Millennial Couple of the Month Edisi September 2021: Daniel Mananta & Viola Maria

"Saya ingin orang memiliki harapan baru di tengah keadaan yang serba tidak pasti"

3 September 2021

Millennial Couple of the Month Edisi September 2021 Daniel Mananta & Viola Maria
Dok. Popmama.com

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama satu setengah tahun. Sejak awal Maret 2020 lalu, Presiden Jokowi mengumumkan kasus positif pertama di Tanah Air. Ini bukan hal yang mudah bagi banyak orang. 

Bermula dari masalah kesehatan secara umum, lalu akhirnya berdampak pada masalah keuangan keluarga, hubungan antara suami dan istri, bahkan pada pendidikan anak. 

Dari waktu ke waktu banyak hal tidak pasti. Kondisi ini membuat orang jadi mudah frustasi. Namun ini juga memberikan pengalaman baru bagi sebagian orang. Ada yang mencoba membuka usaha, ada yang memutuskan anaknya untuk home schooling, atau berani memilih keputusan menjadi orangtua tunggal. 

Tidak ada yang salah dengan sebuah keputusan baru, selama itulah hal yang terbaik bagi kita. Namun, dalam menemukan sebuah keputusan kadang seseorang memerlukan dukungan. 

Bicara soal memberi dukungan pada banyak orang dalam kondisi yang sulit ini, banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya seperti yang Daniel Mananta lakukan. Ia membuat Youtube Channel Daniel Mananta Network dengan program Daniel Tetangga Kamu dan Journey To Love.

Di channel Daniel Tetangga Kamu, ia mengungkap cerita si bintang tamu untuk saling membagikan setiap proses kehidupannya. Mau bagaimana pun kondisinya, semua bisa dianggap normal dan justru bisa saling menerangi rumah lainnya. 

Ditambah lagi, dalam program Journey To Love, Daniel juga hadir bersama sang Istri, Viola Maria. Keduanya sama-sama memberikan inspirasi bagi banyak pasangan di luar sana yang mungkin sedang berjuang dalam menjalani rumah tangganya saat ini.

Untuk itu, Popmama.com memilih Daniel ManantadanViola Maria menjadi Millennial Couple of the Month edisi September 2021. Banyak hal yang mereka berikan melalui konten positif hingga kena ke hati penontonnya. 

Bukan hanya sekadar membuat konten, tapi mungkin ini bisa membantu banyak orang bahkan mengubah pola pikir mereka. Penasaran seperti apa kisah yang mereka bagikan dalam exclusive interview bersama Popmama.com

Simak rangkumannya hingga akhir! 

1.  Apa tujuan hidup Daniel saat ini?

1.  Apa tujuan hidup Daniel saat ini
Instagram.com/vjdaniel

Pada May 2021, ia merayakan ulang tahun yang pertama Daniel Mananta Network. Banyak "Tetangga Daniel" yang ikut mengucapkan selamat.

Ia berhasil mencuri hati para penonton setianya melalui program Daniel Tetangga Kamu yang biasa tayang di Youtube setiap Senin-Sabtu. 

Pada Juli 2021, Daniel juga sempat menayangkan video singkat di Instagram bersama putrinya, Mila Mananta. Saat itu ia telah mencapai 1 juta subscriber.

Obrolan seputar perjalanan hidup dan pengalaman spiritual para bintang tamu memberikan dampak besar dan banyak pelajaran hidup bagi para penonton. 

Apa sebenarnya tujuan Daniel membuat acara tersebut?

"Point pentingnya adalah ternyata semua orang, baik itu pengusaha, public figure, politician, mereka yang saya undang ternyata juga pernah mengalami kekhawatiran, ketakutan, nggak bisa tidur karena ketidakpastian di dalam hidup mereka," ungkap Daniel.

Baginya, "Dari tetanga kita, solusi untuk masalah tersebut adalah kembali lagi kepada Tuhan! Ritualnya mungkin berbeda. Itu yang namanya agama dan ritualnya berbeda, tapi hubungan sipurtualnya itu sama yaitu kembali ke Tuhan yang Maha Esa." 

"Yang mind blowing banget buat saya adalah ketika orang nonton itu, kamu bisa feel good atau feel God. Kamu merasakan bahwa, "Oh ternyata saya punya lho, harapan. Jadi kalau Tuhan bekerja di hidupnya dia, Tuhan bisa bekerja di hidup saya juga."

"Dan semua yang kita pikir masalah itu unik banget dan cuma menimpa diri kita aja, seperti dalam hati bilang, "Kenapa ya masalah saya begini, kenapa begitu..." dan ternyata masalah juga sedang dialami orang lain. Masalahnya mungkin beda, tapi perasaannya yang sama, dan masalah juga bisa menimpa  public figure juga."

Presenter ternama ini mengakui, "Jadi di situlah saya bisa membuat orang yang lagi nonton atau dengar podcast itu memiliki harapan baru, mempunyai semangat baru untuk melewati masa-masa yang menantang ini."

Daniel juga mensyukuri pencapaiannya bersama dengan tim dalam waktu setahun terakhir ini.

"Kita juga beruntung banget dalam waktu 1 tahun sudah dapat 1 juta subscriber, di mana saya dan 
tim fokus banget dengan spiritual."

Daniel merasa ada yang spesial dengan pencapaiannya kali ini.

"Ini hebat banget karena orang-orang ngomong soal spiritual biasanya stuck, di mana, di posisi tertentu. Tapi ini bisa sampai 1 juta. untuk ke depannya sendiri, kita akan buat acara-acara di playlist kita yang menambah value buat pendengar semuanya," ungkap Papa dua anak ini.

Editors' Picks

2. Membantu banyak orang dengan membagikan konten positif

2. Membantu banyak orang membagikan konten positif
Dok. Popmama.com

Bisa dibilang Daniel telah memberikan penguatan dan harapan baru bagi penontonnya melalui konten positif yang membuat banyak orang kembali ingat dengan Sang Pencipta.

Daniel juga menceritakan beberapa kisah bintang tamu yang ternyata memberikan dampak luar biasa bagi yang menontonnya.

"Ada beberapa bintang tamu menurut saya yang memberikan impact luar biasa banget. Pertama gara-gara nonton Pandji Pragiwaksono. Jadi ada penonton yang kirim pesan:

"Hai bro, sekadar mau cerita sedikit. Gue baru aja kehilangan pekerjaan gue, gue punya anak umur 1 tahun. Gue merasa nggak berguna banget di rumah. Istri gue kerja tapi gue cuma bisa diam di rumah, sudah apply-apply kerjaan dan belum ada jawaban. 

Kemarin siang gue searching di Google, dan gue cari cara bunuh diri yang tepat. Untungnya gue nggak dapat jawaban di situ. Dan ketika gue buka Instagram gue, gue lihat pembicaraan lo sama Pandji, di mana Tuhan bantu Pandji di saat yang tepat. Bukan di saat Pandji mau. 

I just wanna say thank a lot, bro! Karena video itu akhirnya gue semangat lagi sekarang. Gue cari kerja dan akhirnya sekarang gue bisa berpikiran jernih lagi."

Daniel pun sangat bersyukur ternyata konten yang ia berikan benar-benar berguna untuk orang lain.

"Waw, yang kita lakukan adalah kita menyelamatkan jiwa orang di sini. Bukan cuma sekadar bikin orang feel good tapi mereka feel God, seperti yang tadi saya bilang di awal," ungkap Daniel. 

Itu cuma salah satu saja, masih banyak kisah lainnya. Salah satunya adalah penonton yang lihat video Maia Estianti.

"Dia DM dan gue copy semuanya. Ini ceritanya panjang banget kaya novel, tapi ini ngomongin soal bagaimana dia jalanin hidup dengan trauma parah sampai jalanin hypnoterapi."

"Itu benar-benar sulit, dia menagis berbulan-bulan sendiri, karena rasanya sampai sudah kehilangan jiwanya. Kadang mau berdoa pun dia sudah nggak ada tenaga dan nggak bisa ngomong apa-apa. Yang bisa dia lakukan cuma nangis, tidur dan dengar apa yang bisa dia dengar atau tonton."

"Kata dia, "Tapi di sinilah keajaiban Tuhan, episode pertama yang muncul di thumbnail aku wawancara Ko Daniel sama Bunda Maiya Estianti. Looking back, saya sekarang percaya banget itu adalah jalan Tuhan yang membuat saya nonton video itu. Mungkin apa yang saya rasain waktu itu sama dengan yang dirasakan Bunda Maiya." kata penonton Daniel Tetangga Kamu." 

Di sini Daniel mengaku bahwa  dirinya fokus ingin membawa manfaat bagi siapapun yang sedang dalam kesulitan atau kegelapan. Ia ingin memberitahukan orang-orang, bahwa selalu ada jalan.

"Saya nggak pernah lihat gara-gara siapa tamunya lalu subscriber-nya jadi banyak. Justru saya lebih penting, gara-gara siapa dan impact-nya jadi lebih kena. Yang nonton atau yang dengar jadinya mempunya hubungan baru sama Tuhan. Kayak diingetin aja, "Udah deh, kamu ngapain sih, coba aja dengar kekuatan kamu sendiri. Yuk, doa yuk sama saya." Lebih ke situ, itu menurut saya lebih berharga daripada sensasional untuk membuat subscriber nambah," ungkap Daniel.

Isi konten dari Channel Daniel Tetangga Kamu memang terasa sangat merangkul, sehingga penontonnya merasa memiliki teman yang berada di posisi yang sama. 

3. Titik balik Daniel Mananta hingga memiliki pola pikir yang baru

3. Titik balik Daniel Mananta hingga memiliki pola pikir baru
Instagram.com/vjdaniel

Sebelum menikah dengan sang Istri, Viola Maria pada 2 Oktober 2011 lalu, Daniel telah melewati banyak hal dalam hidupnya. Dikenal sebagai VJ MTV membuat semua orang dari berbagai negara mengenal dan mengaguminya. 

Setelah menjadi pembawa acara Indonesian Idol sejak musim ketiga pada tahun 2006, Daniel semakin memiliki banyak fans. Kini penggemarnya dari berbagai usia, baik dari orangtua ataupun anak-anak. 

Setelah menikah dengan Viola, Daniel juga dianugerahi dua orang anak yaitu Mila dan Noam. Hidup mereka sangat sempurna. 

Namun, dalam perjalanan panjang itu, apa titik balik kehidupan Daniel Mananta hingga ia memiliki pola pikir yang positif seperti saat ini? Menjadi pribadi yang lebih dekat dengan Tuhan. 

"Ada masa, pas tahun 2012 saya kehilangan suara saya gara-gara ada tumor jinak di pita suara. Tumor tersebut bukan hanya membuat saya kehilangan suara tapi juga kehilangan identitas saya di saat itu. Siapakah Daniel Mananta kalau bukan seorang presenter? Tanpa suara, ya saya bukan presenter lagi," kenang Daniel. 

Tumor jinak itu terjadi setahun setelah Daniel menikah dengan Viola dan memiliki seorang anak. Daniel terpukul dengan kondisinya saat itu.

"Saat itu saya baru menikah dengan Viola, anak pertama baru aja lahir. Di situ saya merasa itu hukuman dari Tuhan untuk saya. Ini adalah jalan hidup saya sekarang. Saya benar-benar depresi di masa-masa itu. Di waktu  bersamaan saya juga mulai mencari Tuhan."

"Saat itu, saya sudah nggak bisa berpegangan lagi sama kekayaan dan uang-uang yang saya kumpulkan selama ini. Ya mau bagaimana, suara saya hilang."

Ia mengakui banyak hal berubah, di situlah Daniel merasa tidak berdaya dan tidak bisa ada yang menolongnya.

"Network dan teman-teman saya juga saat itu sudah pasti nggak bisa menyelamatkan saya. Dokter-dokter yang pintar pun, orangtua saya, bahkan saya sendiri juga nggak bisa menyelamatkan diri sendiri. Akhirnya siapa yang bisa menyelamatkan saya? Di situlah saya berpaling dan meminta kepada Tuhan," ungkap Daniel.

Kondisi itu mengetuk hati Daniel sehingga ia segera pulang dan bersandar kepada Sang Pencipta. Segera setelah Daniel berdoa dan meminta pada-Nya, saat itulah Tuhan membantunya.

"Di waktu yang bersamaan, Tuhan sangat bekerja di kehidupan saya. Ketika Tuhan mengembalikan suara saya, di situ saya merasa seperti, saya ini nggak layak sebenarnya bisa mendapatkan suara ini balik. Setelah saya melewati kehidupan saya yang lama, yang ancur banget." 

"Nah, karena ketidaklayakan tersebut dan karena rasa cinta yang begitu luar biasa dari Tuhan yang sudah saya terima, padahal saya nggak layak untuk menerimana, dari situlah akhirnya pola pikir saya berubah menjadi seperti saat ini," kenang Daniel.

Menurut Daniel di dunia ini orang hanya memerhatikan 2 hal, penampilan fisik dan mental. Penampilan fisik seperti bagaimana bisa six pack, atau tampil kurus, cantik, kulit cerah, dll. 

Lalu yang kedua mental, seperti bagaimana seseorang bisa terlihat smart di Instagram. Misal opininya bermanfaat, bagaimana cara mengasah pengetahuan kita jadi kalau kita berdebat sama orang nanti kita bisa menang. 

Itu semua memang penting, tapi di samping itu menurut Daniel jarang orang membahas soal spiritual. 

"Saya merasa perlu ada penyeimbang, termasuk soal spiritual. Semenjak pola pikir saya berubah, saya berusaha menyeimbangkan 3 hal ini, yaitu fisik, mental dan spiritual," pungkas Daniel.

4. Tips untuk memulai kehidupan yang lebih baik a la Daniel Mananta

4. Tips memulai kehidupan lebih baik a la Daniel Mananta
Instagram.com/lolagin

Fase hidup orang berbeda-beda, namun kondisi yang sulit seperti saat ini bisa saja membuat kamu menjadi semakin kesusahan untuk bertahan. 

Bagaimana caranya agar kamu tidak tersesat ketika memiliki kesusahan dan permasalahan hidup? 

Berikut ini Daniel Mananta berikan tips untuk memulai kehidupan yang baik, yang bisa membuat kamu lebih mencintai diri kamu dan memiliki harapan baru. 

"Untuk Millennial Mama dan Millennial Papa, khususnya yang lagi menghadapi masalah, putus asa, kekhawatiran, kerena banyak sekali hal yang tidak pasti, saya ingin menawarkan solusi di mana saya merasakannya sendiri yaitu mempunyai hubungan intim untuk connect lagi ke Sang Maha Pencipta. 

Saya percaya dengan memiliki ritual dengan Sang Maha Pencipta, yang terutama adalah di saat kamu nggak punya apapun untuk bergantung, ketika kamu sudah mulai kesulitan mencari bantuan, kenapa kamu nggak mencoba untuk mendapatkan tangan Tuhan, sedangkan Tuhan sedang mengulurkan tanganannya ke kehidupan kamu. 

Yuk, kita hubungkan kembali hubungan intim dengan-Nya. Cukup doa singkat aja, "Tuhan tolong, Tuhan saya takut, Tuhan bantu saya." Cukup dengan begitu aja, kamu bisa merasakan ketika Tuhan membantu di dalam hidup kamu," ungkap Daniel.

Itulah perjalanan Daniel Mananta hingga menjadi karakter yang baru, yang kini lebih dikenal dengan spiritual yang tinggi dan memotivasi. Banyak yang bisa dijadikan pelajaran dalam kehidupan dan bukan penghakiman.

Millennial Couple of the Month Edisi September 2021 - Daniel Mananta & Viola Maria

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Video Creator - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Ediarti
Video Editor - Bima Bintoro
Design - Hilyatul Auliya Habib & Shania Tabina Anandanoe
Foto Editor - Razka Ramadhan

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Daniel Mananta & Viola Maria
Millennial Mama

Daniel Mananta & Viola Maria

"Kami ingin orang mencintai hidupnya dan memiliki harapan baru"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.