ABHI, Komunitas Solidaritas Peduli Pendidikan Anak Indonesia

Komunitas ini memiliki misi agar anak-anak yang tinggal di pelosok bisa semangat belajar

9 Agustus 2020

ABHI, Komunitas Solidaritas Peduli Pendidikan Anak Indonesia
Instagram.com/aksi.bahagia.berbagi

Masih banyak sekali sekolah di Indonesia terutama yang berada di pelosok membutuhkan perhatian karena fasilitas yang kurang lengkap. Jadi, selain tugas dari pemerintah dalam memajukan pendidikan Indonesia, kita juga bisa berpartisipasi bergerak dalam membantu anak Indonesia agar bisa belajar di sekolah lebih semangat dengan memberikan perlengkapan yang mereka butuhkan. Salah satu caranya adalah memberikan bantuan kepada komunitas peduli pendidikan anak atau menjadi volunteer dalam kegiatan komunitas tersebut.

Satu lagi komunitas dengan aksi kepedulian yang sangat inspiratif. Komunitas ini bernama ABHI atau singkatan dari Aksi Bahagia Berbagi. 

Komunitas ini memiliki misi untuk membantu anak-anak pelosok daerah yang membutuhkan. 

Penasaran dengan komunitas yang sudah berdiri sejak 2018 ini? Tim Popmama.com telah mewawancarai salah satu volunteer dari komunitas ini. Simak yuk, Ma!

1. Mengenal komunitas ABHI

Aksi Bahagia Berbagi (ABHI) adalah Komunitas naungan dari Yayasan Indonesia Hijau. Salah satu kegiatan ABHI adalah gerakan penyaluran bantuan perlengkapan sekolah untuk anak-anak pelosok daerah yang membutuhkan. Bukan hanya itu, ABHI juga peduli dengan lansia dan masyarakat menengah ke bawah.

Editors' Picks

2. Awal mula tercetus ABHI

2. Awal mula tercetus ABHI
Instagram.com/aksi.bahagia.berbagi

Komunitas ini bergerak dibidang Sosial, Pendidikan, dan Kemanusiaan. Awalnya, pencetus hanya didirikan oleh 4 orang pemuda dengan relawannya kurang lebih 20 orang.  "Awalnya komunitas ini adalah kumpulan pembisnis kecil-kecilan yang mau memberikan sebagian penghasilannya untuk berbagi, jadi ABHI membentuk komunitas aksi bahagia berbagi, dengan terjun langsung untuk berbagi pada orang-orang yang membutuhkan," ungkap Putri Septiana salah satu volunteer dari komunitas ABHI.

Event pertama Aksi Bahagia Berbagi telah terlaksana di daerah lampung dengan memberikan 100 Perlengkapan sekolah berupa, tas, seragam, dan alat tulis yang disponsori oleh salah satu minimarket terkemuka di Indonesia.

Acara diselenggarakan pada tanggal 20 November 2017 yang bertepatan pada hari anak sedunia dan diadakan acara di Masjid Al-Hidayah, Lampung.

Respon dari Warga sekitar sangat antusias sekali, senang, dan bersyukur ada yang peduli dengan mereka.

3. Sudah menyalurkan banyak bantuan

3. Sudah menyalurkan banyak bantuan
Instagram.com/aksi.bahagia.berbagi

Gerakan ini telah dimulai sejak tahun 2017 dan telah menyalurkan bantuan perlengkapan sekolah ke beberapa daerah di Indonesia.

Menurut Putri, daerah-daerah yang sudah berhasil mendapatkan bantuan adalah Lampung, Palembang, Lombok, NTT, Pandegelang, Tasikmalaya, Wonosobo dan Karawang. 

Saat pandemi seperti ini, ABHI melakukan kegiatan untuk pengumpulan donasi untuk lansia yang terdampak oleh Covid-19, serta menyalurkan bantuan untuk korban-korban yang terkena musibah bencana alam. ABHI juga bergerak dalam menanggulangi Covid-19 dengan membuka donasi untuk penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi para petugas medis.

4. ABHI ingin terus memberikan bantuan lebih luas lagi

Dari bantuan yang disalurkan, ABHI berharap bisa memberikan bantuan perlengkapan sekolah ke pelosok dengan harapan para pelajar yang tidak mampu bisa semakin semangat belajar. 

Bukan hanya memberikan bantuan perlengkapan sekolah, ABHI juga telah melakukan penyembelihan hewan kurban di kantor Sekretariat Yayasan Indonesia Hijau (Depok). Sebanyak 750 kantung kurban (domba, kambing, sapi) sudah didistribusikan untuk masyarakat yang membutuhkan di area Jakarta, Depok, dan Bogor. 

Bagi kamu yang ingin bergabung dalam komunitas solidaritas kemanusiaan dan pendidikan ini, kamu bisa cek Instagram ABHI di @aksi.bahagia.berbagi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.