Memasuki Musim Hujan, Pemprov DKI Jakarta Siap Menangani Banjir

Waspada banjir ya Ma untuk daerah Jakarta dan sekitarnya

22 September 2020

Memasuki Musim Hujan, Pemprov DKI Jakarta Siap Menangani Banjir
Pixabay/ssopian88

Hujan deras mengguyur beberapa wilayah di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) dan beberapa wilayah lain pada Senin (21/09/2020). Karena hujan deras ini, beberapa wilayah DKI Jakarta terendam banjir.

Bendungan Katulampa di Bogor sempat bertatus Siaga 1 pada Senin (21/9/2020) malam.

Bagaimana kabar terkini mengenai banjir khususnya di Ibu Kota Jakarta? 

Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya.

1. Hujan deras guyur Ibu Kota

1. Hujan deras guyur Ibu Kota
Freepik/prostooleh

Seperti diketahui, semalam, hujan deras mengguyur wilayah Jakarta. Hal itu mengakibatkan sejumlah wilayah di Jakarta mengalami banjir.

Hari ini Selasa (22/09/2020), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga memprediksi Jakarta Selatan (Jaksel) dan Jakarta Timur (Jaktim) akan diguyur hujan disertai petir sore hari ini. BMKG mengimbau warga untuk waspada.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore hari," tulis BMKG melalui laman resminya, Selasa (22/9/2020).

Editors' Picks

2. Pintu air angke hulu berstatus siaga 2

2. Pintu air angke hulu berstatus siaga 2
Indonesiakaya.com

BPBD DKI Jakarta memberi peringatan dini perihal kenaikan muka air di sejumlah pintu air di wilayah DKI Jakarta. Pagi ini, Pintu Air Angke Hulu berstatus siaga 2.

Informasi kenaikan Pintu Air Angke Hulu itu disampaikan BPBD DKI Jakarta melalui akun Twitter resminya, Selasa (22/9/2020). Ketinggian air di Angke Hulu mencapai 225 cm dengan cuaca mendung tipis.

Kenaikan muka air dengan status Siaga 2 di Pintu Air Angke Hulu itu dilaporkan pada pukul 06.00 WIB. Siaga 2 berarti waspada, debit air di pintu air itu sudah mulai meluas.

Sementara, pintu air lainnya masih berstatus normal atau Siaga 4. Pintu Air yang masih berstatus normal tersebut di antaranya, Katulampa, Depok, Manggarai, Karet, Krukut Hulu, Pesanggrahan, Waduk Pluit, Pasar Ikan, Cipinang Hulu, Sunter Hulu dan Pulo Gadung.

3. Titik banjir di DKI Jakarta

3. Titik banjir DKI Jakarta
Ilustrasi Banjir/IDN Times/Lia Hutasoit

Sejumlah wilayah di DKI Jakarta semalam diguyur hujan deras. Akibatnya, beberapa RT terendam banjir dan warga harus mengungsi. 

Hingga Selasa (22/9/2020) terpantau ada 49 RT di wilayah Jakarta yang terendam banjir dengan berbagai ketinggian. Setidaknya genangan air sudah tersebar di berbagai titik di semua wilayah Jakarta. Hal ini dikutip dari website resmi BNPB, Selasa (22/9/2020) pagi.

Berikut adalah titik-titik banjir di wilayah Jakarta:

  • 14 RT di Jakarta Barat, dengan ketinggian 10-80 cm
  • 10 RT di Jakarta Selatan, dengan ketinggian 10-40 cm
  • 23 RT di Jakarta Timut, dengan ketinggian 10-100 cm
  • 1 RT di Jakarta Utara, dengan ketinggian 20-50 cm
  • 1 RT di Jakarta Pusat, dengan ketinggian 20 cm

Kemudian, untuk pos pengungsian sejauh ini ada 4 di wilayah DKI Jakarta:

  • Mushola Riyadhul Saadah, Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Utara
  • PT Delta Laras Wisata, RW 007, Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan
  • Puskesmas Rawajati 2, RW 007, Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan
  • Halaman Rumah Dinas, RW 007, Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan

Data ini masih bisa berubah mengikuti perkembangan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta. BMKG prediksi secara khusus wilayah Jakarta masih akan diguyur hujan.

4. Himbauan Wakil Gubernur DKI Jakarta

4. Himbauan Wakil Gubernur DKI Jakarta
ahmadrizapatria.com

Wakil Gubernur DKI Jakarta A Riza Patria memprediksi musim hujan akan datang lebih cepat. Dia meminta kepada warga Jakarta untuk bersiap menghadapi banjir.

"Kita minta masyarakat bersiap di musim hujan, apalagi terjadi anomali di beberapa negara, ada terjadi banjir disertai badai. Pada percepatan, biasanya banjir di Jakarta terjadi di akhir Desember-Januari hingga sampai Maret," ucap A Riza Patria kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (22/9/2020).

"Ada percepatan (musim hujan), untuk itu, jadi masyarakat harus bersiap, disamping terus menjaga kebersihan lingkungan tidak membuang sampah," ujar Ariza.

Ariza menyebut jajarannya telah siaga mengantisipasi banjir. Terlebih, pada Senin (20/9/2020) kemarin, Bendungan Katulampa, Bogor berstatus siaga 1. Ariza meminta masyarakat untuk bersiap, karena ada 82 kelurahan yang dilalui sungai Ciliwung yang dimungkinkan nanti terjadi genangan di sekitar sungai Ciliwung karena itu.

5. Persiapan Pemprov DKI mengatasi banjir di Jakarta

5. Persiapan Pemprov DKI mengatasi banjir Jakarta
Dok. Popmama.com

Pemprov DKI Jakarta juga telah menyiapkan beberapa lokasi yang bisa digunakan untuk pengungsi. Menurutnya, lokasi pengungsian tetap akan mengedepankan protokol kesehatan virus Corona (Covid-19).

"Kami juga sudah menyiapkan titik-titik jumlah penampungan yang jumlahnya dua kali lipat karena ini masa pandemi jadi covid-19 kita tetep memperhatikan protokol covid-19, kemudian juga jajaran kami sudah siap," katanya.

Selain itu, saat Bendungan Katulampa, Bogor Jawa Barat, siaga 1 atau status awas pada Senin (21/9/2020), Ariza mengaku sudah memerintahkan jajaran untuk antisipasi banjir hari ini. Kesiapan antisipasi banjir dilakukan di Pintu Air Manggarai sampai lokasi pengungsian.

"Pak Gubernur, saya dan jajaran juga mengecek langsung ke Pintu Air Manggarai. Kita sudah siapkan beberapa alat berat termasuk truk untuk mengambil sampah," kata Ariza.

Itu dia Mama beberapa fakta mengenai hujan yang mengguyur Jakarta dan menyebabkan banjir dibeberapa titik. Untuk itu tetap waspada ya, Mama karena sudah memasuki musim penghujan! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.