Dorong Semangat Si Kecil yang Berkebutuhan Khusus dengan 5 Hal Ini

Semangat dari Mama sangat penting loh

15 November 2018

Dorong Semangat Si Kecil Berkebutuhan Khusus 5 Hal Ini

Mama pasti setuju jika anak merupakan titipan sekaligus anugerah dari Yang Kuasa. Perjuangan membesarkan anak pun rela Mama lakukan hingga titik darah penghabisan demi tumbuh kembangnya yang optimal.

Terlebih lagi, beberapa dari Mama mendapatkan anugerah yang luar biasa lewat si kecil yang memiliki kebutuhan khusus. Nah, untuk bisa mengoptimalkan tumbuh kembangnya seperti anak-anak lainnya seusianya, Mama bisa melakukan beberapa tips di bawah ini untuk mendorong segala potensinya. Cek dulu yuk, Ma!

1. Beri ia semangat, jangan mengasihaninya

1. Beri ia semangat, jangan mengasihaninya
Popmama/NIVEA

Mama tentu sadar bahwa tidak ada yang ingin diperlakukan berbeda. Nah, hal ini terjadi juga untuk si kecil yang memiliki kebutuhan khusus loh, Ma. Agar si kecil tumbuh menjadi anak yang tetap percaya diri dan punya semangat yang tinggi, salah satu bentuk semangat yang bisa Mama berikan adalah dengan tidak mengasihaninya dan tetap membiarkannya melakukan aktivitas sebagai mana anak lainnya walau tetap dalam pengawasan. Semangat ya, Ma!

2. Luangkan waktu untuk bermain bersama mereka

2. Luangkan waktu bermain bersama mereka
Popmama/NIVEA

Meluangkan waktu dengan si kecil merupakan salah satu bentuk memberikan perhatian yang dibutuhkan si kecil loh, Ma. Anak dengan kebutuhan khusus tentu membutuhkan perhatian ekstra dari orangtua untuk memotivasinya dalam berkembang maupun dalam beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya. Mama bisa memulainya dengan cara-cara yang lebih mudah seperti mengajaknya bermain di rumah dengan permainan yang sederhana, mudah ‘kan, Ma?

Editors' Picks

3. Bangun hubungan emosional yang kuat dengan si kecil

3. Bangun hubungan emosional kuat si kecil
Popmama/NIVEA

Anak-anak sejatinya sama seperti orang dewasa yang akan dengan sendirinya dekat kepada orang-orang yang bisa ia percayakan dan dapat memberikannya rasa aman. Begitu juga yang terjadi dengan anak dengan kebutuhan khusus. Mama bisa memulainya dengan membangun hubungan emosional yang kuat di antara Meme dan si kecil. Setelah ini, si kecil pasti akan lebih terbuka dengan Mama.

4. Membiasakan si kecil dengan rutinitas yang konsisten

4. Membiasakan si kecil rutinitas konsisten
Popmama/NIVEA

Mama, jangan ragu untuk membuat susunan kegiatan hingga menjadi sebuah rutinitas untuk si kecil ya. Mama bisa memulainya dengan menentukan jam berapa ia harus tidur, makan dan aktivitas lainnya. Dengan membiasakan si kecil dengan berbagai rangkaian aktivitas ini, si kecil akan lebih mudah beradaptasi dengan aturan-aturan yang berlaku saat ia masuk ke lingkungan yang lebih luas. Kuncinya hanya satu kok, yaitu konsisten. Semangat, Ma!

5. Tunjukkan rasa sayang Mama dengan sebuah pelukan

5. Tunjukkan rasa sayang Mama sebuah pelukan
Popmama/NIVEA

Walaupun setiap yang Mama lakukan didasari oleh rasa sayang yang tanpa batas untuk si kecil, tapi sadarkah bahwa si kecil juga membutuhkan tindakan yang bisa secara langsung ia tafsirkan sebagai bentuk rasa sayang Mama kepadanya? Coba deh, beri si kecil pelukan hangat. Tindakan seperti ini tidak hanya bisa memberikannya perasaan aman, tetapi juga perasaan dicintai oleh Mama.

Memang benar ya Ma, kasih sayang seorang ibu itu nggak ada yang bisa menggantikan. Nggak heran #SentuhanIbu sesederhana apapun akan selalu memberikan dampak positif pada tumbuh kembang si kecil. Untuk Mama yang memiliki anak dengan kebutuhan khusus, peran seorang ibu menjadi lebih kompleks untuk mengoptimalkan potensi si kecil dalam menggapai mimpi-mimpinya.

Untuk itu, perlu adanya pelatihan khusus bagi para ibu dengan anak berkebutuhan khusus agar tidak salah dalam mendidik dan mengembangkan potensi si kecil. Di sini NIVEA bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Diri dan komunitas Kemuning Kembar berupaya untuk memberikan pelatihan bagi para ibu dengan anak berkebutuhan khusus mengingat ibu memiliki peran penting bagi tumbuh kembang si kecil. Untuk tahu lebih lengkapnya Mama bisa langsung cek di sini.

Nah, itu tadi nih 5 hal yang bisa Mama dengan anak berkebutuhan khusus agar potensinya dapat terus berkembang dan menggapai cita-citanya di masa depan. Semangat ya, Ma!