Jangan Kendor! Ini Solusi Hidup Sehat dalam Adaptasi Kebiasaan Baru

Meski sudah kembali menjalani Adaptasi Kebiasaan Baru, bukan berarti lupa pakai masker lho

30 Oktober 2020

Jangan Kendor Ini Solusi Hidup Sehat dalam Adaptasi Kebiasaan Baru
Freepik

Mama, Covid-19 telah mengubah banyak rutinitas harian kita dengan cara yang tidak diantisipasi siapa pun. Banyak dari Mama lebih banyak berada di rumah untuk meminimalkan penularan.

Berkegiatan di rumah terkadang menjadi hal yang sulit menahan godaan untuk jajan junkfood, atau makanan yang tidak bergizi kan, apalagi disertai dengan kesibukan lainnya. Tentu ini tantangan bagi banyak orang di saat-saat jarak sosial dan situasi seperti ini.

Gaya hidup juga tentu akan berubah setelah adanya Covid-19 ini. Keharusan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi serta kegiatan lainnya mau tidak mau harus dilakukan demi memiliki pola hidup yang sehat ditengah pandemi Covid-19. 

Lalu apa saja yang harus dilakukan untuk mempertahankan gaya hidup yang sehat serta rutinitas yang aktif namun tetap sehat ditengah pandemi Covid-19?

Jakarta, 27 Oktober 2020

Pada jumpa pers secara virtual yang diadakan oleh Samsung Electronics Indonesia pada 27 Oktober 2020 lalu Hendry Wijaya, Product Marketing Manager Home Appliances, Samsung Electronics Indonesia menyampaikan, “Di tengah pandemi yang sedang kita alami, kita semua didorong untuk lebih mengutamakan kebersihan dan kesehatan. Berbagai kebiasaan lama tidak lagi aman dilakukan," katanya dalam kesempatan peluncuran rangkaian Home Appliances terbaru yaitu Samsung Refrigerator Multidoor RF60, Samsung Washing Machine Top Load Inverter, dan Samsung Jet™ Vacuum Cleaner.  

"Muncul berbagai kebiasaan baru yang menunjang kesehatan, seperti pembelian makanan segar dan memasak di rumah, ataupun meningkatnya upaya membersihkan seisi rumah. Di sisi lain, rumah yang tiba-tiba menjadi pusat segala kegiatan sepanjang hari, belum dipersiapkan untuk seluruh kegiatan ini," tambah Hendry. 

Selain itu, Popmama.com sudah punya solusi hidup sehat ditengah pandemi untuk Mama dan keluarga agar bisa terlindung dari berbagai jenis penyakit. Cek informasinya berikut ini!

1. Rutin membersihkan rumah

1. Rutin membersihkan rumah
Freepik

Mama, saat ini fungsi rumah telah menjadi tempat serbaguna atau multifungsi lho. Pasalnya dengan adanya Covid-19 mengharuskan kita untuk tetap berada di rumah kan, selain untuk tempat beristiraha kini rumah juga menjadi tempat belajar, bekerja, dan berkumpul bersama.

Saat ini hampir semua aktivitas dilakukan di rumah dari pagi hari hingga malam hari, sehingga kebersihan ruangan dan isinya menjadi faktor utama yang menciptakan kenyamanan dan kesehatan di rumah.

Penting untuk memastikan bahwa rumah Mama tetap bersih dan bebas dari debu, bakteri, dan kotoran lain yang terkadang tidak Mama ketahui.

Untuk itu wajib ya Ma membersihkan rumah secara rutin, gunakan kegiatan ini untuk bisa menambah keakraban bersama anggota keluarga Mama lainnya ya! 

Editors' Picks

2.Mencuci baju sehabis pergi

2.Mencuci baju sehabis pergi
Popmama.com/Novy Agrina

Mencuci pakaian kini menjadi salah satu upaya menjaga kesehatan ditengah pandemi Covid-19. Jika Mama pulang dari bepergian, Mama wajib segera mencuci pakaian Mama agar terbebas dari berbagai kotoran, hal ini berlaku untuk seluruh anggota keluarga Mama ya!

Karena hal itu pastinya hal mencuci akan lebih sering dilakukan.Jika Mama memiliki mesin cuci yang tidak kurang bagus tentu akan membuat pakaian pun dapat mudah rusak. Peran teknologi yang mampu membersihkan dengan baik sambil menjaga kondisi pakaian menjadi penting ya, Ma sekarang ini!

3. Menjaga pola makan

3. Menjaga pola makan
Dok. Jovee

Mama, dalam situasi seperti ini sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh dengan cara mengonsumsi makanan yang bergizi ya.

Mengonsumsi makanan bergizi seperti sayuran hijau, buah-buahan serta suplemen membantu Mama dan anggota keluarga Mama dari penyakit lho! Biasakan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi daripada makanan cepat saji ya, Ma.

4. Selalu membuka jendela dan pintu saat pagi hari

4. Selalu membuka jendela pintu saat pagi hari
Unsplash/Zwaddi
Sinar matahari pagi mengandung banyak sekali Vitamin D

Mama, ketika pagi hari Mama membuka jendela di rumah dan pintu rumah Mama itu akan membuat sinar matahari juga ikut masuk ke dalam rumah Mama lho. Hal tersebut sangat baik karena dapat mengganti udara yang pengap yang telah memenuhi ruangan Mama sepanjang malam dapat terganti.

Nantinya Mama akan menghidup udara baru yang lebih segar untuk dihirup. Selain itu, pada pagi hari tubuh dan otak pasti membutuhkan oksigen yang segar dan bersih untuk mempersiapkan diri untuk menjalankan aktivitas dan rutinitas pekerjaan yang lebih semangat dan positif!

5. Menyemprot paket yang datang ke rumah

5. Menyemprot paket datang ke rumah
Popmama.com/Novy Agrina

Mama, pasti selama pandemi gini Mama sering sekali berbelanja online kan? Nah, salah satu kebiasaan yang harus dilakukan setelah adanya pandemi yaitu membersihkan paket yang datang ke rumah menggunakan disinfektan. Hal ini dilakukan upaya pencegahan penularan virus apapun yang menempel dipaket ya, Ma. Walaupun memang virus tidak bertahan dibenda mati, namun lebih baik mencegah kan, Ma?

Itu dia Mama solusi untuk menghadapi kebiasaan baru ditengah pandemi Covid-19 ini ya. Mama harus tetap waspada dan selalu jaga kebersihan!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.