5 Hal yang Harus Dilakukan untuk Menjadi Orangtua yang Bijak

Agar menjadi contoh positif bagi anak Mama dan Papa

20 Februari 2020

5 Hal Harus Dilakukan Menjadi Orangtua Bijak
Freepik

Ketika sudah resmi menikah dan memiliki anak, otomatis status kamu dan pasanganmu akan berubah menjadi orangtua. Tentunya tidak mudah menjadi orangtua yang baik dan bijaksana.

Dengan menjadi orangtua yang baik dan bijaksana, tentu saja akan menjadi contoh positif yang bisa dijadikan panutan untuk anak-anak.

Nah, berikut ini Popmama.com telah merangkum 5 hal yang bisa Mama dan Papa lakukan untuk menjadi orangtua yang bijak.

1. Luangkan waktu khusus untuk anak

1. Luangkan waktu khusus anak
Freepik

Meluangkan waktu khusus atau istilahnya quality time bersama dengan anak tentunya bisa membuat mereka bahagia dan merasa dihargai.

Sebab waktu itu sangat berharga, jadi jangan sampai kesibukan Mama dan Papa membuat jarak diantara kalian ya.

2. Jalin kedekatan lebih erat

2. Jalin kedekatan lebih erat
Freepik

Dengan mempererat hubungan antara orangtua dan anak tentu saja menjadikan orangtua menjadi lebih bijak. Dengan begitu Mama dan Papa akan merasa lebih dekat dan memiliki ikatan lebih positif terhadap satu sama lain.

Salah satu cara mempererat hubungan itu bisa dilakukan dengan berbagi cerita tentang kegiatan selama sehari sebelum tidur.

Selain membuat anak lebih cepat mengantuk dengan bercerita, Mama dan Papa juga bisa mengetahui keseharian mereka.

Editors' Picks

3. Jangan berekspetasi terlalu tinggi padanya

3. Jangan berekspetasi terlalu tinggi padanya
Freepik/Tirachardz

Orangtua tentunya memiliki ekspetasi yang mereka harapkan pada buah hatinya. Tetapi kebanyakan jika hal tersebut tidak terpenuhi, justru anak lah yang akan menjadi sasaran amarah orangtua.

Oleh sebab itu pahami kondisi mereka dengan baik dan turunkan ekspetasi pada mereka. Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda dan tidak bisa disamaratakan, jadi tetap dukung setiap langkahnya ya!

4. Ubah cara pandang dalam melihat masalah

4. Ubah cara pandang dalam melihat masalah
Parenting.firstcry.com

Anak akan memperhatikan dan menyalin perlikau yang sama dari orangtua mereka, itulah mengapa penting bagi orangtua untuk mengubah persepsi terhadap suatu masalah agar tidak bereaksi negatif di depan mereka.

Oleh karena itu, dengan mengubah cara pandang terhadap suatu masalah maka kamu juga bisa melatih menjadi orangtua yang bijak dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam menghadapi suatu masalah yang ada.

5. Hindari kalimat negatif dihadapan anak

5. Hindari kalimat negatif dihadapan anak
Freepik/Yanalya

Jika sudah menjadi ornagtua, hal yang harus dihindari adalh mengucapkan kalimat negatif dalam keadaan apapun. Hal ini karena secara uum anak akan meniru apapun yang dilakukan orangtuanya.

Ini juga bisa menjadi sugesti negatif bagi anak ketika mereka dewasa, dia akan memiliki tingkat emosional yang tidak seimbang. 

Itulah 5 hal yang bisa Mama dan Papa lakukan agar menjadi orangtua yang bijak untuk anak-anak. Sebab pada dasarnya, setiap orangtua adalah sosok inspiratif yang ditampilkan oleh setiap anak mereka. Agar menjadi panutan yang positif, tentunya harus diimbangi dengan perbuatan orangtua yang positif juga, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.