Apa Itu Ambroxol, Kegunaan, Dosis, & Cara Pemakaiannya untuk Keluarga

Ketahui apa kegunaan ambroxol dan aturan pemakaiannya

14 Februari 2019

Apa Itu Ambroxol, Kegunaan, Dosis, & Cara Pemakaian Keluarga
avogel.ch

Kadang kita mencoba selektif untuk memilih obat saat ada keluhan pada kesehatan. Keluhan kesehatan yang kerap terjadi adalah sakit tenggorokan pada saat menelan, kepala pusing, atau badan tidak terasa bugar.

Mungkin kamu akan coba cari tahu obat apa yang cocok untuk menangani masing-masing penyakit tersebut. Pernahkah kamu melihat tulisan ambroxol pada kemasan obat? Sebenarnya apa kegunaan dari obat yang mengandung ambroxol? 

1. Apa itu Ambroxol?

Ambroxol adalah salah satu obat yang masuk ke dalam golongan mukolitik. Sementara mukolitik adalah obat yang berfungsi untuk mengencerkan dahak. Ambroxol umumnya digunakan untuk mengatasi gangguan pernapasan yang disebabkan oleh produksi dahak yang berlebihan. Bagi orang yang sedang mengalami bronkiektasis dan emfisema akan memproduksi banyak dahak. Ambroxol sirup atau tablet bisa jadi pilihan untuk mengobatinya.

Dengan obat mukolitik maka dahak yang diproduksi akan lebih encer sehingga lebih mudah dikeluarkan dari tenggorokan saat batuk atau berdeham. Jika dahak sudah keluar, dapat dirasakan pipa saluran pernapasan jadi lebih terbuka dan lebih lega.

2. Cara mendapatkan ambroxol

2. Cara mendapatkan ambroxol
ratuobat.com

Biasanya obat ini diberikan melalui resep dokter. Orang yang mendapatkan obat ini adalah orang yang mengalami batuk dan pilek.

3. Manfaat ambroxol

3. Manfaat ambroxol
mydr.com.au

Ambroxol memiliki manfaat untuk mengencerkan dahak. Jika dahak sudah encer maka lebih mudah dikeluarkan melalui batuk. Orang yang tadinya merasa napasnya pendek akan merasa lebih lega dan bisa bernapas dengan lebih ringan.

Obat ini digunakan dalam beberapa kondisi yang menghasilkan banyak dahak, terutama untuk orang dengan penyakit sebagai berikut:

  • Bronkiektasis
  • Emfisema
  • Bronkitis kronis dan akut
  • Bronkitis asmatik
  • Pneumokoniosis bronkitis.

Editors' Picks

4. Apakah ambroxol aman untuk dikonsumsi ibu hamil?

4. Apakah ambroxol aman dikonsumsi ibu hamil
aarp.org

Menurut studi yang pernah dilakukan, pemberian ambroxol pada hewan dapat memengaruhi janin. Tapi belum diketahui pada ibu hamil, maka itu disarankan untuk dilihat kembali sebelum minum obat mengandung ambroxol apakah ibu hamil bisa merasakan lebih banyak manfaatnya atau malah menambah risiko pada kesehatan janin?

Ibu hamil harus tetap mendapatkan obat melalui resep dokter agar lebih aman.

5. Dosis Ambroxol

5. Dosis Ambroxol
onlymyhealth.com

Untuk dewasa, dosis ambroxol biasanya diberikan sebanyak 30 hingga 120 mg perhari. Dosis akan disesuaikan dengan kondisi pasien, tingkat keparahannya dan respons tubuh terhadap obat, termasuk berat badan dan usia pasien.

Pada pasien anak-anak, dosis ambroxol juga akan disesuaikan dengan berat badan mereka.

Perhatian, setiap kali minum obat silakan perhatikan reaksinya pada bagian kulit, pernapasan, panca indra dan lidah. Jika merasakan ada yang aneh bisa segera tanyakan ke dokter untuk mengetahui apakah itu aman-aman saja atau reaksi alergi pada obat tersebut.

6. Cara mengonsumsi obat ambroxol yang benar

6. Cara mengonsumsi obat ambroxol benar
indiamart.com

Konsumsi ambroxol pada saat, atau setelah makan.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Itu artinya jarak minum obat tidak terlalu dekat. Biasanya dibedakan antara 4 sampai 6 jam.

Usahakan untuk mengonsumsi ambroxol di jam yang sama setiap hari agar efek yang didapat lebih maksimal.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi ambroxol, sebaiknya segera meminumnya bila jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya tidak terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan pernah mengonsumsinya dengan menggandakan dosis ambroxol.

7. Efek samping dari mengonsumsi ambroxol

7. Efek samping dari mengonsumsi ambroxol
liverdoctor.com

Saat mengonsumsi obat tertentu terkadang ada efek samping yang terjadi, namun tidak semua orang akan mengalami efek samping tersebut. Efek samping yang mungkin terjadi selama penggunaan Ambroxol Tab 30 mg Indofarma adalah sebagai berikut :

Gangguan saluran cerna ringan (seperti mual, muntah, diare atau sembelit)
Reaksi alergi

Bila efek samping terjadi cukup lama, atau lebih dari satu hari dan bahkan memburuk, segera hentikan penggunaannya. Segera konsultasikan ke dokter untuk dilakukan observasi.

Itulah penjalasan tentang apa itu ambroxol, kegunaannya, dosis pemakaian dan efek samping yang mungkin terjadi jika kita mengonsumsinya. Gunakan secara tepat ya, Ma.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!