11 Situs Belanja Online Terpercaya di Indonesia, Mana Favorit Kamu?

Sudah bikin akun di toko online yang mana saja nih, Ma?

11 September 2019

11 Situs Belanja Online Terpercaya Indonesia, Mana Favorit Kamu
Pexels/Rawpixel.com

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI) disebutkan bahwa transaksi toko online di Indonesia sepanjang 2018 berhasil mencapai Rp 77,766 triliun. Angka ini meroket 151% dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 30,942 triliun.

"Angka transaksi ini dikumpulkan dari sekitar delapan pemain utama e-commerce di Indonesia," ujar Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara, kepada awak media (11/09/2019).

Data tersebut merinci transaksi berdasarkan produk yang dibeli dari toko online sebagai berikut:

  • Gadget & accessories nilainya Rp 16,823 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 8,018 triliun
  • Fashion nilainya Rp 12,125 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 3,357 triliun
  • Computer & accessories nilainya Rp 7,814 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 3,672 triliun
  • Personal care & cosmetic, nilainya Rp 7,443 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 2,695 triliun
  • Electronic nilainya Rp 5,255 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 2,313 triliun
  • HH & Office Supplies nilainya Rp 4,909 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 1,899 triliun
  • Automotive & Accessories nilainya Rp 3,739 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 1,581 triliun
  • Food and beverages nilainya Rp 2,289 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 630,6 miliar
  • Photography nilainya Rp 2,49 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 1,409 triliun
  • Sport Apparel nilainya Rp 2,49 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 1,409 triliun
  • Book & Stationary nilainya Rp 689,39 miliar, dari tahun sebelumnya Rp 227,4 miliar
  • Music and film nilainya Rp 453,32 miliar, dari tahun sebelumnya Rp 207,2 miliar
  • Lainnya nilainya Rp 11,377 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 3,846 triliun

Sementara untuk Januari 2019, tercatat nilai transaksi di toko online mencapai Rp 8,204 triliun. Ini jelas meningkat tinggi, yaitu 135,8% dibandingkan Januari 2018 lalu.

Meski data tersebut semakin meyakinkan pengguna internet untuk melakukan transaksi online, tetap saja ada oknum yang mungkin saja melakukan penipuan.

Dari sekian banyak situs belanja online di Indonesia, berikut ini Popmama.com menyebutkan 11 rekomendasi situs belanja online terpercaya yang bisa jadi pilihan Mama untuk belanja berbagai macam kebutuhan keluarga.

1. Blanja.com

Tempat belanja online yang satu ini cukup lengkap. Belakangan Blanja.com juga ikut mengadakan promo khusus di tanggal cantik. 

Seperti yang diadakan pada 9.9 lalu, situs belanja online ini mengadakan diskon hingga 70% untuk barang-barang tertentu. Selain itu, belanja apa saja diskon ongkir hingga 100%.
 
Di sini kamu bisa belanja produk yang dijual dari ebay. Kamu juga bisa menemukan banyak pilihan produk yang dijual oleh UKM dan produk BUMN.

2. Buka Lapak

2. Buka Lapak
bukalapak.com

Sesuai tagline, "Bukalapak emang cincai" di sini para pelapak bisa dinego harganya. Produk yang disediakan oleh para pelapak juga sangat lengkap.

Di sini juga dijual produk kosmetik, pakaian, barang elektronik, pulsa, tiket railink, bahkan bisa beli perlengkapan untuk si Kecil di sini.

Program promo yang menarik juga bisa menjadi daya tarik tersendiri. Di sini bisa menemukan promo segar di setiap bulannya seperti potongan harga hingga 90% hingga cicil emas bisa angsur tiap bulan.

3. Bobobobo

Bobobobo adalah toko online yang menyediakan barang fashion dari designer di dalam dan luar negeri. Barang diantarkan ke rumah dengan kemasan yang unik dan diantarkan langsung oleh kurir dari Bobobobo. 

Barang yang dijual harganya bisa beragam, tapi jika kamu mencari produk fashion bermerek dengan kualitas bagus, di sini bisa jadi salah satu pilihan.

4. Blibli

Situs belanja online yang satu ini juga menyediakan pilihan barang yang lengkap. Konsep mall online yang dibawa oleh Blibli memang cukup menjawab kebutuhan banyak keluarga di Indonesia.

Dari mulai produk susu atau kebutuhan anak lainnya, barang elektronik, fashion laki-laki atau perempuan, produk kecantikan, semuanya ada di sini.

Blibli juga berkolaborasi dengan beberapa perusahaan lain untuk mengembangkan bisnisnya. Apakah kebutuhan kamu ada di sini?

5. HappyFresh

5. HappyFresh
happyfresh.com

HappyFresh adalah sebuah situs belanja online yang bisa menjadi pilihan saat kamu ingin membeli kebutuhan harian dari supermarket atau toko khusus pilihanmu. 

HappyFresh juga memilihkan dan mengantarkan belanjaan kebutuhan rumah tangga dari supermarket sampai ke depan rumah pada waktu yang kamu tentukan. Paling cepat kurang lebih dalam waktu satu jam.

Untuk menyenangkan banyak penggunanya, situs belanja online ini sudah bekerja sama dengan 150 lebih supermarket di Indonesia.

Editors' Picks

6. iLOTTE

6. iLOTTE
ilotte.com

Ardi A. Sudarto, Chief Marketing iLOTTE menjelaskan, "iLOTTE adalah online shopping mal. Ini merupakan tempat belanja yang di-onlinekan."

Di sini kamu bisa menemukan beragam produk seperti produk kecantikan, barang fashion, dan bagi kamu pecinta K-Pop di sini kamu bisa beli produk orisinil dari negeri aslinya. Dari pada bingung pilih jastip, banyak orang lebih memilih untuk belanja online di sini. 

Di bulan Oktober 2019 ini iLOTTE akan berulang tahun yang kedua. Situs belanja online ini akan membuat rangkaian promo untuk memeriahkan ulang tahunnya. 

Jangan sampai kamu ketinggalan ya, campaign selama merayakan ulang tahun kedua di sini bisa kamu catat!

  • September: Korean Beauty Fair
  • Oktober: 2nd anniversary
  • November: 4th int'll beauty fair
  • Desember: Super sale 12.12

Kamu juga bisa cek ada promo apa saja dengan lihat #ngemalldarihape di media sosial.

Campaign utama yang berjalan adalah "TerJjang Cashback 2 Miliar" dan selain itu juga ada cashback 350 ribu setiap harinya.

Dini Kinanti, Brand Communication Ass. Leader iLOTTE juga menjelaskan saat Lancheon Media Briefing pada Kamis (05/09/2019) tentang alasan kenapa mereka memilih nama TerJjang di campaign ulang tahun keduanya. 

"TerJjang itu adalah bahasa Korea, Jjang yang artinya adalah terbaik atau "paling waw". Dalam bahasa Indonesia Terjang adalah kegiatan menyerbu sesuatu. Di campaign kali ini TerJjang bermakna paling terbaik, jadi campaign TerJjang bisa menjadi kegiatan menyerbu cashback terbaik hingga 2 miliar."

7. JD.ID

7. JD.ID
jd.id

JD.ID adalah situs belanja online yang dimulai sejak 2015. Namanya semakin terdengar 2 tahun belakangan ini karena menjadi salah satu online shop terpercaya dengan tagline #DijaminOri.

Barang yang disediakan juga lengkap, mulai dari barang elektronik, produk kosmetik, produk ibu dan bayi, hingga peralatan rumah tangga.

Promonya juga nggak sedikit, saat ini sedang ada diskon 9.9 yang berlaku dari 9-11 september 2019.

8. Lazada

Lazada adalah situs belanja online yang hadir sejak tahun 2012. Lazada.co.id adalah salah satu toko online sebagai tempat berbelanja online yang menawarkan berbagai jenis produk. Seperti halnya pusat perbelanjaan lainnya.

Produk yang dijual di Lazada juga sangat lengkap. Mulai dari produk elektronik, buku, perlengkapan bayi, alat kesehatan, produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya.

Saat ini Lazada sudah ada di beberapa negara Asia teggara, seperti di Thailand, vietnam, Malaysia, Filipina, dan Indonesia.

9. Shopee

9. Shopee
shopee.com

Shopee adalah salah satu situs belanja online terpercaya di Indonesia yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group. Beberapa tahun belakangan Shopee sedang bertumbuh pesat. 

Menurut data awal tahun ini, Shopee telah melayani 900.000 order per hari di Indonesia. Ini adalah marketplace yang banyak dipakai pedagan online yang biasanya aktif menjual produknya di Instagram.

Promo gratis ongkir kalau beli melalui Shopee ternyata berhasil merebut banyak pelanggan. Mengubah gaya hidup banyak orang, dari yang semula transaksi melalui jalur pribadi chat via Line atau Whats App, sekarang jadi transaksi online melalui Shopee.

Apakah kamu salah satunya?

Flash sale Shopee juga berlaku sejak 9.9 dan ini sudah dilakukan beberapa tahun belakangan ini. Harga serba Rp 99 saja dan diadakan setiap jam 12.00, 15.00 dan 18.00 WIB.

Kamu ingin coba raih keberuntunganmu? 

10. Tokopedia

10. Tokopedia
tokopedia.com

Tokopedia adalah perusahaan teknologi Indonesia dengan misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital.

Hingga pertengahan tahun 2019 berikut ini adalah pencapaian dari Tokopedia:

  • Menjangkau 97% kecamatan di Indonesia
  • Memiliki 90.000.000 pengguna aktif
  • Terdaftar 6.200.000 penjual

Ada jutaan produk yang dijual di Tokopedia setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan. 

Setelah 10 tahun berdiri, Tokopedia berusaha terus berkembang untuk menjadi marketplace terdepan di Indonesia. 

Apakah kamu salah satu pengguna situs belanja online kelas unicorn yang satu ini?

11. Zalora

11. Zalora
zalora.com

Zalora adalah situs belanja online yang menyediakan produk fashion dan kecantikan dengan menawarkan koleksi pakaian, aksesoris, sepatu dan produk kecantikan untuk laki-laki dan perempuan. 

Baik produk fashion dan kecantian, semuanya lengkap dijual di toko online ini.

Berpusat di Singapura, Zalora juga terdapat di beberapa negara lain seperti Hong Kong, Singapura, Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Brunei.

Ingin cari fashion items, kamu bisa langsung sign up di situs belanja online ini.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;