Tips Memenuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran di Tengah Pandemi

Menyambut hari lebaran, sudah persiapkan semuanya?

28 April 2021

Tips Memenuhi Kebutuhan Ramadan Lebaran Tengah Pandemi
Pexels/khats cassim

Masih seperti tahun sebelumnya, mayoritas masyarakat Muslim dunia masih menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dengan pemberlakuan pembatasan lantaran pandemi.

Meski menjalani ibadah di bulan Ramadan dalam kondisi yang tak pasti, namun bukan berarti kamu dan keluarga tidak dapat menjalaninya dengan penuh makna.

Sudah memasuki minggu ketiga bulan Ramadan, banyak masyarakat kini tengah mempersiapkan berbagai kebutuhan lebaran atau hari raya Idul Fitri.

Meskipun persiapan ini menjadi kebutuhan tahunan, namun jika tidak dipersiapkan dengan matang maka akan mengganggu jalannya ibadah di bulan Ramadan dan juga perayaan lebaran nanti.

Agar tetap aman dan nyaman menyiapkan kebutuhan Ramadan dan lebaran, Popmama.com telah merangkum tips yang bisa kamu lakukan guna menunjang kebutuhan keluarga di rumah saat pandemi.

Catat dan simak tipsnya yuk!

1. Catat keperluan apa saja yang dibutuhkan

1. Catat keperluan apa saja dibutuhkan
Pexels/Karolina Grabowska

Di tengah kondisi yang tak pasti seperti saat ini, keuangan keluarga tentunya menjadi hal penting yang perlu diperhatikan.

Agar pengeluaran selama Ramadan dan lebaran nanti tetap terkendali, dibutuhkan catatan belanja apa saja yang diperlukan selama ibadah puasa di bulan Ramadan maupun menyambut hari raya.

Kamu bisa memulainya dengan mencatat belanjaan apa saja yang sekiranya dibutuhkan dalam menyambut hari raya nanti.

Misalnya kebutuhan rumah tangga untuk bersih-bersih, persiapan bahan makanan untuk keluarga, dan kebutuhan lainnya.

Editors' Picks

2. Manfaatkan situs jual beli online

2. Manfaatkan situs jual beli online
Freepik/snowing

Masih mewabahnya Covid-19 membuat pemerintah kembali memberlakukan pembatasan kerumunan dan larangan mudik lebaran. Namun, kebutuhan lebaran tentunya tetap perlu dipenuhi di tengah pandemi ini.

Untuk itu, guna menghindari kerumunan, kamu bisa memanfaatkan situs jual beli online yang saat ini sudah banyak menawarkan berbagai kebutuhan keluarga. Sehingga lebih memudahkan untuk menunjang segala kebutuhan puasa dan lebaran nanti.

Dengan membeli kebutuhan keluarga selama Ramadan dan persiapan lebaran secara online, maka kamu mengurangi terjadinya kerumunan dan secara teknis lebih aman karena tak perlu keluar rumah.

3. Manfaatkan uang digital agar lebih aman

3. Manfaatkan uang digital agar lebih aman
Pexels/Julia M Cameron

Saat berbelanja online, kamu juga disarankan menggunakan uang digital agar mempermudah dan lebih aman. Saat ini, uang digital disebut sebagai metode pembayaran yang banyak digunakan masyarakat dalam berbelanja online maupun offline.

Ditemui dalam konferensi pers peluncuran ShopeePay Big Ramadan Deals secara virtual pada Senin (26/04), Aska Primardi selaku Head of Research Jakpat menyebutkan bahwa ShopeePay bersama dengan Jakpat Mobile Survey tahun 2021 menemukan berbagai preferensi dan prioritas masyarakat Indonesia.

Dari laporan tersebut, uang digital terpilih sebagai metode pembayaran yang paling disukai (80%) untuk berbelanja kebutuhan Ramadan dan Lebaran. Salah satu uang digital yang kini ramai dimanfaatkan sejumlah masyarakat adalah ShopeePay.

Ditemui dalam acara serupa, Cindy Candiawan, Head of Campaigns and Growth Marketing ShopeePay mengatakan, “Di ShopeePay, kami tidak pernah berhenti untuk mempelajari apa yang dibutuhkan pengguna agar bisa memberikan pengalaman bertransaksi yang terbaik dan penawaran paling menarik.”

4. Tetap menyisihkan untuk zakat dan uang THR keluarga

4. Tetap menyisihkan zakat uang THR keluarga
Freepik

Selain kebutuhan keluarga, kebutuhan yang harus dipenuhi selama bulan Ramadan salah satunya adalah mengeluarkan zakat. Sebagai umat Muslim, kita diwajibkan untuk menunaikan zakat kepada mereka yang berhak membutuhkan.

Perayaan lebaran juga identik dengan memberikan uang THR kepada sanak saudara. Masih dalam kondisi pandemi, Laporan ShopeePay bersama dengan Jakpat menyebutkan bahwa mayoritas responden (94%) tertarik untuk menggunakan uang digital sebagai alat untuk menyalurkan sedekah kepada yang membutuhkan.

Uang digital juga dipilih sebagai metode pembagian THR untuk sanak saudara yang paling mudah, aman, dan nyaman, khususnya di saat pandemi. Sebagaimana disebutkan oleh Aska, “Riset yang kami lakukan bersama dengan ShopeePay menunjukkan bagaimana pembayaran digital telah menjadi bagian penting dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Dari kebutuhan belanja sehari-hari, hingga kebutuhan yang lebih spesifik seperti donasi dan bahkan pembagian THR."

Itulah tips yang bisa kamu dan keluarga lakukan untuk menunjang persiapan di bulan Ramadan ini dan perayaan Idul Fitri mendatang. Semoga bermanfaat dan bisa kamu terapkan bersama keluarga di rumah ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.