Sebelum Meninggal Dunia, Ini Pesan Habibie untuk Generasi Muda

Ini dia pesan BJ Habibie yang mungkin perlu diingat dan disampaikan kembali untuk anak mama

11 September 2019

Sebelum Meninggal Dunia, Ini Pesan Habibie Generasi Muda
Instagram.com/habibiecenter

Bacharuddin Jusuf Habibie telah meninggal dunia pada Rabu (11/09/2019), di usia 83 tahun. Presiden ketiga Republik Indonesia ini juga dikenal sebagai bapak tekno Indonesia. Ia telah berhasil membuat pesawat yang karyanya masuk di tingkat dunia.

Kecerdasan dan kejeniusannya ini banyak mencuri perhatian banyak orang. 

Sebelum BJ Habibie tutup usia, Habibie yang kerap disapa "Eyang" sempat menitipkan pesan untuk generasi milenial lewat video Catatan Najwa.

Apa saja?

Berikut Popmama.com rangkum untuk kembali diingat.

1. Generasi milenial bisa unggul dalam bidang masing-masing

1. Generasi milenial bisa unggul dalam bidang masing-masing
Dok. IDN Times

Pesan BJ Habibie untuk generasi milenial yang pertama adalah agar bisa menjadi pribadi yang unggul seharusnya menjadi pegangan "kids zaman now" menurut Habibie. 

"Harus berusaha supaya menjadi unggul dalam bidangnya masing-masing," kata Habibie dalam tayangan yang diunggah pada Desember 2017 itu.

Salah satu caranya menurut Eyang Habibie adalah menanamkan mindset belajar untuk mengerti bukan untuk sekadar lulus. Utamanya di bidang-bidang yang digemari.

Perlu diingatkan kepada yang lebih muda dan yang masih anak-anak untuk bisa mengenali bakat dan minat masing-masing dengan baik. Tidak harus selalu mengikuti tren, setiap orang memiliki keunikan dan keahliannya masing-masing.

2. Harus bisa berkolaborasi

2. Harus bisa berkolaborasi
Instagram.com/habibiecenter

Dapat berkolaborasi dengan baik dengan segala pihak menjadi hal yang menurut Habibie perlu untuk dikuasai oleh anak zaman sekarang. Menjadi pribadi yang unggul di bidangnya masing-masing nyatanya tidak cukup.

"Harus bisa bekerja sama dalam satu tim," kata Habibie. "Pertama Anda unggul dalam bidang masing-masing tapi dengan satu tim sebagai satu tim itu yang unggul dalam segala bidang," kata dia lagi.

Kepentingan yang diperjuangkan dalam satu tim pun menurut Habibie harus kepentingan bersama.

Editors' Picks

3. Menjadi pribadi yang transparan

3. Menjadi pribadi transparan
Instagram.com/infotransferliga1

Setelah menjadi tim yang unggul dalam segala bidang ternyata masih ada hal lain yang menurut Habibie harus menjadi pegangan untuk kids zaman now, yaitu dapat bekerja dengan terbuka.

"Harus transparan," kata Habibie singkat. Menurutnya bekerja dengan collaborative bersama-sama dalam satu tim memerlukan keterbukaan dan transparansi yang baik agar dapat terus berkembang dan menjadi lebih baik.

4. Jangan main games terus

Kepada Najwa, Habibie bercerita dirinya jarang marah ketika cucunya memilih menggunakan teknologi untuk bermain games. 

BJ Habibie menegaskan tidak salah untuk menggunakan teknologi dan terus memperbaharui pengetahuan terhadap teknologi namun tidak hanya untuk bermain games saja.

"Jangan habiskan waktu dengan main games," kata Habibie. "Habiskan waktu dengan membaca terhadap sesuatu yang Anda tekuni dan sukai," lanjutnya. 

5. Jangan lepaskan budayamu

5. Jangan lepaskan budayamu
Instagram.com/folkative

Kids zaman now diharapkan Habibie dapat menjadi andalan tidak hanya bagi keluarga namun juga bagi bangsa dan negara.

Salah satu cara yang menurut Habibie dapat dilakukan oleh kids zaman now adalah tetap melestarikan budaya Indonesia yang didapat dari keluarga dan agama.

"Jangan lepaskan budayamu," Kata Eyang Habibie. "Budaya itu harus Anda kembangkan terus kualitasnya," lanjutnya kala itu.

Itulah 5 pesan BJ Habibie untuk generasi milenial, mungkin pesan ini bisa disambungkan kembali untuk anak mama dan generasi mendatang. 

Baca juga: BJ Habibie Meninggal Dunia, Presiden Jokowi Ucapkan Duka Mendalam

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;