Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kegiatan yang Bisa Dilakukan dalam Menebar Kebaikan di Bulan Ramadan

Meski masih menjalankan di tengah pandemi, menebar kebaikan bisa dilakukan berbagai cara

9 April 2021

Kegiatan Bisa Dilakukan dalam Menebar Kebaikan Bulan Ramadan
Pexels/jack-sparrow

Tinggal menghitung hari lagi umat Islam di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa. Ibadah yang diwajibkan untuk seluruh umat Islam ketika memasuki bulan penuh kebaikan ini diperkirakan jatuh pada tanggal 13 April 2021 mendatang.

Tahun kedua menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi, umat Muslim di Indonesia pun semakin terbiasa dengan tradisi baru berkumpul dan merayakan bulan Ramadan secara virtual.

Meski masih dihantui dengan pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, bulan Ramadan sendiri tetap dijadikan momen meningkatkan ibadah kepada Allah SWT serta menebar kebaikan kepada sesama.

Melalui peluncuran kampanye #BulanKebaikan secara virtual pada Kamis (08/04/21) kemarin, Pieter Lydian, Country Director untuk Facebook di Indonesia menyebutkan, “Dengan semangat bulan Ramadan, Facebook, Instagram, dan WhatsApp meluncurkan kampanye #BulanKebaikan guna memberikan lebih banyak cara dan ide bagi orang-orang untuk melakukan kebaikan dan berkontribusi kembali ke komunitas mereka melalui aplikasi kami."

Dengan semakin majunya kemampuan teknologi yang ada, umat Muslim tetap bisa berbuat kebaikan dengan memanfaatkan ragam aplikasi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

Berikut Popmama.com telah merangkum kegiatan baik apa saja yang bisa dilakukan selama bulan Ramadan di tengah pandemi. Yuk, amalkan dan tingkatkan ibadahmu di bulan baik ini.

1. Meningkatkan ibadah

1. Meningkatkan ibadah
Pexels/Michael Burrows

Sama seperti ibadah puasa tahun sebelumnya, puasa tahun ini juga masih dilakukan di tengah kondisi pandemi yang tak kunjung usai. Namun meski demikian, puasa di tengah pandemi juga memiliki hidayah tersendiri lho!

Salah satunya adalah akan membuatmu lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui ibadah yang terus ditingkatkan. Saat di rumah saja dan bingung mau melakukan kegiatan apa lagi, kamu bisa memanfaatkan bulan Ramadan sebagai momen terbaik dalam meningkatkan ibadah.

Tak hanya ibadah wajib seperti berpuasa dan salat lima waktu, menjalankan ibadah sunah, membaca ayat-ayat suci Al-Quran, dan menjalankan ibadah lainnya yang dianjurkan oleh Allah SWT bisa kamu tingkatkan di bulan kebaikan ini. 

Editors' Picks

2. Mabar, main bareng!

2. Mabar, main bareng
Unsplash/Mark Cruz

Istilah mabar tentu sudah tak asing lagi kamu dengar, bukan? Nah, mabar sendiri bisa juga kamu manfaatkan untuk mengisi waktu luang di bulan Ramadan nanti, atau bisa disebut dengan ramabar atau Ramadan main bareng.

Seperti streamer gamers resmi Facebook yang akan berkumpul secara virtual selama tiga kali dalam seminggu bersama komunitas mereka. Tak hanya bermain game bersama secara virtual, nantinya akan ada kuliah tujuh menit (kultum) yang akan diisi dengan topik tentang Ramadan yang dekat dengan komunitas gaming seperti Puasa Tetap Ceriwis, Puasa Sambil Ngegame, dan lain-lain.

Bagi kamu para gamers, kamu bisa mengikuti kegiatan ramabar melalui halaman Facebook resmi dari Arkaw, LoeKeren, dan ZAN. Bermain sambil tetap berbuat kebaikan, why not?

3. Ngabuburit virtual

3. Ngabuburit virtual
Pexels/gabby-k

Bulan Ramadan identik dengan ritual ngabuburit sebelum menjelang buka puasa. Sama seperti tahun sebelumnya, tahun ini berbagai kegiatan juga masih dilakukan secara virtual. Kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk melakukan ngabuburit virtual bersama teman atau keluarga dari rumah masing-masing.

Selain melalui panggilan video, kamu juga bisa mengikuti ngabuburit live yang akan disiarkan melalui Instagram Live selama 30 menit setiap hari Sabtu di bulan Ramadan.

Instagram nantinya akan bekerja sama dengan beberapa kreator konten untuk membahas seputar Ramadan dan inspirasi kebaikan yang mereka lakukan. Mulai dari Prilly Latuconsina, Ersa Mayori, Meisya Siregar, Nagita Slavina dan masih banyak lagi akan menemani ngabuburit virtualmu dari rumah.

4. Berbagi menu buka puasa

4. Berbagi menu buka puasa
Freepik/freepik

Kegiatan berbagi menu buka puasa juga banyak dilakukan umat Musllim selama bulan Ramadan. Namun karena masih dibatasi akibat pandemi, kegiatan ini pun bisa kamu lakukan secara virtual.

Misalnya dengan memesan makanan yang lebih banyak secara online untuk dibagikan kepada kurir yang mengantar. Meski sedikit, terkadang kebaikan ini membuat kurir yang menerimanya merasa senang dan juga merasa dihargai.

    5. Berbelanja di pasar tradisional tanpa perlu keluar rumah

    5. Berbelanja pasar tradisional tanpa perlu keluar rumah
    Pexels/Gustavo Fring

    Selain memesan makanan secara online, kegiatan berbelanja di pasar tradisional untuk menyiapkan menu berbuka dan sahur juga bisa kamu lakukan secara online lho!

    Agar lebih aman dan tetap bisa berbagi dengan para pedagang, Mama bisa memanfaatkan WhatsApp Business untuk membeli atau mendapatkan bahan-bahan keperluan berbuka ataupun sahur.

    Bermitra dengan UKM Indonesia, WhatsApp akan memberdayakan lebih dari 1000 pedagang pasar tradisional di 22 kota di 15 provinsi agar siap menyambut Ramadan dan Idul Fitri melalui pelatihan WhatsApp Business untuk membantu mereka tetap lancar berkomunikasi dengan pelanggannya.

    Jadi, adanya fitur tersebut akan membuat para Mama untuk terus berbelanja di pasar tradisional sambil tetap menjaga jarak dengan menggunakan WhatsApp tanpa perlu keluar rumah. Semua dalam genggaman, lebih mudah!

    Itu dia berbagai kegiatan yang bisa dilakukan unttuk menebar kebaikan di bulan Ramadan nanti. Selamat menyambut bulan suci Ramadan dan selamat menjalankan ibadah puasa di rumah bersama keluarga.

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

    Mama CerdAZ

    Ikon Mama CerdAZ

    Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

    Cari tahu yuk