelayanan transaksi keuangan para nasabahnya.

Salah satunya yang dilakukan CIMB Niaga dengan VISA. Melalui peluncuran Kartu CIMB Preferred Visa Infinite Syariah secara virtual pada Kamis (16/9), Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman mengatakan:

"Dengan diterbitkannya Kartu CIMB Preferred Visa Infinite Syariah, kami berupaya memberikan ketenangan pikiran bagi masyarakat kelas atas dengan memenuhi kebutuhan ini, dan semakin mengembangkan potensi pasar Syariah Indonesia yang belum dimanfaatkan.”

Adapun penawaran yang diberikan kepada para nasabah di antaranya adalah dilengkapi dengan teknologi contactless, bebas biaya tahunan, biaya cicilan 0% hingga 24 bulan untuk transaksi pendidikan, kesehatan, dan luar negeri, promo merchant halal untuk kategori dining, travel, dan fesyen, serta masih banyak penawaran lainnya.

Terkait penggunaan kartu kredit syariah dikalangan masyarakat, Prita Ghozie, Certified Financial Planner & CEO ZAP Finance yang hadir pada kesempatan serupa juga menjabarkan tips bijak dalam penggunaan kartu syariah.

Apa saja tipsnya? Berikut Popmama.com telah merangkum informasi selengkapnya. Cari tahu dulu yuk sebelum memutuskan menggunakan.

1. Selalu membayar lunas tagihan kartu kredit syariah

1. Selalu membayar lunas tagihan kartu kredit syariah
Freepik/tirachardz

Dalam penjabarannya, Prita menjelaskan bahwa upaya untuk selalu membayar lunas tagihan kartu syariah juga menjadi cara untuk membantu mengelola keuangan. Sehingga penggunaannya pun bisa lebih bijak dan diperhatikan sesuai dengan kebutuhan yang memang diperlukan.

Editors' Picks

2. Menggunakannya sebagai alat pembayaran

2. Menggunakan sebagai alat pembayaran
Pexels/Energepic.com

Di masa pandemi ini, mengatur keuangan tentu menjadi lebih sulit. Pada akhirnya, banyak orang yang kemudian beralih menggunakan kartu kredit. 

Dalam menggunakan kartu kredit syariah, pastikan juga kamu menggunakannya dengan bijak sebagai alat untuk pembayaran, bukan sebagai sumber tambahan dana atau penghasilan. 

3. Mematuhi batas maksimal limit penggunaan

3. Mematuhi batas maksimal limit penggunaan
Freepik/wirestock

Selanjutnya, tips yang diberikan Prita agar penggunaan kartu kredit syariah lebih bijak adalah dengan mematuhi batas maksimal limit penggunaan sesuai dengan kemampuan keuangan yang dimiliki. Jangan sampai memaksakan limit berlebih, kembali lagi kondisikan terlebih dahulu dengan keuangan yang ada.

4. Gunakan untuk mengkonsolidasi tagihan

4. Gunakan mengkonsolidasi tagihan
Freepik/our-team

Dijelaskan juga bahwa tips yang bisa kamu lakukan dalam menggunakan kartu kredit syariah adalah, menggunakannya untuk mengkonsolidasi tagihan. "Jadi nggak akan ada lagi tuh tagihan-tagihan yang terlewatkan," pungkas Prita.

5. Simpan dan jaga kerahasiaan PIN

5. Simpan jaga kerahasiaan PIN
Freepik/fanjianhua

Hal terpenting yang selalu diingatkan dalam pengguunaan kartu debit maupun kredit adalah untuk menjaga kerahasiaan PIN kartu kredit syariah milikmu. Sebagaimana disebutkan oleh Prita, " tolong selalu simpan dan jaga kerahasiaan PIN dengan baik."

Nah, itu tadi yang dimaksudkan dengan kartu kredit syariah serta tips bijak menggunakannya menurut financial planner. Semoga gaya hidup syariah ini bisa diadopsi dengan baik dan bisa membantu mengatur perencanaan keuangan keluarga.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.