Bioskop CGV Jakarta Kembali Dibuka, Ini Protokol yang Wajib Dipatuhi!

Pembukaan bioskop CGV telah disetujui oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

22 Oktober 2020

Bioskop CGV Jakarta Kembali Dibuka, Ini Protokol Wajib Dipatuhi
Whatson.ae

Setelah ditutup sejak April 2020 lalu akibat adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB), bioskop CGV Indonesia akhirnya mengumumkan berencana akan kembali membuka bioksop pada Rabu (21/10/2020), di beberapa wilayah DKI Jakarta.

CGV juga menyiapkan aturan nonton bioskop sesuai protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini lho, Ma. Public Relations Manager CGV Indonesia Hariman Chalid mengatakan pembukaan bioskop mereka ini telah disetujui oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Lalu, bagaimana terkait protokol kesehatan dan aturan apa saja yang ditetapkan oleh CGV dalam rangka beroperasinya kembali bioskop tersebut, simak informasi dari Popmama.com berikut ini ya, Ma! 

1. Sudah melalui proses asesmen Pemprov DKI

1. Sudah melalui proses asesmen Pemprov DKI
Pixabay/Bru-nO

Bukan tanpa alasan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengizinkan CGV untuk kembali dibuka. Menurut Public Relations Manager CGV Indonesia Hariman Chalid sudah melewati proses asesmen ketat terkait protokol kesehatan.

Lalu setelah pemaparan dari CGV dan berkeliling area bioskop bersama tim teknis Pemprov DKI Jakarta yang terdiri dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Kesehatan, dan Dinas Kominfo dapat disimpulkan bahwa protokol kesehatan bioskop CGV telah sesuai dengan protokol kesehatan yang disarankan Pemprov DKI Jakarta.

Dalam poster yang diunggah melalui Twitter, CGV menyatakan bahwa mereka akan membuka bioskop di Grand Indonesia, Green Pramuka Mall, Transmart Cempaka Putih, dan AEON Mall JGC.

Editors' Picks

2. Pengunjung wajib menerapkan protokol kesehatan

2. Pengunjung wajib menerapkan protokol kesehatan
Freepik

Hariman mengatakan bahwa pengunjung wajib menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker di seluruh area bioskop. Penonton juga harus melakukan pemesanan dan pembayaran online tiket.

"Cukup tunjukkan bukti pembayaran kepada staf sebelum masuk ke ruang auditorium. Wajib pakai masker, menjaga jarak aman, mematuhi protokol kesehatan dan instruksi staf CGV, tidak berkerumun. Makan dan minum di lobi area," ujarnya.

Selain aturan tersebut, ada beberapa aturan yang harus diterapkan di CGV. Berikut aturan nonton bioskop di CGV:

  1. Mewajibkan staf dan penonton memakai masker di seluruh area bioskop.
  2. Memeriksakan suhu tubuh sebelum masuk ke area bioskop.
  3. Melakukan sistem pelacakan pengunjung (tracing) dengan QR Code dan pengisian manual.
  4. Mengurangi kapasitas tempat duduk di ruang menonton.
  5. Pengunjung dilarang membawa makanan ataupun minuman ke dalam ruang menonton.
  6. Menyediakan hand sanitizer dan penyemprotan disinfektan di seluruh area bioskop dan setelah penayangan film.
  7. Mengimbau penonton untuk memesan tiket dan camilan atau minuman secara daring atau online.
  8. Batas usia pengunjung yang diperbolehkan masuk mulai dari usia 12 sampai 60 tahun.
  9. Memperbanyak informasi tentang protokol kesehatan di bioskop

Perhatikan baik-baik ya, Ma aturan tersebut jika ingin berkunjung dan menonton di CGV!

3. Kapasitas bioskop hanya 25 persen

3. Kapasitas bioskop ha 25 persen
Pixabay/HolgersFotografie

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, telah memberikan lampu hijau untuk bioskop DKI Jakarta bisa beroperasi di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.

Berdasarkan hasil pertemuan para pengusaha bioskop yang tergabung dalam Gabungan Perusahaan Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI), Ketua GPBSI Djonny Sjafruddin mengatakan hanya CGV yang benar-benar siap untuk beroperasi di masa PSBB Transisi.

Sementara yang lainnya, masih mempertimbangkan kebijakan Anies Baswedan yang memperbolehkan Bioskop beroperasi, dengan syarat penonton hanya berkapasitas 25 persen dari kapasitas normal.

Selama beroperasi di masa pandemi, CGV buka mulai pukul 12.00 WIB dan berakhir mengikuti jam tutup pusat perbelanjaan lokasi bioskop CGV berada.

4. Film perdana yang tayang

4. Film perdana tayang
youtube.com/

Salah satu film yang tayang dalam pembukaan perdana ini adalah Train to Busan Presents Peninsula yang sudah di tunggu-tunggu penggemar film di Indonesia.

CGV juga bersiap menayangkan beberapa film lain yang sempat tertunda jadwal penayangannya seperti The Swordsman yang dibintangi Joe Taslim, kemudian Deliver Us from Devil, The Secret Garden, Bloodshot dan Eyes on Me.

Semoga pembukaan kembali bioskop dapat menggairahkan kembali aktivitas rumah produksi untuk memproduksi film-film nasional, dan membantu memulihkan ekonomi di sektor industri kreatif khususnya perfilman ya, Ma.

Bukan hanya itu, untuk Mama yang ingin kembali merasakan suasana menonton didalam bioskop harus mematuhi protokol kesehatan ya, Ma! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.