9 Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan di Rumah

Melakukan olahraga kardio yang mudah dilakukan di rumah adalah pilihan yang menarik

27 Oktober 2020

9 Olahraga Kardio Mudah Dilakukan Rumah
Freepik/tirachardz

Mama dan keluarga penyuka olahraga? Mungkin bisa mencoba beberapa olahraga kardio yang mudah untuk dilakukan di rumah ini.

Olahraga kardio ini memiliki manfaat yang lebih dari sekedar penurunan berat badan lho. Olahraga ini bisa membantu memompa jantung dan memindahkan darah, sehingga jantung dan paru-paru lebih kuat serta peningkatan kepadatan tulang.

Melakukan olahraga kardio yang mudah dilakukan di rumah adalah pilihan yang menarik, karena menawarkan kenyamanan serta lebih menghemat uang dan waktu.

Bahkan dengan sedikit kreativitas,Mama sudah bisa melakukan olahraga kardio yang efektif untuk mengencangkan otot dan membakar kalori.

Jika Mama ingin mengetahui apa sajakah olahraga kardio yang bisa Mama lakukan di rumah, kali ini Popmama.com akan memberikan beberapa rekomendasi olahraga kardio berikut ini. 

1. Lompat tali

1. Lompat tali
Freepik

Lompat tali adalah salah satu metode kardio murah dan paling ampuh membakar lemak yang bisa dilakukan di rumah, di gym, bahkan saat traveling. Hanya dengan 20 menit, Mama bisa membakar sekitar 220 kalori.

Banyak sekali variasi yang bisa dilakukan untuk pemula sampai yang berpengalaman. Beberapa cara terbaik untuk menggunakan lompat tali sebagai olahraga kardio. Mama bisa meningkatkan intensitas olahraga ini dengan menaikkan waktu penggunaan lompat tali dan menambahkan variasi olahraga lainnya.

2. Jumping Jacks

2. Jumping Jacks
unsplash.com/@bantersnaps

Latihan kardio lainya adalah jumping jacks. Jenis kardio ini bisa dengan mudah Mama lakukan di rumah yang mungkin membawa kita kembali ke masa kecil. Mirip dengan burpees, melakukan jumping jack selama 10 menit berturut-turut dapat membakar sekitar 100 kalori.

Mama juga dapat dengan mudah mengintegrasikan jumping jack ke dalam beberapa latihan lain, seperti burpe, lompat tali, dan lompat jongkok. Tanpa peralatan yang diperlukan, kita dapat melakukan jumping jack di mana saja kapan saja.

3. Joging di tempat

3. Joging tempat
Rawpixel/McKinsey

Mama tidak perlu pergi ke luar atau menggunakan treadmill untuk mendapatkan manfaat dari lari, sekadar jogging di rumah juga bisa memberikan banyak manfaat yang sama lho. Tentu saja, Mama mungkin merasa bosan untuk berlari di tempat dalam waktu yang lama.

Itulah sebabnya kebanyakan orang menggabungkan joging di tempat dengan latihan lain, seperti burpe, lompat tali, atau latihan kekuatan untuk latihan yang lengkap.

Untuk program latihan yang sangat baik, sertakan beberapa putaran dari beberapa latihan di atas untuk sesi 20 - 30 menit yang juga akan membakar lemak dan membentuk otot

Editors' Picks

4. Burpee

4. Burpee
id.pinterest.com/selfmagazine/_created/

Burpee merupakan olahraga seluruh tubuh yang intens serta dapat membakar banyak kalori lho, Ma. Burpee termasuk jenis olahraga kardio yang baik karena dapat membakar 100 atau lebih kalori hanya dalam waktu 10 menit.

Burpee bisa dilakukan dengan squat di lantai, melompat dari kaki lalu posisi plank, lompak ke depan dan ke belakang, serta berdiri duduk. Siapkan sepasang sepatu, Mama pun siap untuk berolahraga.

5. Zumba

5. Zumba
Pixabay/Arembowski

Pastinya Mama pernah dengar olahraga zumba kan? Zumba merupakan olahraga kardiovaskular paling populer untuk para perempuan  maupun pria segala usia karena konsepnya yang asik untuk diikuti.

Biasanya olahraga ini berlangsung selama 60 sampai 90 menit dan sanggup membakar sekitar 400 kalori . Walaupun lama, dijamin waktu akan terasa sangat cepat dengan olahraga zumba lho, Mama! 

Bagi Mama yang tidak jago dance, jangan khawatir karena zumba mudah diikuti oleh semua orang. Mama bisa melakukan olahraga ini di rumah dengan mencari video zumba di youtube lho. Mudah kan, Ma.

6. Squat jumps

6. Squat jumps
Unsplash/Meghan Holmes

Olahraga kardio yang mudah dilakukan satu ini berfungsi untuk melatih kekuatan otot, terutama kaki. Squat dilakukan dengan posisi awal tubuh berdiri dan kaki dibuka sedikit lebar. Lalu, tangan diletakkan di belakang kepala, sedikit melompat dengan mendarat pada posisi setengah jongkok, hingga lutut menekuk.

Olahraga ini membutuhkan persendian yang kuat dan hati yang kuat. Dengan latihan apa pun, mendaratlah dengan lembut untuk melindungi persendian. Mama juga bisa melakukan squat jumps dengan prisoner squat jump dengan tangan di belakang kepala, atau froggy jumps menyentuh tanah saat jongkok lho! 

7. Bear crawl push ups

7. Bear crawl push ups
Freepik/Lunamarina

Latihan bear crawls juga termasuk variasi latihan push up lainnya lho, Ma. Awali dengan posisi awal seperti melakukan push up, kemudian pindakan tangan kanan dan kiri ke depan sehingga kaki kiri menyentuh tangan kiri Mama.

Lakukan hal yang sama dengan kaki dan tangan lainnya. Lakukan gerakan secara perlahan, sehingga Mama bisa rasakan otot tangan dan kaki mengencang. Ulangi sampai 10 x dengan masing-masing tiga set.

8. Kickboxing

8. Kickboxing
kakoasports.com

Olahraga ini meliputi memukul, menendang, dan berbagai kegiatan semacamnya yang dapat Mama kombinasikan. Kickboxing dapat membakar lebih dari 100 kalori dalam 10 menit pada intensitas yang tepat lho, olahraga ini juga tidak memerlukan peralatan.

9. Latihan di tangga

9. Latihan tangga
Freepik.com

Latihan kardio yang bisa dengan mudah dilakukan di rumah adalah berlari menggunakan anak tangga, selama Mama memiliki beberapa anak tangga di rumah atau di dekat rumah.

Latihan dengan menggunakan tangga akan membantu Mama membangun kekuatan dan tenaga di tubuh bagian bawah serta memompa detak jantung. Tantang diri Mama dengan interval mini dengan bergantian antara lari di tangga biasa dan lari ke samping untuk membakar lebih banyak kalori setelah berolahraga.

Pastikan Mama juga memiliki sepatu olahraga yang mendukung sehingga dapat melakukan beberapa latihan tangga jika dengan nyaman ya! 

Itulah Mama, beberapa olahraga kardio yang bisa Mama lakukan di rumah. Walaupun Mama sibuk beraktivitas tapi jangan lupakan olahraga ya Ma, karena itu salah satu agar tubuh Mama tetap bugar! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.