Hari Bawa Bekal Nasional: Pentingnya Orangtua Siapkan Bekal untuk Anak

Apakah ini merepotkan bagi Mama? Semangat ya Ma, ini alasan pentingnya menyiapkan bekal untuk anak

12 April 2019

Hari Bawa Bekal Nasional Penting Orangtua Siapkan Bekal Anak
Pixabay/risa_miyakawa

Hari Bawa Bekal Nasional adalah peringatan yang telah dilakukan sejak tahun 2013 dan telah digagas oleh salah satu produk terkenal dari peralatan rumah tangga bersama-sama Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Pendidikan Nasional dan BPOM. 

Bekal anak sekolah juga menjadi sangat penting karena bisa lebih efisien dalam anggaran dan lebih sehat karena kandungan gizi dan level kebersihannya bisa langsung dikontrol oleh Mama.

Membawakan bekal untuk anak juga bisa memberi pengetahuan kepada si Kecil agar mereka tidak jajan sembarangan. Anak perlu diberi pemahaman mengenai akibat dari jajan sembarangan, bukan untuk menakut-nakutinya melainkan ini adalah cara orangtua untuk memproteksi anak-anak tersayang. 

Berikut ini Popmama.com akan mengemukakan beberapa alasan pentingnya menyiapkan bekal untuk anak sekolah:

1. Melindungi anak dari kebiasaan jajan sembarangan

1. Melindungi anak dari kebiasaan jajan sembarangan
Unsplash/TiagoMendes

Anak-anak belum cermat dalam menghabiskan uang yang dititipkan orangtua. Ini menambah peluang anak untuk jajan sembarangan. Kebiasaaan jajan memang umumnya dimulai sejak anak usia sekolah.

Saat si Kecil sedang bersama teman-temannya maka ia cenderung senang untuk jajan. Saat bel sekolah berbunyi, secara otomatis ia akan meluangkan waktu untuk makan, jika tidak disediakan bekal maka anak akan pergi mencari makanan dan jadinya akan terbiasa jajan sembarangan. 

Meskipun jajan dapat menjadi salah satu bentuk quality time si Kecil bersama teman-temannya, namun anak perlu dibantu untuk menghindari kebiasaaan jajan makanan dan minuman yang tidak sehat karena dapat merusak pola makannya.

Jajan sembarangan juga bisa memengaruhi napsu makan anak. Sementara makanan terlalu banyak kandungan tepungnya, juga bisa memberi dampak anak mudah ngantuk, kegemukan, diabetes tipe 2, bahkan obesitas.

2. Mencegah anak jadi picky eater

2. Mencegah anak jadi picky eater
wp.com

Menyiapkan bekal anak juga bisa mencegah anak jadi picky eater. Kalau anak sudah biasa jajan sembarangan, mereka biasanya sudah mencicipi makanan dengan berbagai rasa yang di luar kendali orangtua.

Bisa jadi makanannya terlalu banyak MSG atau terlalu manis dan menggunakan pemanis buatan yang tidak menyehatkan tubuh.

Itulah makanya penting membawakan bekal untuk anak agar meminimalisir risiko kesehatan yang akan terjadi pada si Kecil. Jangan sampai makanan dengan perasa yang ekstra tadi membuat anak jadi picky eater dan sukar makan sayur-sayuran dan buah-buahan.

Baca juga:

Editors' Picks

3. Mencegah anak konsumsi makanan yang kurang bergizi

3. Mencegah anak konsumsi makanan kurang bergizi
Dok. Istimewa

Anak belum terlalu memahami makanan yang sehat dan bergizi dengan yang tidak. Mereka masih belum fasih dalam membedakan hal tersebut.

Dengan menyiapkan bekal anak sebelum mereka berangkat sekolah, maka orangtua memastikan apa yang dikonsumsi anak dapat mencegah si Kecil mengonsumsi makanan yang kurang bergizi.

Jajanan rentan menggunakan pewarna dan pengawet. Ini membahayakan kesehatan si Kecil.

4. Asupan gizi si Kecil jadi terkontrol

4. Asupan gizi si Kecil jadi terkontrol
Freepik

Mama bisa mengatur sarapan dan bekal anak setiap hari. Dari sinilah Mama dapat mengontrol gizi yang dikonsumsi oleh anak. 

Mengonsumsi gula, garam, dan lemak yang ada dalam jajanan terlalu berlebihan dapat memicu obesitas bagi anak.

5. Mencegah penyakit menular yang biasa terjadi karena jajan sembarang

5. Mencegah penyakit menular biasa terjadi karena jajan sembarang
Freepik

Batuk, pilek, diare dan demam bisa disebabkan oleh bakteri dan virus. Jajan sembarangan bisa membuka peluang anak terkena penyakit di atas. 

Menyiapkan makanan bekal untuk anak dapat menutup peluang dari penularan berbagai jenis penyakit. Makanan bekal sudah jelas disajikan secara lebih higienis.

Oleh karena itu, bekal anak sekolah menjadi semakin penting untuk mengatasi segala macam dampak buruk bagi kesehatan anak. Itulah alasan pentingnya menyiapkan bekal anak setiap hari. Meski memusingkan bagi orangtua, tapi jangan patah semangat ya Ma.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!