hanco

Jangan Tertipu, Ini Tips Persiapkan Umrah yang Aman dari Haykal Kamil

Jangan tergiur harga murah ya!

3 Desember 2019

Jangan Tertipu, Ini Tips Persiapkan Umrah Aman dari Haykal Kamil
Popmama.com/Novy Agrina

Menjelang akhir tahun, banyak muslim yang merencanakan berlibur sekaligus menjalankan ibadah umrah ke Tanah Suci. Peluang ini tentu saja dimanfaatkan banyak agen travel dengan mengadakan beragam promo untuk menarik para calon jemaah.

Tingginya animo masyarakat Indonesia untuk menjalankan ibadah umrah tentunya berimbas pada keberadaan bisnis travel umrah yang semakin meningkat. Namun tak sedikit pula muncul agen travel bodong yang justru membuat para jemaah gagal berangkat.

Belajar dari pengalaman kasus salah satu agen travel di Indonesia yang mengiming harga murah namun membuat banyak calon jemaah gagal berangkat ke Tanah Suci, tentunya dibutuhkan tips aman dalam memilih agen travel umrah terpercaya.

Tokopedia sebagai salah satu marketplace terbesar Indonesia, kini mengahdirkan Tokopedia Umroh yang merupakan bagian dari Tokopedia Salam agar memudahkan banyak orang untuk beribadah ke Tanah Suci.

Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda mengatakan, "Sebagai seorang muslim, bisa pergi ke Tanah Suci itu adalah hal yang diimpikan, dan sudah ada puluhan partner yang telah disetujui oleh Kementerian Agama, kami harapkan bisa memudahkan banyak orang yang ingin beribadah."

Sebelum kamu dan keluarga memutuskan memilih agen travel umrah, berikut ini Popmama.com telah merangkum tips dan trik dalam memilih agen travel umrah yang aman dan terpercaya dari Haykal Kamil, seorang Influencer dan Entrepreneur muda.

1. Memfilter agen travel sebelum memilih

1. Memfilter agen travel sebelum memilih
Popmama.com/Novy Agrina

Ditemui dalam acara peluncuran Tokopedia Umroh pada (27/11/2019), Haykal Kamil menjelaskan bahwa keluarganya juga pernah mengalami penipuan oleh agen travel umrah bodong.

"Mama saya waktu itu sebenarnya pernah menjadi korban penipuan dari salah aatu agen travel. Biasanya keluarga aku tuh kalau pergi bisa sampai sekitar 20 orang, kami berbarengan pergi ke sana semua. Sudah sempat melakukan pembayaran dan ternyata tidak jadi berangkat. Sebelumnya pernah juga ada yang berangkat dengan agen travel tersebut, tapi akhirnya yang kali itu nggak jadi," cerita Haykal.

Belajar dari pengalamannya tersebut, Haykal jadi lebih berhati-hati saat memilih agen travel umrah agar ibadah bisa berjalan dengan lancar.

"Dengan adanya Tokopedia Salam bisa menjadi salah satu filter kalau misalkan kita mencari agen umrah," ungkap Haykal.

Tokopedia Salam juga menyediakan fitur garansi, yang mana uang calon jemaah akan dikembalikan 100% jika gagal berangkat karena suatu alasan yang jelas.

2. Pastikan harganya realistis

2. Pastikan harga realistis
Middle East Eye

Haykal juga menjelaskan bahwa sebelum memilih agen travel, yang perlu diperhatikan adalah memastikan harganya apa sudah realistis atau belum.

"Kita bisa lihat sendiri ekonomi tuh sebenarnya berapa sih untuk haji, kita bisa ngukur tiketnya saja tuh bisa sampai 10 sampai 15 juta, belum lagi biaya penginapan dan lainnya" kata Haykal.

Jadi sebelum memilih agen travel, jangan terlalu percaya akan imingan harga murah ya. Kamu bisa mengecek sendiri terlebih dahulu berapa kira-kira biaya yang seharusnya diperlukan. Sehingga tidak terjadi penipuan dalam memilih agen travel.

"Kalau beli paket haji atau umrah, realistis. Jangan tergiur harga terlalu murah yang kadang itu nggak masuk akal. Jadi sebisa mungkin cara dengan harga yang wajar," tambahnya.

Editors' Picks

3. Pastikan travel telah memiliki izin

3. Pastikan travel telah memiliki izin
Freepik/Rawpixel.com

Setelah memilih agen travel mana yang akan digunakan, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah pastikan travel tersebut sudah memiliki izin jelas dari Kementerian Agama.

Kamu bisa memastikan travel tersebut dengan mengkonfirmasi langsung ke Kementerian Agama legalitas biro travel terkait. Cara mudahnya, kamu cukup akses internet dan buka website resmi Kementerian Agama.

4. Pastikan jadwal keberangkatan dengan jelas

4. Pastikan jadwal keberangkatan jelas
Freepik/Doucefleur

Ibadah haji dan umroh memang memiliki karakter yang berbeda dalam hal keberangkatan. Jika untuk ibadah haji kamu perlu menunggu bertahun-tahun untuk antri menunggu giliran, ibadah umroh tidak demikian.

Pada dasarnya, setiap agen travel haji dan umroh sudah emndapatkan kuota VISA untuk setiap keberangkatan. Jadi kamu bisa memastikan kapan keberangkatan yang diberikan agen travel tersebut. Sebab setiap agen travel yang sudah resmi biasanya telah menentukan tanggal keberangkatan ibadah umroh dengan pasti.

5. Ketahui riwayat kinerja agen travel

5. Ketahui riwayat kinerja agen travel
Pixabay/Fuzz

Bagian terpenting lainnya, kamu perlu memastikan riwayat kinerja agen tersebut. Kamu bisa browsing performa agen tersebut melalui internet, hal ini untuk memberikan gambaran sekaligus mengetahui apakah ada hal yang janggal atau apa pelanggan puas dengan agen tersebut.

Kamu juga bisa bertanya pada kerabat atau saudara yang mengetahui atau pernah memakai jasa agen travel tersebut. Pastikan benar-benar terpercaya dan sudah ahli dalam menjalankan bisnis jasa travel haji dan umrah.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencari agen travel umrah yang aman dan terpercaya. Jangan sampai salah memilih hanya karena tergiur harga murah ya. Pastikan semuanya aman dan tidak mengakibatkan kerugian dan membatalkan niat baikmu untuk melakukan perjalanan umrah di tanah suci.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!