hanco

Unik, Arti Nama 5 Anak Mendiang Djaduk Memadukan Jawa dan Sanksekerta

Di balik kabar duka dari Djaduk Ferianto, kita bisa mendapatkan inspirasi dari nama anak-anak beliau

13 November 2019

Unik, Arti Nama 5 Anak Mendiang Djaduk Memadukan Jawa Sanksekerta
Instagram.com/djaduk

Kabar duka mendalam bagi dunia seni tanah air kembali datang. Djaduk Ferianto, seniman asal Yogyakarta, telah meninggal dunia pada Rabu (13/11) pagi. Namanya sempat populer karena memerankan salah satu tokoh di film Petualangan Sherina. 

Djaduk meninggalkan seorang istri dan lima orang anak. Pada 26 Desember 1991, Djaduk Ferianto resmi mempersunting Petra menjadi pasangan abadinya. Hingga Desember tahun lalu, keluarga bahagia ini sempat merayakan ulang tahun pernikahan Djaduk dan Petra yang ke-27 tahun.

Kelimanya memiliki nama indah sarat makna, dari perpaduan bahasa Jawa dan Sansekerta. Mengutip dari laman IDN Times, berikut arti nama lima anak Djaduk Ferianto yang mungkin bisa jadi inspirasi untuk para calon mama dan papa.

1. Gusti Arirang

1. Gusti Arirang
Instagram.com/djaduk

Pernikahan Djaduk dengan sang istri yang bernama Petra telah dikarunia lima orang anak. 

Ada 4 perempuan dan 1 anak laki-laki. Anak sulungnya adalah anak perempuan yang diberikan nama Gusti Arirang.

Apakah arti nama anak Gusti Arirang?

“Gusti” dalam bahasa Jawa berarti anak bangsawan. Ditemukan juga dalam bahasa Jawa-Kawi dengan makna penguasa.

“Arirang” memiliki makna indah dan penuh kasih.

Jika diartikan secara lengkap, nama putri sulung Djaduk bermakna penguasa yang punya sifat pengasih.

Mengikuti jejak sang ayah, Gusti juga aktif sebagai musisi lho. Ia tergabung dalam grup band bernama Tashoora.

2. Karola Ratu Hening

2. Karola Ratu Hening
Instagram.com/djaduk

Anak kedua Djaduk juga berjenis kelamin perempuan dengan nama lengkap Karola Ratu Hening. Pada foto di atas, Ratu mengenakan gaun hitam dengan kombinasi brokat di bagian dada hingga lengan.

Nama “Karola” punya makna pekerja keras dalam bahasa Jerman. Kemungkinan nama ini juga terinspirasi dari sosok Santa Clara dalam ajaran Katolik.

“Ratu” bermakna pemimpin perempuan, sementara “Hening” berarti diam atau tenang.

Arti nama anak Kalora Ratu Hening secara keseluruhan adalah seorang perempuan yang bekerja keras dalam diam.

Wah indah banget makna namanya.
 

Editors' Picks

3. Gallus Presiden Dewagana

3. Gallus Presiden Dewagana
Instagram.com/djaduk

Gallus Presiden Dewagana menjadi satu-satunya anak lelaki Djaduk Ferianto. Nama depannya yaitu “Gallus” merupakan nama baptis yang terinspirasi dari sosok Santo Gallus, salah satu biarawan ternama di Irlandia yang lahir pada pertengahan abad ke-6.

Nama tengahnya unik, “Presiden” punya arti pemimpin negara atau pemimpin rakyat.

Nama akhirnya adalah “Dewagana” yang diambil dari bahasa Sansekerta, tersusun atas dua kata yaitu ‘dewa’ dan ‘gana’ yang berari pasukan para dewa.

Arti nama anak  Gallus Presiden Dewagana memiliki makna yang sangat gagah berani, yaitu memiliki arti lengkap pemimpin pasukan para dewa.

4. Kandida Rani Nyaribunyi

4. Kandida Rani Nyaribunyi
Instagram.com/djaduk

Sebagai seorang musisi, Djaduk memilihkan beberapa nama bernuansa musik untuk anak-anaknya. Salah satunya bisa dilihat pada nama anak keempatnya yaitu Kandida Rani Nyaribunyi.

“Kandida” merupakan nama baptis yang terinspirasi dari kisah hidup Santa Candida. Ia adalah seorang perempuan asal Naples (kini disebut Napoli, nama kota di Italia) yang menderita penyakit menahun. Ia sembuh seketika setelah diberkati oleh Santo Petrus (Rasul Petrus).

Nama “Rani” berasal dari bahasa Sansekerta yang bermakna ratu atau pemimpin wanita. Ditutup dengan “Nyaribunyi” yang berarti mencari bebunyian. Secara lengkap, makna namanya adalah seorang perempuan yang mencari bebunyian.
 

5. Eugenia Rajane Tetabuhan

5. Eugenia Rajane Tetabuhan
Instagram.com/djaduk

Bungsu Djaduk dan Petra berjenis kelamin perempuan. Ia memiliki nama lengkap Eugenia Rajane Tetabuhan.

“Eugenia” juga merupakan nama baptis, terinspirasi dari kisah seorang martir asal Aleksandria yang mempertahankan identitasnya sebagai seorang Kristen meski diancam akan dibunuh.

“Rajane” bisa diartikan sebagai rajanya, pemimpin, atau ahlinya. Sementara “Tetabuhan” adalah jenis bunyi-bunyian dari alat musik yang ditabuh. Diartikan secara lengkap, nama gadis yang akrab dipanggil Jane ini adalah ahli menabuh alat musik.

Itu dia arti nama lengkap lima anak Djaduk Ferianto yang unik dan indah. Mari kita doakan semoga kelimanya tabah melepas kepergian ayah tercinta. Selamat jalan Djaduk Ferianto.

Mama saat ini juga bisa mencari dengan mudah mengenai nama-nama bayi, semuanya lengkap di sini. Tools pada website Popmama.com memuat informasi nama bayi perempuan ataupun nama bayi laki-laki.

Dari seluruh nama di atas, mana nih nama favorit Mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!